Tazkiyah, Aplikasi POS Berbasis Web Gratis dan Open Source

Aplikasi POS (Point of Sale) atau yang biasa disebut dengan aplikasi kasir adalah sistem atau program khusus yang ditujukan untuk mencatat penjualan retail. Aplikasi atau program POS banyak digunakan di cafe, minimarket, warung kelontong, dan usaha sejenisnya. Selain mempermudah pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya, aplikasi ini juga mempermudah pekerjaan kasir dalam penghitungan total pembayaran yang dilakukan oleh customer.

screenshot aplikasi pos berbasis web gratis dan open source


Memperhatikan kebutuhan aplikasi Point of Sale yang tinggi, kami mengembangkan sebuah aplikasi POS sederhana berbasis web, dengan memanfaatkan framework Yii 2. Aplikasi POS ini kami beri nama "Tazkiyah", yang secara bahasa berarti tumbuh dengan suci dan berkah. Saat ini aplikasi tersebut memang sedang dalam pengembangan dan belum selesai 100 persen. Kami menggratiskan kode sumbernya (dengan lisensi BSD 3), begitu pula versi Androidnya.

Beberapa fungsi dasar dari aplikasi ini antara lain :

Produk dengan Varian / Atribut

Produk dapat memiliki variasi atau atribut khusus, semisal bila Anda menjual nasi goreng, maka dapat dibedakan harga untuk nasi goreng biasa dengan nasi goreng seafood (misalnya). Atau bila menjual kentang goreng, maka dapat dibedakan harga untuk ukuran regular dan extra. Ini termasuk kombinasinya, misal roti maryam dapat dibedakan berdasarkan ukuran, maupun isinya (daging ayam, sapi, dll), sehingga nantinya akan ada roti maryam regular isi daging ayam, atau roti maryam ukuran jumbo isi sosis keju.

varian produk di tazkiyah pos

Seratus Persen Online

Anda dapat menyiapkan server tersendiri, dan memiliki sejumlah usaha di lokasi yang berbeda. Semuanya terhubung via internet. Kekurangannya tentu masalah koneksi internet akan menjadi pos pengeluaran tersendiri. Namun data Anda akan selalu tersimpan di sisi server, dan dapat diakses dari mana saja. Anda pun bisa mengetahui apakah usaha Anda di Makassar berjalan baik, saat ini juga.

Basis Data Pelanggan

Catat loyalitas setiap pelanggan dengan mendaftarkan nomor telepon seluler mereka. Kini Anda dapat mengetahui ada seseorang yang setiap Sabtu malam datang ke cafe Anda, memesan menu yang selalu sama.

Login Pegawai / Kasir

Masing -masing pegawai dapat memiliki akses yang berbeda. Ini berguna untuk melakukan verifikasi isi uang kas saat shift kerja berakhir.

Diskon dan Pajak, dari Persentase dan Nilai

Penerapan diskon dapat dihitung dari masing-masing item, maupun dari subtotal, baik dari nilai langsung (misal Rp 10,000) atau dari persentase (misal 9%).

Catatan Tambahan per Produk

Masing-masing pesanan dapat ditambahkan catatan opsional, misal untuk produk jus buah dapat diselipkan catatan dapur "tidak pakai susu", dan sebagainya.

Fitur lainnya yang masih akan dikembangkan antara lain : sinkronisasi apabila putus koneksi, cetak struk ke berbagai tipe printer, termasuk penggunaan kartu kredit dan debit. Untuk melihat apa yang telah kami kerjakan sejauh ini, Anda bisa melihat link menuju kode sumber aplikasi POS ini di https://github.com/prabowomurti/tazkiyah, dan link menuju kode sumber aplikasi POS client di Android di https://github.com/prabowomurti/tazkiyah-pos-android.

Demo

Untuk demo menuju page operator, Anda bisa masuk ke http://tazkiyah.muhajirin.net/operator dengan menggunakan username demo.operator@muhajirin.net dan kata kunci : demo.operator. Silakan berkontribusi di halaman Github untuk membuat issue seputar bug, atau usulan saran fitur selanjutnya. Silakan tinggalkan komentar jika ada yang ingin Anda tanyakan.

Demikian, semoga bermanfaat.






My name is Prabowo Murti. I work as a web programmer. Drop an email to prabowo.murti gmail com, and I will reply soon.

8 comments

Sepertinya program nya belum selesai ya??

Benar Bung. Banyak bagian yang masih harus dibenahi.

Bagus , jangan berhenti berkreasi

Terima kasih Bung, salam kenal dan semoga sukses selalu.

kalau boleh, tolong dikabarin di halaman blog ini pak kalau aplikasinya sudah selesai, supaya saya posting juga di halaman blog saya :
http://helloyud.blogspot.co.id/2018/04/aplikasi-pertokoan-gratis-indonesia.html

kalau saya mengamati user interface aplikasinya sangat mudah. Btw, saya juga mengembangkan sebuah aplikasi pertokoan pak, namanya "MiniMart" (gratis sepenuhnya) tapi berbasis desktop dan dikembangkan dgn bahasa Java. Kalau bapak berminat, boleh coba simak aplikasinya di halaman blog saya :
http://helloyud.blogspot.co.id/2016/12/aplikasi-pertokoan-minimart.html

siapa tahu boleh menjadi masukan yang berharga bagi bapak dalam mengembangkan aplikasi Tazkiyah. Saya juga senang sekali kalau semakin banyak developer yang mengembangkan software pertokoan gratis supaya masyarakat punya banyak pilihan dalam memilih software toko untuk kebutuhan tokonya.

Ayo semangat pak untuk selesaikan aplikasi Tazkiyah-nya, nanti saya akan pantau progres-nya secara berkala supaya kalau sudah selesai, akan saya posting langsung sebagai referensi software pertokoan di halaman blog saya.

Salam saya, Yudhi Pratama Karsa.

Halo pak, saya Yudhi Pratama Karsa.

kalau boleh kasih saran, sebaiknya pengembangan aplikasinya fokus ke ranah yang lebih kecil saja, yaitu :

1. dikembangkan hanya berbasis website saja, kalau android itu menurut saya tidak perlu dikembangkan sampai ke sana karena nantinya bapak akan kerepotan untuk me-manage / mengelola 2 ranah platform aplikasi, yaitu platform website dan platform android. menurut hemat saya, jauh lebih baik bapak fokus untuk kembangkan hanya di platform website saja karena platform website kan sudah bisa masuk ke semua device, baik device pc desktop maupun ponsel.

2. rancangan fitur-fitur dalam aplikasinya juga tidak perlu terlalu dibuat terlalu komplit, cukup yang sederhana saja. Karena yang menggunakan kan nantinya para pelaku usaha menengah ke bawah yang struktur usahanya tidak terlalu besar. Fiturnya cukup bisa mendata :

- barang,
- suplier,
- pelanggan,
- pegawai,
- kas,

- transaksi pembelian, di mana semua jenis transaksi pembelian dianggap sebagai transaksi pembelian dgn pelunasan secara kredit saja (kalau transaksi pembelian tunai boleh dianggap sebagai transaksi pembelian kredit yang pelunasannya dilakukan di saat itu juga).
- transaksi penjualan (trik kerjanya juga sama dengan transaksi pembelian, di mana semua jenis transaksi penjualan dianggap sebagai transaksi penjualan dgn pelunasan secara kredit, kalau utk transaksi penjualan tunai boleh dianggap sebagai transaksi penjualan kredit yang pelunasannya dilakukan di saat itu juga).
- transaksi retur barang keluar ke suplier (trik kerjanya sama dgn transaksi penjualan),
- transaksi retur barang masuk dari pelanggan (trik kerjanya sama dgn transaksi pembelian),

- transaksi pembayaran gaji pegawai,
- transaksi kasbon pegawai,

- transaksi perpindahan antar kas.
- transaksi pengeluaran kas utk belanja harian,

- transaksi pribadi pemasukan barang,
- transaksi pribadi pengeluaran barang,
- transaksi pribadi pemasukan kas,
- transaksi pribadi pengeluaran kas,

ok itu saja pak, kalau bapak mau, boleh coba simak aplikasi toko yg saya telah buat, siapa tahu boleh menjadi masukan bagi bapak dalam menyempurnakan aplikasi bapak, boleh coba simak di halaman blog saya :
http://helloyud.blogspot.co.id/2016/12/aplikasi-pertokoan-minimart.html

sekian dulu dan sebelumnya, terima kasih banyak atas perhatiannya....

Oh ya, aplikasi pertokoan yg saya buat (aplikasi "MiniMart") juga sangat sederhana pak, karena kalau mau dibuat dgn fitur yg sangat komplit pasti akan sangat banyak yang harus dikerjakan. Jadi saya hanya buat aplikasinya dgn fitur yang seadanya saja (hanya terbatas pada masalah inventori stok barang), karena kalau untuk kebutuhan toko saya yang berskala kecil, utk bisa mudah pantau persediaan stok barang yang menipis saja sudah sangat membantu saya sebagai pemilik toko sehingga gampang order barang.

Halo Bung Yudhi, salam kenal kembali.

Dari yang saya lihat, baik dari segi kelengkapan maupun fitur, aplikasi Bung jauh lebih baik. Sekilas tentang Tazkiyah ini, saya buat di waktu belum memiliki pekerjaan tetap tahun lalu. Aplikasi ini rencananya mau saya jual sebagai paid service (monthly / annually), namun tidak jadi karena beberapa hal.

Sayang sekali saya belum bisa mencoba langsung aplikasi Bung, hanya sekadar melihat postingan dan screenshot. JRE saya suka bermasalah kalau running aplikasi Java (dan saya tidak bisa baca code Java).

Untuk aplikasi versi Androidnya, memang bukan saya yang membuat tetapi ada Android programmer yang lain. Secara kebetulan, program yang Bung buat mirip dengan yang programmer Android kami buat (di solusiprogram.com).

Terima kasih dan sukses selalu.

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih