Mendapatkan Kartu Kredit Platinum CIMB Niaga

Kartu kredit memiliki dua buah sisi, baik gelap maupun terang. Jika tidak bijak dalam menggunakannya, kita bisa terjerumus dalam lembah nista hutang yang besar, seringnya karena iming-iming kemudahan bertransaksi.

kartu kredit

Berikut pengalaman penulis mendapatkan kartu kredit platinum dari CIMB Niaga.

Tentang Kartu Kredit Platinum CIMB Niaga

Pada umumnya pengguna kartu kredit CIMB Niaga akan mendapatkan fitur iuran tahunan gratis seumur hidup. Ini kalau kita memilih tipe kartu Mastercard sedari awal penggunaan. Jika memilih untuk menggunakan Visa, maka iuran tahunan gratis hanya berlaku selama 2 tahun pertama saja. Bank CIMB Niaga sendiri termasuk dalam jajaran bank terbesar (ke-5) jika ditinjau dari sisi aset, dan terbesar ke-2 (setelah bank BCA) jika hanya menilik bank swasta.

Khusus Kartu Kredit Platinum, sebetulnya masih masuk dalam grup kartu kredit Reguler, dengan syarat penghasilan minimal Rp 90 juta per tahun, dengan limit bervariasi mulai dari Rp 15 juta - Rp 74 juta. Sebelumnya penulis mendapatkan kartu kredit CIMB Niaga Gold, yang syarat dan ketentuannya lebih sederhana.

Baca juga : Mendapatkan Kartu Kredit CIMB Niaga

Mekanisme dan Keuntungan Upgrade Kartu Kredit Platinum CIMB Niaga

Awalnya penulis dikirimi email dengan subjek : "Pemberitahuan Perubahan Kartu Kredit menjadi Platinum Card Free For Life & Tanggal Cetak Tagihan menjadi Tanggal 22 per Januari 2018". Di dalamnya berisi beberapa keterangan seperti : 
  • Perubahan nomor kartu. Sehingga kartu kredit yang lama tidak akan aktif kembali.
  • Keharusan untuk menghubungi pihak terkait jika nasabah memiliki tagihan aktif atau pembayaran rutin bulanan. Mungkin seperti air, listrik, pulsa pasca bayar, dll.
  • Pemberitahuan bahwa tanggal cetak tagihan telah berubah. Ini membuat akan ada 2 kali tagihan dalam satu bulan. Hati-hati bahwa Anda dimungkinkan mengalami denda keterlambatan karena lupa bayar.
  • Tarif dan biaya serta benefit akan mengikuti kartu kredit jenis platinum.
Selanjutnya kita tinggal menunggu kartu baru diantar (ke kantor atau rumah), dan melakukan aktivasi serta mengubah PIN-nya. Satu hal lagi, menurut pengalaman penulis, limit kartu kredit yang baru tidak akan jauh berubah dari limit kartu kredit sebelumnya.

Hati-hati dan Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Mengupgrade dan menaikkan limit kartu kredit nasabah, sebetulnya adalah salah satu cara bank untuk tetap "menggaet" nasabah kartu kredit, minimal agar tetap terus menggunakan kartu kreditnya. Bank tentu berharap, ada 1-2 kali nasabah menggunakan kartu kredit untuk keperluan yang kurang perlu, yang nilai pembayarannya di luar jangkauan kemampuannya, sehingga masuk dalam fase pertama yaitu "pembayaran minimum" yang nilainya biasanya berkisar 10 persen dari pembayaran total.

Jika sudah begini, maka sebaiknya kita berhati-hati untuk tidak terus (dengan mudahnya) gesek kartu sana-sini. Ingat bahwa penggunaan kartu kita bulan ini, harus dipertanggung jawabkan di bulan berikutnya.

Demikian. Semoga bermanfaat.

My name is Prabowo Murti. I work as a web programmer. Drop an email to prabowo.murti gmail com, and I will reply soon.

4 comments

Pak prabwoo,, bapak naik nya jadi berapa yaa saya barusan naik tapi tidak signifikan jadi nya 11 juta dari 9 jta. Mungkin karena sering dipajai juga sih

Menjadi 24 juta, Bung. Awalnya hanya 7 juta, lalu 10 juta. Sempat lama di 15 juta.

Saya malah tak tutup kartu Platinumnya, hahaha.
Padahal ditawari free iuran di tahun ketiga ini.
Belum pernah sih naikin limit. Pengen juga... kira-kira ribet ga syaratnya ya?

Kalau saya free annual fee (lifetime) karena kemarin dapat promo, Bung. Kenapa tidak pilih yang Mastercard saja?

Untuk detail menaikkan limit kartu kredit, mungkin bisa dicoba cara berikut Pak : https://blog.muhajirin.net/2015/05/menaikkan-limit-kartu-kredit.html

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih