Skip to main content

Pengalaman Membuat Kartu Kredit

Kalau ada pertanyaan, apa sih yang membuat aplikasi kartu kredit kita diterima atau ditolak oleh bank? Jawaban sebenarnya adalah, tidak ada yang tahu pasti. Katanya harus bekerja minimal setahun, katanya lagi minimal penghasilan harus sekian juta sebulan, katanya lagi mesti ada saldo terendap sekian rupiah di tabungan. Semua serba katanya dan katanya. Bahkan pegawai bank sendiri tidak bisa memberi Anda alasan bila aplikasi kartu kredit Anda ternyata REJECTED.

Kartu Kredit
Namun yang saya tahu, memang ada beberapa hal yang "memperkuat" kemungkinan aplikasi Anda diterima oleh Bank. Beberapa alasan tersebut adalah

Bukan tipikal nasabah yang bermasalah

Tahukah Anda bahwa sebetulnya data kita di Bank Indonesia memiliki rapor tersendiri. Katakan kita sudah terlanjur mencicil apartemen, dan tercatat beberapa kali menunggak atau telat bayar. Di mata Bank Indonesia, nilai kita sudah minus. Rapor tersebut dikenal dengan sebutan BI Checking, dan laporan ini bisa diakses oleh semua bank dan lembaga keuangan non-bank yang bisa masuk dalam SID atau Sistem Informasi Debitur. Kecuali kita mau kredit panci di abang-abang tukang kredit, jelas dia tak tahu kalau kita punya tunggakan kartu kredit 200 juta.

Identitas yang Jelas

Identitas yang jelas meliputi KTP, alamat jelas (rumah menetap), bekerja di mana (nama perusahaan, kontak atasan, posisi/jabatan, dll), termasuk keluarga yang tidak tinggal serumah. Jika rumah masih berstatus kontrak, usahakan ada nomer telepon fixed line yang sewaktu-waktu bisa dihubungi (akan penulis bahas kemudian). Ini adalah bagian dari guideline Bank Indonesia tentang "Know Your Customer" dan "Anti Money Laundering". Bukan apa-apa, banyak juga orang kaya hasil dari rejeki haram yang "mencuci" uangnya dengan cara-cara yang tidak benar, misalnya membeli emas, kredit rumah menggunakan nama pembantunya, dll (dibahas pada kesempatan lain).

Kelengkapan Dokumen

Selain KTP, dokumen yang biasanya diminta oleh sales kartu kredit adalah surat keterangan penghasilan atau slip gaji. Di dalam formulir pengajuan kepemilikan kartu kredit, terdapat pula informasi yang kita harus isi dengan lengkap seperti NPWP, nomer telepon rumah/kantor/keluarga tak serumah, alamat rumah dan kantor lengkap (harus sesuai dengan KTP), nomer rekening bank (bila mendaftar di bank tempat menabung), dan informasi kartu kredit yang sudah kita miliki (bila sudah punya). Jangan pernah memberikan informasi fiktif, karena orang bank pintar-pintar. :D

Lebih lengkapnya, saya ceritakan saja pengalaman membuat kartu kredit dari beberapa bank yang saya coba sejak tahun lalu.

Pengalaman membuat kartu kredit BCA

Pertama kali saya membuat kartu kredit BCA, saya tak punya rekening di BCA. Karena saya tak punya KTP Jakarta, akhirnya saya pun tidak berhasil membuat rekening di BCA. Jadi kesulitannya ganda. Saat saya tanya mengapa proses membuat rekening sedemikian sulit. "Soalnya jaman sekarang banyak penipu, Pak!" jawab teller bank BCA, tepat di depan muka saya. :D Namun dengan sedikit trik, akhirnya saya berhasil juga membuat rekening, dan langsung apply CC BCA sekalian. Dua hari kemudian, SMS dari BCA datang. "Terima kasih bla bla bla.. Namun mohon maaf, bla bla bla.. REJECTED". :-P

Pengalaman membuat kartu kredit BNI (1st attempt)

Saya langsung datang ke salah satu kantor cabang BNI. Dengan berstatus nasabah Taplus BISNIS yang saldo rata-rata di atas 10 juta perak, saya cukup pede aplikasi saya bakal di-approve. Nyatanya, melihat dandanan saya yang nyaris seperti gembel, Ibu kepala cabang memandang saya dengan tatapan hina, dan mengusir saya dengan "halus". Pekerjaan saya saat itu memang tidak sementereng karyawan swasta yang punya "ID Card" dan bekerja di "kantoran" (walau gaji sebenarnya tak seberapa). Ya sudah, saya anggap saya gagal bahkan sebelum mengisi formulir aplikasi kartu kredit. :D

Pengalaman membuat kartu kredit Mandiri

Kalau kata teman saya si Novan, "Elu apply CC kudunya jangan ngarep2 banget Bo. Makin ngarep, makin nggak dapet!" Waktu itu Bank Mandiri sedang ada promo free annual fee seumur hidup karena lagi ulang taon. Saya apply tanpa mengharap apa-apa, bersiap dengan kemungkinan direject lagi. Formulir dan dokumen saya isi seperti biasa. Selang 3 minggu kemudian, tiba-tiba tuh kartu kredit udah jadi aja. :D

Pengalaman membuat kartu kredit BNI (2nd attempt)

Ketika itu saya sedang mau ambil uang tunai di BNI Epicentrum Walk. Salah seorang sales CC menawari saya. Namanya Mas Rahmat. "Ogah, paling entar direject lagi Mas," saya jual mahal. "Wah, jangan gitu Pak. Hehe, Bapak kan pakai gold (maksudnya taplus bisnis --pen), pasti di-approve." Ah, ini dia! Akhirnya dia yang isikan formulir, fotokopi KTP, dan saya janji bakal kirim slip gaji via email keesokan harinya. Done. Tak sampai 2 minggu kemudian, saya ditelpon orang BNI kalau kartu saya sudah jadi. "Semudah itu, Mbak?" tanya saya nggak percaya. Bener apa kata si Novan. Hehe.

Kalau berpatokan pada "katanya" orang-orang, ini beberapa tips apply credit card.
  • Informasi yang jelas (KTP, alamat lengkap kantor, rumah, dll).
  • Jangan sampai tak ada yang mengangkat telpon saat pihak bank memverifikasi nomer fixed line Anda!
  • Sesuaikan penghasilan Anda dengan tipe kartu kredit. Kalau gaji pas-pasan sebaiknya apply silver (limit atau pagunya rendah) saja.
  • Salary ditransfer via transfer bank, jadi Anda tak perlu melakukan mark up pada surat penghasilan atau slip gaji.
  • Lama bekerja di tempat yang sekarang sebaiknya lebih dari setahun.
  • Jika Anda frustrasi dan tak kunjung di-approve, cobalah cara beberapa orang (termasuk freelancer yang tak berstatus karyawan, atau penghasilan tak tetap) yang membuat kartu kredit dengan jaminan. Dengan jaminan maksudnya, Anda diwajibkan mengendapkan dana yang sesuai dengan limit kartu kredit, katakan Rp 4 juta. Maka dana tersebut tak boleh diambil selama kartu kredit Anda aktif (namanya juga jaminan). Cara ini dulu bisa digunakan di BCA, tapi sekarang di Mandiri sepertinya juga bisa.
Selamat membuat kartu kredit, semoga berhasil. Jangan lupa, kalau sudah jadi, jangan maen asal gesek aja!!

Comments

hafif rahman said…
wah, asik ni artikel nya
thanks bgt gan
Prabowo Murti said…
Hi Hafif, thanks juga sudah berkunjung :D
Bagus Fikri said…
haha makasih om share nya, ane freelance nih bingung buat CC :)
ari prasetyo said…
Berarti yang mudah BNI ya pak? di BNI harus ada saldo mengendap gak?
Prabowo Murti said…
Istilah "saldo mengendap" sebenarnya tidak ada secara tertulis, namun itu jadi salah satu parameter bank dalam menentukan apakah aplikasi kita diterima atau ditolak. Sederhananya, semakin banyak saldonya berarti semakin kecil kemungkinan nggak bisa bayar tagihan CC.

Menurut saya agak susah nentuin bank mana yg paling mudah ditembus buat bikin kartu kredit, tapi coba saja dulu di bank tempat Mas menabung atau terima salary. Semoga berhasil!
naya said…

Nyatanya, melihat dandanan saya yang nyaris seperti gembel, Ibu kepala cabang memandang saya dengan tatapan hina, dan mengusir saya dengan “halus”.

Ah, mungkin si ibu juga sekaligus ingin menyeleksi calon mantu, Mas? Makanya jangan nggembel, kali aja anaknya cantik, trus situ nyesel..
Prabowo Murti said…
Hahahaha, masak iya aku mau punya mertua yang cuma lihat penampilan? :D
Wynarni said…
Mksih bnyk, bngt info y maz
tpi CC yg terkenal khan cma BCA, ap bank swasta yg laen bisa digunakan di smwa tempat pembelian dngan CC juga?
Prabowo Murti said…
Iya, bisa. Selama online shop atau toko punya mesin edc sesuai perusahaan yg ngeluarin kartu (visa, mastercard, amex, dll). Saran saya, karena memang BCA agak susah ditembus (peluang aplikasi diterima lebih kecil), buat saja kartu kredit sembarang bank, nanti kalau sudah pakai kartu agak lama, biasanya kartu lain akan lebih gampang dibikin.

Terima kasih juga sudah berkunjung.
dwi said…
Masukan yg sngat bgus buat saya freelance
cc bni..bukopin..niaga
Haris said…
Bener tuh Pak jgn berharap kalo Apply cc..pengalaman saya Apply cc BCA cuma modal KTP sm slip gaji,saya tak punya rek BCA ..(belakangan sy buat terpaksa untuk pembayaran cc BCA tsb)..3 bulan baru ada telp kalo approved..hehehe..luamaaaaa padahal kalo reject pun gpp..
Prabowo Murti said…
Lama juga ya Pak? Saya baru berapa hari langsung dikirimin SMS "kita temenan aja" dari BCA. Hehehehe...

Terima kasih sudah berkunjung Pak Haris.
satria said…
Nah klo saya penghasilan sih cukup, karyawan swasta, rumah punya sendiri, rekening ada. Mau apply CC cmn ragu karena tak ada telepon rumah. Soalnya pengalaman temen2, aplikasinya ditolak gara2 tak ada telepon rmh. Itu bagaimana mas?
Prabowo Murti said…
Kalau tidak ada fixed line, sebetulnya bisa pakai fixed line nomer keluarga asalkan masih satu wilayah. Nanti begitu ditelpon yg jawab harus bilang kalau Mas Satria tinggal di situ. Saya sendiri pakai nomer kos2an, alhamdulillah approved. Semoga berhasil ya Mas..
Pusat grosir dan ecer tas Murah said…
sebenernya saya juga lagi butuh aplikasi kartu kredit untuk menunjang usaha saya..
Prabowo Murti said…
Ya monggo saja Mas, dicoba. Mudah2an berhasil.
yenny said…
saya udah dapat CC dr standar chartered cuma begitu sampai blm saya aktifkan karena blm perlu,. saya aktifkan 1 bln sesudah di terima begitu mau digunakan utk belanja di tolak saya komplain ke call centre berapa x ada yg bilang udah oke, ada yg bilang di tahan sampai ada telp dr pihak standar yg menanyakan bahwa sy udah pindah rumah. saya komplain krn emang g pindah cuman krn telp rumah saya esia dan kebetulan kartunya rusak jd lengkap deh di tutup oleh bank. knp ya bs begitu padahal sy g telp utk pindah alamt. thx
Prabowo Murti said…
Mungkin pihak bank menilai bahwa ada ketidaksesuaian antara data yang Mbak Yenny isi dengan keadaan sebenarnya, dalam hal ini alamat dan nomer telepon. Bank bisa tahu kalau telepon yang dipasang bukan fixed line. Tapi itu hanya perkiraan saya saja..
wille said…
mas saya kan mau buat rekening BCA , terus dimintain ktp , kk sama nomor rumah..sementara saya tidak pnya nmr rumah..jd saya gk bsa buat rekening bca !!
terus saya disuruh pake surat keterangan kerja , nah dibuatnya dikntor bca terdekat yg lokasinya masih satu wilayah sama tempat kerja !!

sebenarnya kalau kita mau pake nomor esia bsa g ya ? itu jg kan persis kayak nmr rumah , bisa gk mas ?
terus kaalau buat atm itu setelah kartunya jadi kita bisa langsung ambil duitnya gk ?
kan duit buat daftarnya 500rb untuk bca, nah itu bisa langsung di ambil gk setelah rekening jadi thx !!
tolong dibales via sms ya mas di 08965488xxxx

makasih atas waktunya sukses selalu !!

EDITED : nomer handphone diedit untuk alasan keamanan. Terima kasih (admin)
Prabowo Murti said…
Balesnya lewat sini saja ya biar yang laen bisa baca juga..

Tidak bisa pakai nomer Esia karena orang BCA bisa paham bahwa itu bukan fixed line. Untuk alamat pun harus sama persis dengan yang tertera di kartu identitas.

Deposit 500 ribu rupiah bisa diambil setelah rekening jadi dan kartu ATM nya diaktifkan (biasanya ada selang waktu 4 hari kerja setelah rekening jadi).
anggi said…
Saya bikin cc udh 1 bln,kok blom ada jwbn dr pihak bank yaa...ga tau de kejelasannya..
Prabowo Murti said…
Hi Anggi,

Anggep aja di-reject, Mbak. Hehehehe.. Langsung beralih ke bank lain saja, masih banyak yang mau terima :D
dery said…
Pakai kartu kredit. ` enak di awal. Riweh dibelakang. Hihihih. Kartu kredit BNI sdh saya tutup. ` mendingan lakukan pembayaran cas.
Prabowo Murti said…
Iya, tapi kalau nggak punya CC nanti nggak verified PayPalnya. Kalo nggak verified nggak bisa bisnis Gan.. :D
tian said…
wah seru nih ngebaca pengalaman nya,gak ngebosenin informasinya juga dapet.
Prabowo Murti said…
Terima kasih sudah berkunjung Mas.. :)
tio said…
mas Murti, setiap pembuatan cc baru apakah harus selalu dapat 2 kartu (cc Mandiri), utama dan tambahan?
bisa ga sih kalu cuma ambil satu kartu aja?
Prabowo Murti said…
Hi Mas Tio,

Setahu saya nggak Pak. Kartu tambahan sifatnya opsional, ketika Pak Tio apply di dalam formnya memang ada isiannya, tapi boleh diisi boleh tidak. Kartu tambahan buat anak kah, Pak?
Kosha said…
Kalo gitu ayo kita makanmakan wo, tapi bayarnya pake kartu kredit punyamu yah?

*hihihi
Prabowo Murti said…
Ane punya kartu kredit cuman buat bisnis aja Gan, si Enggar tuh yg pake gold limit bisa buat bayar rumah, hahahahaha...
enggar said…
Sekalinya mau saiah traktir eh malah ada yg batal janji...siapa yah...dudududu
Prabowo Murti said…
Ya maaf, Nggar.. Ogut disuruh jaga warung sama Enyak. Ntar traktirannya konversi ke transferan aja Nggar, hahahaha
Kosha said…
otidakbisaa, kalo transfer berarti saya ga kebagian... :P
enggar said…
*atm offline*
aldrin said…
klo usaha wiraswasta kan ga ada slip gaji om? gmn ya caranya biar bsa d approve bikin cc ...??
Prabowo Murti said…
Hi Aldrin,

Untuk wiraswasta, tidak memiliki surat keterangan penghasilan / slip gaji, setahu saya bisa pakai Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), atau biar lebih meyakinkan biasanya pakai detail kartu kredit yang sudah dimiliki sebelumnya.
ipeyrafel said…
kalo buat yang usahanya online gimana tuh kan ga ada slip gaji,apa lagi siup.apa bisa ya.
Prabowo Murti said…
Hi Ipeyrafel,

Setahu saya banyak juga freelancer yang bisa punya kartu kredit. Kepada orang bank bisa dijelaskan saja kalau penghasilan tidak tetap, dan tunjukkan bukti pembayaran penghasilan dari usaha kita. Dicoba saja dulu, kalau direject jangan khawatir, orang marketing kartu kredit yang lain masih banyak yang mau membantu kita :)
Ria said…
Asslm mas prabowo, kebetulan bgt pas lg browsing soal cc nemu blognya mas, soalnya saya baru ngalamin kejadian yg bikin males sama BNI. Awalnya klo ga salah inget taun 2012 kmaren ad pihak yg ngakunya dari BNI pusat nelpon ke hp saya yg ujung2nya nawarin kartu kredit karena lagi ada promo, waktu itu suara mas dari BNI nya ga jelas jadi ga nyimak promo apa yg dimaksud, yg pasti saya tidak menyatakan saya ingin membuat kartu kredit. Walaupun sdh jelas2 saya bilang tidak berminat, dy ttp nanya2 data2 diri saya, spt: alamat, nama ibu kandung, tempat bekerja, gaji per bulan, no telp lain yg bisa dihubungi (kk/adek/ortu). Karena kebanyakan nanya ya saya jawab ke mas nya, kenapa ditanya lagi, kan data saya sdh ada di BNI (kebetulan saya ada punya rekening di BNI). Trus dy bilang, untuk mengkonfirmasi data yang ada. Jadi ya saya jawab seadanya.
Tidak beberapa lama Ibu saya ada cerita kalo ad pihak dari BNI nelpon ke telpon rumah, trus adek saya juga ad ditelpon entah dari org yg sama waktu nelpon saya ato ga. Yang pasti sejak ditelpon org yg nawarin cc tersebut, setiap ada telpon masuk ke hp saya dengan nomor ga dikenal dan kode wilayahnya 021- pasti ga saya angkat lagi, karena pikir saya pasti org mau nawarin macem2 lagi.
Tiba-tiba bbrp bulan berikutnya, saya menerima kartu kredit yang uda jadi yang dikirim ke alamat kantor. Otomatis saya bingung, kan saya tidak mengajukan aplikasi buat kartu kredit ini. Tapi kalo kartu nya dibalikin lagi lewat si om kurir, saya takut nanti kartu nya jatuh ke tangan org yang tidak bertanggung jawab, alih2 kembali ke BNI tp malah diaktifin sama org tsb.
Dan ga bbrp lama dikirim lagi PIN nya ke alamat rumah.
Waktu itu saya kira ada kesalahan sama si mas yg nawarin saya dulu, krn ini sdh terlanjur dikirim jadi ya ga saya aktifin dan saya biarkan saja.
Akhirnya klimaksnya terjadi kemaren, tiba2 di depan rumah ad tergeletak surat yg isinya ternyata tagihan kartu kredit, dan di dalamnya tercantum bill yang harus saya bayar. Karena tidak pernah ada pembelian, maka yang ditagihkan adalah annual fee nya. Lah, bingung satu rumah jadinya.
Lalu saya tanya temen saya, apa tidak perlu dibayar kah karena saya tidak pernah mengajukan aplikasi. Dan dia bilang untuk seterusnya akan terus menunggak, dan nama saya bakalan jelek recordnya di BI.
Jadi menurut mas Bowo, apa yang mesti saya lakukan? Apa bisa minta nonaktifkan cc-nya tanpa harus bayar, karena ini kan seperti pemaksaan, pemerasan, bahkan penjebakan mas.
Mohon pencerahan atas kasus saya ya mas, soalnya saya ga begitu ngerti soal perbank-an gini.. Trims sebelumnya (maaf kalo panjang banget nih). ^_^
Wassalam...
Prabowo Murti said…
Wa'alaikumsalaam Mbak Ria,

Mohon maaf kalau saya tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan, karena saya belum pernah tahu kasus seperti Mbak Ria. Tapi logikanya memang kalau kartu tidak pernah diaktifkan, memang tidak akan ada transaksi. Menurut saya untuk amannya bayar saja annual feenya, lalu minta agar kartu langsung ditutup.

Mungkin ada pembaca lain yang memiliki pengalaman serupa? Karena untuk pemotongan pulsa pun (misalnya paket data internet), rekaman percakapan telepon adalah bukti valid bahwa ada "persetujuan" dari nasabah/customer/pelanggan, walaupun kita tidak pernah tanda tangan di atas materai. Kalau saya salah mohon koreksinya.
putri said…
Hai mas.....kl aku mau bkin cc d bca tp gajiku msk d mandori bs ga yah mas......
Ndahpwningsih said…
Langsung ke bank yang bersangkutan mba, dilunasi dlu, dan hati hati juga. Kadang suka di markup saldonya.
Ketika minta ditutup jangan lupa yang terpenting minta bukti lunas dari bank tersebut. Buat bukti kita kedepannya mba.

Soalnya banyak nasabah saya yang ingin mengambil KPR atau pinjaman modal kerja terhambat karna di BI chekcing teridentifikasi cal 5.

Intinya harus minta surat keterangan lunas nya ya... Itu seh yang saya tau.
Ndahpwningsih said…
Oh ya pak prabowo,

Saya mau tanya, memang selama ini saya belum pernah punya cc.

Kalo melihat dr bpk, bunga cc bni dan mandiri besaran mana? Dan gimana solusinya biar bunga nya melambung tinggi.

Terimakasih
Prabowo Murti said…
Hi Mbak Putri,

Bisa-bisa saja Mbak. Upah memburuh saya dari pabrik dikirim via BCA tapi CC saya Mandiri dan BNI. Coba saja Mbak...
Prabowo Murti said…
Halo Mbak Ndah,

Pertanyaan awalnya harusnya menurut saya : mengapa harus sampai ada bunga? Kalau kita bayar full setiap bulan, dan nggak pernah pake tarik tunai, nggak bakal kena bunga. Hati2 Mbak, hehehehe...

Tapi kalau untuk hunga gesek tunai sih kisarannya 3-4%, persisnya saya kurang tahu. Bunga keterlambatan buat tiap bank rasa2nya nggak terlalu jauh beda.
Prabowo Murti said…
Terima kasih Mbak buat komentarnya, semoga terjawab ya...
kurosaki said…
loh saya malah baru tau kalo punya akun bank A.bisa punya cc di bank laen mas :0 ,btw buat frelance kayanya jalan satu2nya make cara saldo mengendap ya mas....kira 2 itu sudah pasti berhasil gak ya?seandainya di bank A,B,C,D di reject semua gimana tuh mas? gak ada harapan ya?

rencana mau buat cc nih :P
Prabowo Murti said…
Hi Kurosaki, (ini Ichigo Kurosaki di Bleach atau Kurosaki di Black Swindler ya? :D )

Bisa Mas, saya punya rekening di BCA dan BNI tapi punya CC Mandiri. Kalau status karyawan nanti menyertakan surat keterangan penghasilan, dan mereka sepertinya bisa cek harta kita di mana aja.

Ada juga kok freelancer yang bisa bikin CC tanpa harus kasih jaminan. Dicoba saja Mas, jangan menyerah, CC issuer jumlahnya banyak. Semoga berhasil :)
rini said…
Sore mas. Saya karyawan swasta penghasilan 3jtan aja,kira2 bs apply CC bca ga yah? Sya punya rekening di bca tp saldo miris karna dipake u/ usaha sampingan, jdi kadang kosong. Bisa jdi salah satu faktor pengajuan apply CC bca nya kandas ga yah mas? makasih infonya.
Prabowo Murti said…
Insya Allah bisa Mas. Coba aja di BCA dulu, nanti sekalian apply di bank lain. Kalau direject, bisa dicoba lagi dengan rentang waktu 3 bulan. Jangan menyerah Mas.. Santai saja :D
Christine K said…
oh, ada satu lg yg saya lupa tambahkan,
CC Mandiri pasti approve dengan lock deposit 10 juta rupiah, SELAMA MASA PEMAKAIAN.
fiuh, untuk saya cukup berat juga jika dana d bekukan begitu saja padahal bisa untuk banyak kepentingan. jadi saya sabar dulu saja dan nerimo, peace
^_^
Prabowo Murti said…
Terima kasih Mbak Christine atas komentarnya yang aduhai lengkapnya. :D

Memang benar apa kata Mbak, nggak ada alasan yang benar-benar baku mengapa aplikasi CC kita direject, atau diterima. Mungkin karena nasib, peruntungan, atau arah angin kala itu. Untuk BCA saya belum coba lagi, sudah punya dua CC kayaknya lebih dari cukup. Buat pembaca yang lain semoga tercerahkan. Intinya kalau mau punya CC jangan menyerah, kalau direject, apply lagi :D
moddy marta said…
mks mas utk pencrahannya... kebetulan saya lagi nggu brita baik moga2 permohn CC saya dibnk mandiri di aprv........
Prabowo Murti said…
Hi Moddy,

Terima kasih kembali Mas. Yang paling penting saat CC sudah jadi jangan kalap Mas :)
ovina wulandari said…
kalo mahasiswa bisa ga bikin kartu kredit ya?
kalo bisa bank mana yang menawarkan?
tks
Prabowo Murti said…
Hi Ovina

Kalau bisa atau nggak, jawabannya bisa. Mending orang tua yang bikin terus bikin kartu kredit tambahan dengan limit mengikuti kartu kredit utama. Pertanyaannya : perlukah kamu memiliki kartu kredit? http://muhajirin.net/islam/perlukah-memiliki-kartu-kredit/
rawins said…
Aku malah lagi empet sama kartu kredit
Minggu kemarin ada kiriman cc ke rumah tanpa ada yang mengajukan. Dan itu yang keempat kalinya dari bank yang berbeda-beda.

Awalnya aku ga begitu minat dengan cc. Kerja di pedalaman hutan, mau digesekin ke pohon..?

Beberapa tahun lalu aku ambil mobil buat istri secara kredit di cimb niaga finance. Satu atau dua bulan berikutnya, tahu tahu cimb niaga kirim cc tanpa aku apply. Aku simpan tanpa komplen dan masih aktif sampai sekarang, karena istri rajin pake :(

Empetnya...
Setelah itu ada saja yang kirim cc tanpa pengajuan. Di tambah hapeku sering kebanjiran telpon nawarin kta, asuransi, investasi, dll dll dan itu bukan pake cara acak nomor karena mereka tahu nama, email, no telpon sampe bank mana yang aku jadi nasabahnya.

Beberapa kali penelponnya aku tanya dapat data darimana, jawabnya selalu database kantor..

Memang belum ada kasus merugikan. Tapi aku jadi berburuk sangka kalo data pribadiku diperjualbelikan.

Kalo sudah begini, gimana dong..?
Prabowo Murti said…
Kalau soal jual beli identitas, itu sudah biasa di dunia perbankan dan lembaga keuangan lain Mas. Solusinya memang ganti nomer, atau kalau isi profil di bank nggak usah pake yang asli.

Mungkin pembaca lain ada solusi yg lebih bonafid?
Andre said…
Selamat malam pak Prabowo,

seandainya pihak bank telpon ke rumah saudara, biasanya pertanyaan apa yang biasa di diajukan? masalahnya saudara saya (kakak kandung) jarang ada dirumah, biasanya pembantu yang angkat telpon, jadi pembantu saya suruh ngaku jadi kakak saya :D
Prabowo Murti said…
Selamat Malam Pak Andre,

Seingat saya pertanyaannya nggak susah2 Pak. Misalnya apa hubungan dengan Pak Andre, apakah benar domisilinya, sudah bekerja/domisili berapa lama, dst.
Hasbun dendi said…
Saia suda berkali--kali daftar kartu kredit, tetapi nggak approve2 juga padahal sudah lengkap kayaknya syarata2nya... Duh...
Prabowo Murti said…
Hehehehe... Apply kartu kredit itu mirip nembak cewek Pak. Entah diterima atau ditolak, biasanya kita nggak tahu persis alasannya apa. Yang pasti coba terus saja Pak, issuer nggak cuman 1, dunia tidak sesempit kolor. Hihihihihi
Roni Gunawan said…
Siang bang Prabowo…
Ini nih gw skarang lagi rencana mau bikin cc #bukan ikut-ikutan doank ya…tapi emang butuh…hehehe, amunisi sekarang yang saya punya untuk bikin cc, saya bekerja di salah satu perushaan swasta, gajinya 3,5 jt, tapi kalo lembur bisa nyampe 5 jtan keatas perbulannya, gaji saya masuknya di BRI rencanannya juga mau bikin di BRI dan BNI pokoknya kalo salah satunya di apprv bersyukur…saya juga sering frilen dan sering dapat fee yang lumayan sekali dapat kerjaan…tapiiiiiii…hehehee ada tapinya sihh ^_^, kalo di baca dari atas pengalaman2 dari teman2…hmmmm jadi ilfil dah…tapi saya tetap ngotot aja sih, ini nih bang saya punya pertanyaan semoga dijawab yah….^_^
saya bukan orang asli di daerah saya berdomisili sekarang (perantauan 2 tahun), KTP belom jadi2 sampe sekaranng, jadi sekarang masih make KTP daerah asal saya, tapi saya udah punya rekening baru lagi di BRI daerah yang sekarang saya tingggali, kemaren itu saya bikin cuman make SK dari RT …hehehe..eh ketrima deh, nah yang mau nanyain, apa bisa gak yah kalo sekarang bikin CC mudahnya kayak bikin rek baru??
Saya punya slip gaji perbualan sih, tapii…nah itu selain KTP yg masih KTP daerah asl saya, syarat lain kayak no telpon rumah, itupun kalo bisa saya make telpon rumah pemilik kontrakan (ntar deh dilobi…hihihii), trus apa bisa gak yah kalo gak pake no telpon kantor, soalnya skarang sih gw gak mau ngerepotin kantor saya, soalnya selama ini gw belon ada masalah2 di kantor, takutnya kalo udah mau di aprve sama pihak bank (mudah2an …^_^) kan mungkin mereka nelpon2 ke kantor, nah mungkin aja itu bisa jadi masalah buat gw…tapi jangan deh…hehehee…nah yang terakhir, ini nih masalah (mungkin) paling gak enak di pikiran buat ngajuin aplikasi cc… rekening saya di bank emang sih selalu terisi tiap bulannya, tapi sering bokek …hahahah..kadang saldonya lumayan, kadang juga selalu ha**s kepake…hihihii (maklum gw boros banget orangnya, masih belon kawin soalnya habis karna jalan2 terus #curhatColonganDikit hihihi -__-‘)…nah gitu deh bang, apa TM saya dilihat gak bagus yah sama pihak bank, kalo pun dilihat pasti cuman gaji doank yang sangat dikit itu dan menghawatirkan…tapi transaksinya amburadul di buku rekeningnya…nah apakah saya bisa gak yah bikin CC, apa langsung di tolak mentah2…itu aja dulu deh bang, semoga bisa di jawab dan diberikan saran yang bagus itu gimana kalo amunisi saya kek gini untuk bisa bikin CC… sebelumnya makasi bang…salam
Prabowo Murti said…
Hi Roni,

"apa bisa gak yah kalo sekarang bikin CC mudahnya kayak bikin rek baru?"
Bikin rekening baru juga sekarang ditanyain fixed line (nomer telepon rumah), jadi susahnya kurang lebih sama.

"trus apa bisa gak yah kalo gak pake no telpon kantor?"
Harus ada nomer telepon perusahaan tempat kita bekerja, tapi pertanyaannya cuma sebatas "Apakah benar ada orang namanya Roni Gunawan bekerja sebagai [posisi yang diisikan] di perusahaan ini [nama perusahaan]?" Teleponnya juga cuma satu kali untuk konfirmasi dan nggak ada 5 menit.

"apa TM saya dilihat gak bagus yah sama pihak bank?"
Yang dilihat biasanya cuma 3 bulan terakhir. Dulu waktu apply di Mandiri saya nggak punya rekening Mandiri sama sekali. Apakah mereka bisa melihat saya punya rekening di Bank lain (dalam hal ini BCA, tempat transfer salary), itu juga saya kurang paham.

Saran saya : apply saja, terus jangan berharap diterima. Insya Allah malah diapprove sama Bank.. :)
Isabell said…
Selamat malam..

Begini lho pak, ini saya pake BNI taplus Anak, jika saldo nya kosong, maksudnya saldo nya 0,- apa otomatis ditutup ??
Prabowo Murti said…
Selamat Malam Mbak Isabell

Setahu saya kalau jangka waktu tertentu saldo di bawah saldo minimum, otomatis ditutup Mbak.. Cuma berapa lamanya itu yg kurang tahu, kayaknya 6 bulan
lutfi said…
mau bikin kartu kredit niat buat verifikasi paypal ajja gmn gan? apa ribet juga? ane awam soal cc cuman ane mau bljr paypal, ada orang luar mau beli desain ane soalnya,. mau ku dolarnya langsung cair gitu gmn ya?
Prabowo Murti said…
Hi Lutfi

Sebenernya kalau sekadar supaya verified agan bisa pake VCC (virtual cc), banyak yg jual di Kaskus. Cuma resikonya gede karena PayPal lagi getol ngegaruk yg pake gituan gan.. Katanya ada yg berhasil pake debit visa Mandiri or BNI, dicoba aja Gan. Ane doain lapak design agan laris manis...
agnes said…
Saya mau tanya donk , saya ibu RT mengajukan KK di BCA..awalnya sih di tawarin sm marketing di Bank BCAnya,ya udah saya iseng2 buat.. 4hari kemudian saya di tlp ,, dan 2 minggu kemudian dpt tlp lg katanya data sya sdh lengkap dan tinggal tunggu sms msuk,,saya tunggu2 tdk ada sms masuk..dan 3minggu kemudian saya dpt tlp dari BCA pusat yg mengatakan " saya mau konfirmasi KK anda sudah disetujui,krna anda mengajukan Visa batman,maka ibu hrus memilih Card Bca everyday/Gold,saya pilih everyday"saya tunggu hampir 2minggu ko KK'nya ga dikirim2,saya tlp Call center BCA setelah di cek mereka bilang data saya masih dlm proses..otomatis sya bingung katanya sdh di approve ko tiba2 dibilang masih diproses .. Saya tlp call center lg jawabannya msih sama,malah mereka bilang hrus tunggu Sms dari BCA dlu yg mengatakan di approve/reject dan penjelasan pihak bca berbelit2 dan membingungkan...seharusnya sdh di tlp knp hrus nunggu di sms lg... Kira2 masalah ini gimana yah ??
Dwi said…
Malam pak Prabowo,
Saya pernah mempunyai kk dari 2 bank(sdh 2 thnyg lalu), karenafinancial kantor waktu itu bermasalah maka pembayaran kk sya ikut bermasalah. Tetapi saya sdh bisa melunasi tagihan semuanya dgn meminta keringanan bank dan kk langsung saya tutup dgn mendapat surat bukti pelunasan. Pada bulan Pebruari 2013 saya mencoba minta print out BI Checking di BI, disitu tertera status sy pernah dilevel 5,sy tanyakan ke staf BI katanya BI Checking saya akan bersih bulam Mei 2014 krn di bln itu data saya sdh terhapus (mengikuti bulan berjalan selama 2 tahun).
Yang saya tanyakan: Apakah benar BI Checking sayaakan terhapus alias bersih kembali dan bisa mengajukan KK atau kredit bank lagi?
Demikian pak, mohon pencerahannya dan terima kasih banyak
Prabowo Murti said…
Halo Mbak Agnes

Saat ditelpon dan diberitahu kalau aplikasi sudah approved, apakah Mbak Agnes diberitahu kartu akan dikirim ke alamat mana? Misal kantor atau rumah. Mungkin kartunya sudah sampai cuma karena tidak ada yg mengambil jadinya mental balik ke third party (biasanya ada perusahaan lain lagi yang jadi kurir, untuk kartu Mandiri sama BNI gitu, tapi saya nggak tahu kartu kredit BCA). Mohon maaf saya juga kurang tahu Mbak, kalau pun ternyata direject apply lagi aja Mbak.. :)

Mungkin pembaca lain punya jawaban berbeda?
Prabowo Murti said…
Salam kenal Pak Dwi.

Pertanyaan saya : Pak Dwi punya dosa apa hingga masuk level 5 BI Checking? :D Untuk pemutihan saya kurang tahu persis, ada yang bilang 2 tahun, ada yang bilang 5 tahun.. Hati-hati Pak, sekali masuk daftar hitam, nanti susah ambil kredit lagi. Orang bank pintar-pintar Pak. Tapi masih banyak kok yang jualan jasa membersihkan bi checking, kalau kepepet Bapak bisa coba, walau tidak saya rekomendasikan sih.. Semoga berhasil ya Pak Dwi, kalau sukses boleh berbagi tipsnya di sini.

Salam
Prabowo Murti said…
Salam Pak Dwi

Barusan saya tanya teman yang bekerja di bank. Katanya saat kredit dilunasi semua, harusnya sudah bisa pinjam lagi Pak.. Cuma memang saat setelah dilunasi, record macetnya tetep ada. Apakah Pak Dwi masih memiliki kredit lain yang belum dilunasi?

Ini quote bagus dari temen saya yang bekerja di Bank Indonesia. "BI Checking sebenarnya merupakan tools untuk menilai karakter seseorang" :)
naya said…
sepakat dengan quote temene sampeyan mas. #eh

apakah bisa ambil kredit lagi atau engga, itu soal kebijakan.internal Bank. yg bersangkutan...

template print out SID memang akan menampilkan 24 bulan terakhir, akan tetapi datanya historynya tetap ada di BI. klo dihapus g bisa saya rasa, yg mungkin hanya tidak ditampilkan di printoutnya. CMIIW.
candra said…
Selamat siang mas prabowo. Sekedar berbagi pengalaman sajah. Kejadiannya waktu itu saya lagi jalan jalan di mall. Ditawarin cc oleh marketing cc dari bank b*a. Ya karena saldo di rekening bersangkutan sering kosong ya saya sih gak terlalu berharap. Terlebih waktu bikin saya hanya menuliskan nama , dan fotocopy ktp. Selanjutnya semuanya pihak maketing yang ngerjain deh ha ha Beberapa hari kemudian ada konfirmasi mengenai cc tersebut. Dan seminggu setelah itu ada sms konfirmasi bahwa cc saya di setujui oleh pihak bank. Kaget soalnya cc pertama saya langsung dapet dari bank yang kata kebanyakan orang susah untuk ditembus. Dan akhir akhir ini banyak marketing bank lain yang nawarin cc terlebih bank asing. Mereka nawari cc platinum. Hampir setiap hari dapet telpon dari telemarketing cc atau asuransi yang bekerja sama dengan cc tersebut.
Prabowo Murti said…
Selamat siang Pak Candra,

Mantap Pak... :) Kurang lebih pengalaman saya di Bank BNI. Kita dateng baek-baek ke Bank mau bikin CC, direject. Eh, sekalinya jual mahal, pihak marketingnya yang ngejer, terus tahu-tahu udah jadi aja. Apply CC mirip ngejar cewek Pak, sesuai kata Iwan Fals, "kukejar engkau lari, ku diam kau hampiri" Hahaha.

Terima kasih sudah berkomentar Pak.
Prabowo Murti said…
Halo Pak Dwi, tuh Pak udah dijawab sama masternya langsung :p
Agnes said…
Siang mas Prabowo ..
Waktu dapet tlp dari bcanya kalo KK saya di approved dia bilang mau anter kerumah bahkan nanya cara pembayarannya jg mau manual/autodebet..saya tunggu2 tetep ga dateng mas padahal udah stay dirumah sejak KK saya di approve itu..

Saya anehnya pas tanya ke call center BCA buat nanyain ko KK saya ga dateng2,mereka jawab malah "maaf data ibu masih dalam proses,klopun KK ibu di reject/approved pasti ada sms dari BCA ibu tunggu sja"" .. Kan saya jd bingung udh di tlp ko masih harus nunggu sms. Saya bingung aja sampe sekarang orang BCA yg tlp saya yg bilang KK saya disetujui motifnya apa,saya jd takut kya kejadian yg marak skrg KK ga pernah terima tapi tagihan datengg
Prabowo Murti said…
Selamat siang Mbak Agnes,

Saya kurang tahu juga sih, tapi kalau memang tidak ada transaksi dan aktivasi kartu, harusnya nggak ada biaya apa-apa. Apa sudah ditanyakan di kantor cabang BCA langsung?

Mungkin pembaca lain ada masukan?
candra said…
Hmmm ... Biasa nya sih ada sms confirmasi dari bank bca nya. Soalnya setau saya setiap cc yang terbit sudah terhubung langsung dengan sebuah mesin yang otomatis akan mengirimkan pesan kepada nomer yang terdaftar pada saat mengajukan aplikasi cc.
agnes said…
@ Mas prabowo : saya sdh dateng ke kantor cabang tempat dulu saya ngajuin KK , tapi jawabannya berbelit2 dan cm bilang nanti kami coba cek lewat tim terkait..



@ Mas candra : iya mas saya jg pernah denger katanya klo KK disetujui/tidak itu lewat sms , cm yg saya bingung kenapa org BCA pusat tlp saya dan bilang KK saya sdh "approved"bahkan disuruh memilih kartu,cara pembayaran dll .. Klo ga ada tlp itu ya mungkin saya jg msih nunggu sms dari BCAnya,saya jg sudah cek nomer tlp orang BCA yg tlp saya itu lewat call center dan itu memang benar nomer kantor BCA pusat..jadinya bingung saya
Prabowo Murti said…
Menurut saya anggap saja telepon tersebut tidak valid Mbak... :)
vicra said…
selamat sore, mas prabowo.
saya mau tanya berapa yah kira-kira upah minimal untuk mendapatkan CC ???
Prabowo Murti said…
Selamat sore,

Untuk Mandiri, untuk kartu yg standard dengan limit paling kecil, per tahun minimal 24 juta, atau 2 juta rupiah per bulan. Kurang tahu kalau bank lain ya? Itu saya bikin setahun yang lalu
erdig s said…
kira-kira mudah kah atau tidak ya mengajukkan aplikasi kartu kredit ke Bank BCA atau Mandiri tanpa ada NPWP hanya utk sekedar ingin ambil cicilan 12x bwt Iphone di situs merchant blibli.com yg sdh bekerja sama dgn kedua bank tsb. yang masih ngeganjel di hati dari pertanyaan saudara-saudara diatas yaitu apakah saya bisa mengingat saya baru bekerja di kantor sekitar 2bln an berjalan......hadehhhhh apa bner sih kartu kredit itu kartu setan yg bisa mendatangkan masalah yg gak ada ujungnya kpd pemiliknya saking byk utangnya dgn tagihan atau iuran ini itu per bln nya jg yg katanya jg tak akan bisa tutup akun nya, mohon pencerahannya ya agan2?
Hendra said…
Hallo Pak,saya mau tanya nih,,ada resiko tidak untuk pemegang kartu kredit tambahan?
Setelah cc sudah jadi,berapa lama akan aktif,untuk bisa dipakai?
thxx...
Prabowo Murti said…
Salam dan terima kasih Bung Erdig atas komentarnya.

Seingat saya NPWP tidak mutlak, karena saat saya apply di BNI saya tidak isi NPWP tapi tembus juga. Kurang tahu juga untuk bank lain ya.. Mungkin pembaca lain ada saran. Untuk masa kerja, bisa kongkalikong dengan orang HRD, misalnya disebutkan di surat keterangan kerja sudah bekerja selama 1 tahun (kalau kita apply via marketing CC di mall, mereka biasanya langsung "Masa kerjanya 1 tahun aja ya Pak?"). Asal nanti saat ditelpon, jawabannya sama persis.

Untuk untung-rugi punya CC, silakan dipikirkan lagi Bung.. Kalau saya pribadi hanya perlu CC untuk jualan saja, kalau beli2 barang konsumtif nggak begitu tertarik. Kembali ke orang masing2, bagaimana mengatur keuangan. Semoga membantu ya Bung..
Prabowo Murti said…
Halo Bung Suhendra,

Untuk kartu tambahan setahu saya limitnya mengikuti kartu utama. Misal kartu utama limit 10 juta, sudah terpakai 2 juta, jadi limit kedua kartu (utama dan tambahan) tinggal 8 juta. Jadi limitnya bukan 10 juta dikali dua kartu. Untuk resikonya saya rasa sama saja.
aminuddin said…
symau buat CC BCA tp sy ragu pak karna sering dengar temen klo CC itu biasa muncul tagihan n potongan yg g jelas.....
ap bener sperti itu pak..?
Prabowo Murti said…
Hi Aminuddin,

Saya kurang tahu ya kalau BCA, tapi kalau di BNI dan Mandiri nggak pernah tuh ada biaya aneh-aneh (atau setidaknya belum, hehehe). Nanti kalau billing statement keluar, kita juga bisa mengajukan keberatan, asalkan tidak terlalu lama setelah tanggal keluar billing. Misalnya karena transaksi yang tidak kita lakukan.
candra said…
Pengalaman pribadi :
Karena sudah ada rek bca dari beberapa tahun lalu dan transaksi juga cukup banyak. Waktu bikin cc bca. Pihak bca tidak ada konfirmasi ke tempat kerja. Langsung tembus gitu aja. Atau mungkin juga lupa pihak bcanya untuk konfirmasi ke pihak perusahaan he he he .
Kalau hanya untuk kredit hp sih di mall mall juga sekarang banyak yang bisa di cicil tanpa kartu kredit. Cuman bunganya memang cukup besar
Dewo said…
Kredibilitas/credibility punya akar kata "credit". Dari pemahaman sederhana saya, punya kartu kredit berarti punya kredibilitas hehehe...

Saya punya BNI Visa Gold mungkin sudah lima tahun. Coba2 ajuin kartu kedua dari Mandiri utk MasterCard, ternyata ditolak. Kemungkinan persyaratan kurang sih. 6 bulan kemudian saya coba lagi (lengkap dengan KTP, paspor, NPWP, slip gaji, nomor telpon fixed orang tua di Jogja) eh alhamdulillah kemarin saya terima pemberitahuan via SMS bahwa pengajuan Mandiri Skyz sudah disetujui.

Cuman saya ga punya rekening Mandiri. Ga tau kalo bayar tagihan dari ATM BNI kenanya mahal apa enggak...
elin said…
mas ,tau trikny ga agar dpt limit besar dr bca
sy dah pny 2 kartu dr bni limit 15 and 32 jt
Arifin said…
gan mau tanya nih.. kalo untuk umur 20thn apa bisa bikin kartu kredit? tapi penghasilan saya lumayan gan 5jt lebih perbulan.
dan rekening tabungan saya ada saldonya banyak.. apakah bisa gan kalo bikin kartu kredit?
ibrohim said…
mau tanya mas, kalo pake jaminan 3 juta yang di bca, apa yang 3 juta itu bisa dipake buat belanja? atau harus nambah lagi dana direkeningnnya?
jika pertanyaannya ada kesalahan, tolong diluruskan, hehehee.....
awam banget, tapi ingin sekali punya cc buat bisnis online.
saya juga punya rekening di mandiri, apa memang harus ada jaminan 10juta seperti yang di bilang mbak di atas? ga makan saya klo segitu. heheheee
Prabowo Murti said…
Hi Bung Dewo,

Bung bisa gunakan cara saya Bung : nongkrong di ATM Mandiri, nanti kalau ada cewek cakep masuk mau ambil cash, bilang "Saya kasih kamu sejuta tapi minta tolong yah bayarin kartu kredit saya via ATM. Jatuh temponya hari ini soalnya..." Ntar kalau udah selesai, "Nomer handphonenya nggak sekalian?"
Prabowo Murti said…
Halo Mbak Elin,

Wah, maaf Mbak, saya kurang tahu yang begitu-begitu. Limit besar buat apa Mbak? Beli rumah pake kartu kredit? :D
Prabowo Murti said…
Halo Bung Ibrahim,

Jaminan 3 juta itu tidak akan pernah bisa diambil kecuali kartu kreditnya Bung tutup. Saran saya coba saja apply dengan syarat-syarat yang ditentukan oleh Bank. Kalau memang diapproved alhamdulillah, tapi kalau reject dicoba di bank lain saja Bung. Jangan menyerah dan coba terus :)
ibrohim said…
ketika mau menggunakan, apa harus masukkan dana dulu ke rekening atau pake sistem terhutang/ quota sampe limit berapa gitu?
Prabowo Murti said…
Kalau untuk bikin kartu kredit dengan sistem jaminan, kita harus punya dana/cash senilai limitnya. Misal mau limit 4 juta, berarti harus punya cash senilai Rp 4 juta. Setahu saya di BCA sudah tidak bisa Pak..

Mungkin pembaca lain ada yang berpengalaman dengan kartu kredit dengan sistem jaminan?
Prabowo Murti said…
Halo Bung Arifin,

Bisa Bung. Bisa banget... Biasanya nilai penghasilan akan menentukan tipe kartu kredit yang akan diapprove. Misal kalau penghasilan 5 juta sepertinya bisa apply di Gold kalau di Mandiri. Selamat mencoba ya Bung, tetap semangat, semoga berhasil.
baby said…
mas mas..^^ saya mau tanya.. temen saya ada yg baek banget nawarin saya kartu tambahan dari kartu utama dy ( bukan pacar lhoo :P )

menurut mas gimana? ada ruginya ga buat saya hehehe....
Prabowo Murti said…
Hi Baby,

Bukan keluarga emang bisa ya? Setahu saya sih kalau mau nambah kartu tambahan, nama Baby harus tertera di Kartu Keluarga yang sama dengan pemilik kartu utama. Kurang tahu juga, karena saya nggak pernah pengalaman nambah kartu kredit tambahan.

Mungkin pembaca lain ada yang bisa jawab?
rafly said…
Salam

Mas prabowo, mohon pencerahan. 2 minggu lalu saya ngajuin cc via tele marketing. Saya sudah dikonfirmasi/ditelp (konfirmasi data diri) dari bank di jakarta(saya di jateng), begitu juga kantor (HRD) tempat saya kerja juga di telp.
Orang bank tsb tanya: kartu kreditnya dikirim ke kantor apa rumah. Saya jawab: kantor. Trus beliau bilang: ditunggu ya pak, prosesnya 14hari. Yg saya tanyakan, apakah kartu kredit saya Disetujui?? Karena sampai saat ini saya belum terima sms klo KK saya diapprove.

Trims
Prabowo Murti said…
Hi Bung Rafly,

Apakah Bung yakin alamat kantor sudah benar? Kalau masih 2 minggu yang lalu, berarti belum 14 hari kerja? Bung Rafly tunggu saja, nanti harus Bung sendiri yang terima kartu kreditnya, jadi pastikan Bung selalu ada di kantor. Jika tidak ada, biasanya kurir tidak mau menitipkan pada pegawai yang lain. Yang saya tahu, Bank akan menggunakan perusahaan yang berbeda untuk mengantar kartu kredit (kurir lepas, alias bukan dari pihak bank). Selamat menggunakan kartu kredit.
Jhoni Putra Nugraha said…
Kalo KTP masih daerah gimana mas?
Prabowo Murti said…
Halo Bung Jhoni,

KTP daerah nggak masalah (saya bisa-bisa aja tuh). Mungkin asalkan fixed line alias telepon rumah bener2 bisa dihubungi, dan yg ngangkat mengiyakan kalau Bung tinggal di situ. Saya masukkan alamat 2 : alamat sesuai KTP dan alamat tinggal yang sekarang (waktu itu masih kos).
Jhoni Putra Nugraha said…
1 minggu lalu sy sudah mengajukan cc bca..dl di tawarin marketing di salah 1 mall jkt.. berhubung saya blm pnya rekening di bca marketing meminta ktp sama slip gaji....saya sudah serahkan semua persyaratanya...tapi sampai sekarang blm ada pihak dr bca yg konfirmasi.
Menurut mas prabowo pengajuan saya di tolak atau gimana...
Secara saya ktp masih daerah dan blm memiliki rek bca .
Serta tinggal msh kost penghasilanpun msh di bawah 5jt.
Prabowo Murti said…
Kalau masih 1 minggu masih terlalu prematur untuk tahu apakah aplikasi CC ditolak atau diterima, Bung. Kalau data-data sudah lengkap, dan jika aplikasi ditolak pun, nanti Bung Jhoni akan dikirimi SMS dari pihak BCA langsung. Menurut saya, tunggu saja sekitar 1 minggu lagi, sembari Bung apply kartu kredit di Bank lain (paling masuk akal adalah bank tempat Bung menerima salary). Jangan terlalu berharap, karena semakin berharap semakin kecewa, Bung.

Semoga berhasil. :)
Iman said…
Pak Prabowo,

Kalo kita kerja di luar negri kira-kira bisa ngga apply KK nya di Indonesia, sebab payslip nya bukan dalam Rupiah dan ngga ada kantor cabang nya di Indonesia?
Terus Bank mana saja yang kemungkinan besar menerima?

Trimakasih
Prabowo Murti said…
Hi Bung Iman,

Mohon maaf untuk hal itu saya kurang tahu, Bung. Tapi upah memburuh saya disetor ke BCA, tapi saya toh berhasil juga punya kartu kredit Mandiri (saya tidak punya rekening di Mandiri). Dicoba saja Bung, semoga berhasil. :D
ifa said…
Malam pak,saya baru saya apply cc mandiri,telp kantor,rumah n pribadi dah dihubungi n diangkat tp pas telp ke emergency call tidak diangkat,apakah itu bisa membuat pengajuan cc saya di reject?terima kasih
m.r said…
wah aku kira mudah , ternyata agak susah juga
Prabowo Murti said…
Hai Mbak Ifa,

Direject atau tidak, hanya bisa diketahui kalau ada SMS balasan atau setelah berminggu-minggu tidak ada kabar dari bank. Kalau sekadar tidak diangkat, mungkin besoknya masih ditelpon lagi. Kurang tahu juga ya.. Yang jelas salesman kartu kredit lebih bernafsu supaya kita bisa approved, karena itu yang membuat dapur mereka ngebul.

Salam.
kan said…
yaaah.. gak jadi bikin CC dah..
kayaknya ribet, udah gitu ane cuman wiraswasta yg ga punya slip gaji tepap..
ricky said…
untuk membuat kartu kredit, minim penghasilan harus berapa jeti bro?
Prabowo Murti said…
Bung Kan bisa menggunakan surat izin usaha karena persyaratannya tak harus punya penghasilan yang tetap. Misalnya bulan ini 500 juta, bulan selanjutnya hanya 200 juta, itu penghasilan yang tidak tetap, tapi sekali apply saya yaking langsung approved. :)
Prabowo Murti said…
Bung Ricky,

Tidak ada nominal yang pasti setahu saya. Tapi pada saat saya apply kartu kredit di Bank Mandiri, minimal annual salary Rp 24 juta atau Rp 2 juta per bulan untuk Mandiri Silver (dengan annual fee dan limit paling rendah).
she said…
Pak mau tanya, kl apply kartu skyz mandiri dgn lock saldo 10 juta, apakah limitnya jg sama 10 juta..? Kl mislnya sy mau nambah saldo lock jd 20 juta apa limitnya jg ikut 20 juta..?

Oya dgr2 saat ini msh ada promo FFL s/d tgl 31 des 2013.. gmn pak kl sy ajukan bsk kira2 brp lama prosesnya..? Thx
Rudi Nazar said…
wah doakan aku gan, aku juga mau bikin kartu kredit nih, semoga aja cepet di approve
Prabowo Murti said…
Maaf Mbak She, saya kurang paham. Mungkin bisa tanya langsung ke mandiri di 14000 atau ada pengunjung blog ini yang bisa beri jawaban?
oroppa said…
justru yang terakhir mudah karena apply-nya lewat marketingnya, Pak.
dijamin 99.99% diterima, karena mereka juga ada target dan bonus kalau berhasil narik org apply cc
Brian said…
Mas prabowo gimana caranya menaikkan limit kartu kredit bni? Saya udah pake kira2 80 persen dari limit setiap bulan, tapi limit tetep segitu-sgitu aja thanks
Prabowo Murti said…
Bung Brian, Bung bisa langsung apply ke BNI biasanya kalau salary lebih dari cukup, nanti bank akan menaikkan limit
pentone said…
Saya sudah apply CC 2 kali ke bank mandiri sudah telepon tanya ini tanya itu, tetapi saja tidak approve, padahal apply yg kedua itu karena dapat telp dari cs bank mandiri untuk memasukkan berkas lagi, tapi semua sia-sia. Di bank BNI CC juga sama tidak dia approved, saya langsung tutup rek di bank itu. Sekarang lagi buka Rek. di BCA, dan mau apply CC, kalau nanti di approve rek bank mandiri langsung saya tutup. Saya butuh banget CC untuk belanja software, Pake Virtual Credit Card tidak kuat nahan, ratenya ampun DJ.
Prabowo Murti said…
Hai Bung Pentone,

Jangan khawatir Bung, kalau memang saldonya banyak yang di BCA, saya rasa sekali di-approve, nanti bank lain akan nawarin lagi. :)
rina herawati said…
Mas mau tanya dong sekitar 5hari yang lalu saya apply kartu kredit mega bareng temen saya 4 orang yang sekantor . Nah kebetulan kemarin temen2 saya pada udah ditelpon ke hp masing2 sedang saya aja yang belum itu kenapa ya ? Tapi memang pada saat jam ditelpon nya itu saya emang lagi terima panggilan dari pacar tapi cuma 10menit . Sampe sekarang belum ada telepon konfirmasi. Itu kemungkinan ditolak dong mas ? Ngaruh ga sih mas kalo kita ga angkat hp ? Harus gmn ya ? Tp ke kantor dan rumah blm ada tlp konfirmasi . Thx mas
Prabowo Murti said…
Mbak Rina Herawati,

Ditunggu saja Mbak, kalau 3 hari belum ada telepon anggap saja menyumbang data pribadi ke bank :)
tio said…
ane udah apply CC ke bank mandiri awal januari 2014 gan,,trus minggu kmri dtllpn buat verifikasi data ane,,adek juga dtlpon gan...trus ane ditanyain di kartu kredit mau dicetak nama ane dng ejaan gmn? trus ditawarin asuransi dll..ane bilang ntar aja klo dah jadi CC nya...Nah pas sabtu nya ane malah ditlp ma marketing BNI buat apply CC BNI dng syarat ktp doank...
pertanyaan ane gan:
1. kira2 CC mandiri ane approve g y?
2. ane trma g ya tawaran dari marketing BNI itu?
Prabowo Murti said…
Halo Agan Tio,

Thanks atas komentarnya.

1. Kalau sudah dari awal Januari berarti bentar lagi harusnya ada kabar Gan. Ane rasa sih kalau sampe ada marketing Bank lain yang nawarin kartu kredit juga, agan potensinya gede buat diapprove.
2. Tergantung Gan, kalau ane sih ngarepin limit gede buat transaksi macem2. Jadi kalau limitnya nggak beda jauh sama mandiri, ane males bikin CC banyak2. Tapi kalau emang agan minat, bikin aja yang di BNI juga, toh nggak ada ruginya. Kalau nanti emang CC BNI udah keluar, dan agan nggak minat lagi, tinggal ditolak aja jangan diterima.
Romi said…
Mas klo nasabah bni mau buat KK mandiri bs g y...
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Romi

Bisa-bisa saja Bung, nanti yang dilampirkan salinan buku tabungan BNI atau dari bank tempat Bung Romi menerima penghasilan
sutopo sasuke said…
wah keren nih mas, pengalamanya..
dari pengalamannya mas, saya bisa mendapat hal yang belum pernah aku alami..
mkasih mas share pengalamnya..
Lingga said…
Dear Mas,

Saya juga pernah apply di BCA dan BNI, tapi dua-duanya ditolak karena (katanya) alasan gaji di bawah 3 juta per bulan. Apa mas tahu trik apply kartu kredit untuk slip gaji di bawah 3 juta per bulan. Sekadar info, penghasilan per bulan saya bukan hanya dari gaji, tapi juga dari freelancer. Terima kasih sebelumnya.
jerry said…
Mo minta pendapatnya dong gan...
Kemarin ane apply CC BNI, dan udah ditelpon untuk verifikasi data. Nah, pada saat dilakukan verifikasi data itu, mereka jg nanyain CC nya mau dikirim ke mana, tanggal jatuh temponya mau tanggal berapa, dan lembar tagihannya mau dikirim kemana. Yg mau ane tanyain, kira2 CC ane tuh ada kemungkinan di approve ngga ya gan?
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Lingga,

Saya rasa alasannya kurang masuk akal juga, karena untuk kartu kredit Visa Mandiri Classic minimal penghasilan per bulan bisa 2 juta rupiah saja. Mungkin masing-masing bank punya kebijakan berbeda. Kalau freelancer penghasilannya tidak tetap dan cenderung kecil, mungkin bank tidak bisa percaya begitu saja. Dicoba saja di bank lain, Bung.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Jerry,

Saya rasa kalau pertanyaannya sudah seperti itu kemungkinan di-approve besar, Bung. Selamat dan semoga bijak menggunakan kartu kredit.
bayu said…
2minggu yg lalu. Saya d tawarin oleh salesnya cc BCA pas di bank bca.nya. Terus ngisi formulir. Nah beberapa hari kemudian. Rabu minggu lalu saya d telpon tanya" yg ada di form... Kira" tau d approve ndaknya aplikasi cc BCA gimana ya bung prabowo murti. Udah 7hrian. Kira" berapa lama. thax :)
Bruno said…
Bang Prabowo, situsnya menurut saya bagus dan informatip. Teruskan ya, Bang. Saya mau tanya

Bagaimana seandainya langkah langkah untuk daftar ke PayPal ketika kartu kridit kita sudah jadi dan approved? Apakah sesulit ketika daftar di Bank? Soalnya saya pengen punya kartu kredit untuk daftar di Paypal Bang. Terima kasih..
Joko Widodo said…
dengar2 katanya ada kartu kredit yang pakai jaminan ya di BCA

jadi tanpa survei segala macam pasti approved/disetujui

betul gak mas penulis
aris putra said…
klo nmer flexi home bsa ga ya untuk syarat pengajuan cc nya kan ga ketauan
mistersedeng said…
sekedar pengalaman...

benernya peraturan mulai 2013 1 orang hanya boleh pny maksimal 2 kartu kredit bener gak ya gan? ane ditawarin sales urus cc danamon n approved (cc ke-3 stlh bca n mega)...

yg bikin aneh, di situ sy gak nyantumin sama sekali fixline (hny flexi biasa prabayar) n nomor hp... kok bs approved ya malahan dgn limit lbh besar??? jd penasaran nie ajuin lg cc ke bank2 yg laen hehehe :D
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Aris Putra,

Biasanya sih ketahuan kalau itu bukan nomer fixed line Bung, tapi dicoba saja.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung,

Benar sekali Bung, tapi setahu saya hanya untuk yang penghasilannya di bawah 10 juta rupiah per bulan. Untuk nomer telepon, mungkin penerbit lain sudah mengetahui dari data diri Bung yang tersemat pada kartu kredit yang telah Bung miliki sebelumnya, jadi mereka tidak verifikasi ulang lagi.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Bruno,

Daftar PayPal tidak sulit Bung, silakan kunjungi PayPal dot com lalu Bung bisa registrasikan kartu kredit Bung Bruno supaya terverifikasi. Detailnya ada di bagian tulisan ini http://muhajirin.net/peluang-usaha/peluang-usaha-bisnis-jasa-titip-beli-dari-luar-negeri
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Joko,

Kalau sekarang saya kurang tahu ya Bung, soalnya terakhir kali kirim email ke BCA sekitar satu setengah tahun lalu, saya mendapat info kalau program tersebut sudah tidak ada lagi.

Mungkin pengunjung lain ada yang bisa memberi konfirmasi?
Irmayani said…
Halo Mas Prabowo

Saya sudah lama punya kartu kredit BCA dan beberapa waktu lalu tiba-tiba aja ditelpon (nomer telponnya juga bukan nomer telepon kantor, tapi nomer hape biasa) ngasih tahu kalo credit card danamon siap diantar ke alamat saya. Dia tanya apa mau dianter ke rumah apa kantor.

Bingnug lah saya, masak nggak ngapa-ngapain tahu tahu ada kredit kard lagi. Yg BCA sih emang kerasa juga kalau mau kredit barang elektronki agak susah karena limit nya cm 7 juta.
ceper said…
Mas mau tanya, ketika pengajuan CC kita direject oleh Bank,, apa ada masa tunggunya untuk bisa mengajukan lagi?
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bu Irma,

Kalau limit lebih gede dan free annual fee sampe kiamat, menurut saya sih ambil aja Bu :D
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Ceper,

Masing-masing Bank sepertinya punya kebijakan yang beda, kalau BCA setahun lalu kalau aplikasi kartu kredit direject, minimal 3 bulan harus menunggu sebelum apply lagi.
teguh said…
Gan ane mau tanya..Tgl 6 kemarin ane ke Bank BCA nah trus ditawarin CC,pas hari senen nya ane di tlp dri BCA nya untuk verifikasi data dan sodara ane juga di tlp..kira2 CC nya di approve ga gan?? Biasanya paling lama brp minggu?? Thanks gan..
Prabowo Murti said…
Salam Bung Teguh,

Kalau BCA yang saya tahu kurang dari 10 hari kerja sudah ada kabar via SMS
lukman said…
Salam kenal mas prabowo, saya mo coba tuk bikin cc,tp. Di rek sy tdk ada saldo terendap,sbg referensi ja sy kerja di pershaan udah 2th,dg penghasilan take home pay sekitar 2,5/bln via tranf bni,kira2 klo buat cc di bni bisa di approve ga ya?trims
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Lukman,

Saldo terendap tidak harus kok Bung. Dicoba saja Bung ke BNI, nanti coba apply untuk yang silver saja. Apply CC sama kayak cari cewek Bung, mending direject daripada digantung. Kalau 2 minggu nggak ada kabar, tinggalin aja, bank lain yang mau terima masih banyak.
dina said…
Mas
Mau tanya cara penggunaan kartu kredit gmna
Ya???
Hehehehehe
Maklum blm prnh buat n cara gunainnya??
Nisya Ny said…
mas ,saya mau tanya .. sudah 2 bulan terakhir ini saya apply credit card ke beberapa bank, bca, mega, bni ,bri ,bii dan hsbc .. tapi dari semua bank itu gk ada satu pun yg d approved, padahal saya sudah berikan data sejelas mungkin dan selengkap mungkin .. untuk penghasilan kurang lebih 5jt perbulan dengan memberikan slip gaji asli, dari menggunakan marketingb sampai datang ke cabang langsung tapi tetap sama tidak d approve, terakhir 2 minggu yg lalu saya apply d mandiri dan sejauh ini mandiri sudah menghubungi saya langsung, ke kantor dan ke rumah, tapi kebetulan untuk nomor saudara tidak serumah ketika bank mandiri telfon tidak terangkat selama 2x karna kakak sedang tidak memungkin kan untuk mengangkat telfon, saya coba telfon langsung ke bank mandiri kata cs nya sedang dalam proses ,jawaban baru ada 5 hari lagi dari sekarang, kira-kira bisa ke approve atau tidak yaa ? sejauh ini saya berusaha tidak berharap, tapi sejujurnya saya berharap sangat bisa di approve .. mohon bimbingan nya ,terima kasih :)
Kurniawan said…
Mas saya mau share sedikit pengalaman apply kk, pertama apply kk mandiri di cs dan ga bisa langsung karna persyaratan slip gaji belum lengkap saya wiraswasta yg jalankan usaha ortu jadi persyaratan yg diminta bukan atas nama saya tentunya kemudian saya akalin buat slip gaji sendiri dengan tanda tangan dan stempel perusahaan ayah saya tentunya jadi status sebagai karyawan swasta besoknya saya berikan ke csnya kira2 dua minggu di telp pihak verifikasi kk mandiri sesuai prosedurnya setelah itu tdk ada berita lalu saya hub lewat email jawabannya DITOLAK silahkan ajukan 6 bulan lagi sampe sekarang udah 2 tahun g dulu dech

Pengalaman ke dua apply kk bii tempat saya menabung dan lumayan isinya, g ada Niat sebenarnya buat kk, saya ke cs karna keperluan lain kemudian saya lihat formulirnya langsung aja dilirik csnya dan langsung terucap sekalian pak apply kartu kreditnya yang anggry bird banyak promonya bla...bla... Seperti itu, karna bentuknya lucu dan gambarnya angry bird tertariklah saya kemudian saya tanyakan syaratnya apa mbak csnya jawab fotokopi ktp aja pak karna ada tabungan di bii mungkin besarnya saldo atau apa saya kurang paham saya jelas kaget segampang itu kah kemudian saat itu juga saya isi formulirnya dan csnya yg fotokopikan ktp saya dua minggu kemudian di telp pihak bii mungkin verifikasi ditanya2 seperti biasa di akhir pembicaraan ditunggu pak kartu anda akan segera dikirimkan.... Loh main langsung aja ga diproses dulu..... Setelah menunggu lama hampir sebulan belum juga datang sang kartu saya hub pihak bii dan katanya sudah terkirim 2 minggu yang lalu ternyata kurirnya kurang paham alamat saya akhirnya saya tanyakan gunakan kurir apa hari itu juga saya jemput aja langsung ke alamat kurirnya tanpa perlu tunggu dikirim lg karna terlalu bersemangat untung aja belum dikembalikan karna alamat tdk jelas.... Saat itu juga 2 kartu kredit dikirim visa dan mastercard senangnya kartu kredit pertama dan herannya lg limitnya cukup besar buat pemula 18 juta

Pengalaman ketiga dalam perjalanan ke denpasar dari jayapura saya transit di makassar karna agak lama saya masuk di salah satu lounge gunakan vasilitas dari danamon privilege yg saya miliki tentunya gratis... Banyak sales kk mondar mandir jelas aja saya yg lg menikmati santapan langsung disamperin oleh sales kk anz langsung yg ditawarkan platinum syarat ktp sama fotokopi kartu kredit aja... Loh? kemudian saya tanyakan lagi saya hanya gunakan kk tipe gold trus ditanyakan limitnya berapa saya jawab 18 jt salesnya bilang bisa pak setelah ditanya2 sesuai formulir karna dia yg tuliskan semuanya di selembar kertas buram kemudian saya tanda tangan di formulir kosongnya, setelah selesai makan dan sudah bosan di lounge saya ke ruang tunggu belum beranjak 1 meter dari pintu marketing kk bni menghadang saya dan langsung bilang sekalian bni visa platinumnya pak nanti data saya sesuaikan aja minta ktp sama kk bii goldnya aja di fotokopi.... Lebih heran lg saya, kemudian selang 2 minggu masing2 pihak kk telp sesuai prosedur klo pihak anz mengecek juga telp rumah klo bni sepertinya tidak tiga hari kemudian dari anz sms bahwa permohonan saya belum di setujui kalau bni menunggu sampai ada telp kemarin ditawarin kartu tambahan loh kartu saya aja belum terima tidak mungkin salah alamat karna alamat kantor yang jelas2 berbagai kurir telah sukses dan berkala mengirim barang dengan alamat kantor kemudian saya tanyakan memangnya kartu saya di aprove jawabnya iya langsung menawarkan kartu tambahan tersebut saya iyakan aja untuk kakak saya kemudian saya tanya lagi kartu saya belum sampe marketingnya bilang mungkin masih di kurir atau nanti sekalian klo belum terkirim dengan kartu tambahannya. .... saat ini harap2 cemas aja berharap segera datang kk bni visa platinumnya.... Kira2 kapan ya?
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bu Dina,

Untuk aplikasi kartu kredit, kurang lebih seperti yang diceritakan di tulisan di atas. Untuk penggunaan detailnya, nanti Bu Dina akan diberi panduan penggunaan dari bank. Pada dasarnya mirip seperti kartu debit, tapi lebih powerful karena tanpa saldo pun masih bisa makan enak.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bu Nisya,

Diusahakan ketika keluarga tak serumah ditelpon, langsung diangkat dan dijawab semua pertanyaan dari pegawai bank dengan sejelas-jelasnya, termasuk hubungan dengan aplikan kartu kredit (dalam hal ini Bu Nisya). Ketika kartu kredit sudah jadi, minimal penggunaan selama setahun, nanti kondisinya akan berbalik : Ibu akan dihubungi oleh para sales kartu kredit. Semoga berhasil.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Kurniawan,

Pengalaman yang mencerahkan Bung, terima kasih. Memang untuk kurir pengantar kartu kredit, yang saya tahu tidak berasal dari bank / issuer melainkan dilepas ke jasa pihak ketiga. Itulah sebabnya, bila kita search nomer telepon kurir di Google, biasanya akan berujung pada nama perusahaan yang berbeda. Kasus kartu kredit tak sampai bisa banyak sebabnya, salah satunya ketika sampai tidak langsung bisa menemui / mendapat tanda tangan dari pemilik kartu kredit langsung.
candra said…
Selamat malam mas probowo!!!
Sudah sekian lama vacum dari website ini nampaknya makin banyak perubahan ke arah positif dan membantu para hunter cc nih hehe. Semoga website ini terus berjalan baik dan semakin dapat membantu yang membutuhkan informasi mengenai cc ya mas.
Anyway mas saya aplly cc BRI nih dari akhir taun lalu, dan awal januari saya di konfirmasi ke pihak BRI ternyata cc saya sudah di setujui. Dan sudah di kirimkan ke alamat rumah, namun saat kurir datang di rumah kebetulan tidak ada orang. Lalu beberapa hari kemudian saya dapat konfirmasi dari pihak bank kalau cc saya kembali ke pihak bank dan saya di minta menghubungi ke pihak bank. Setelah saya menghubungi ke pihak bank dan minta di pindah alamat ke alamat kantor sampai saat ini cc BRI tersebut belum juga datang. Sudah berapa bulan belum datang juga. Saat di tanyakan ke pihak bank selalu diminta menunggu maksimal 20 hari kerja, hingga sekarang sudah berapa puluh hari kerja namun cc tersebut belum juga saya terima, agak kecewa juga dengan pelayanan bank BRI. Sementara sampai saat ini saya sudah menerima 3 kartu kredit dari yang berbeda, tapi kartu kredit dari bank BRI belum datang juga.
shabrina said…
Saya mau tanya saya sudah mengajukan cc tapi saya menyertakan alamat rumah di ktp tidak di alamat saya sekarang tinggal . Kalau utk nomor tlp saya menggunakan nmr kntor dan kalau cc dterima saya minta anter di alamat kantor juga .. Apa hal itu bisa ketahuan ya
Prabowo Murti said…
Selamat malam juga Bung Candra,

Terima kasih kembali Bung, semoga bisa terus bermanfaat. Apakah Bung Candra sudah diberi kontak perusahaan kurir kartu kredit BRI nya? Dulu saya sempat bermasalah juga dengan alamat, untuk kartu kredit BNI. Tapi karena diberi kontak / nomor telepon kurirnya langsung, jadi bisa janjian ketemu. Semoga berhasil Bung.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bu Shabrina,

Untuk alamat rumah saya pikir tidak masalah, dan Ibu sudah memberi tahu kalau sudah jadi kartu minta diantar ke kantor. Toh saya juga menggunakan alamat kos yang sekarang tidak saya tempati (sudah pindah).
candra said…
Belum mas, soalnya pihak Bri selalu berkata cc saya sedang proses penyerahan dari pihak bank ke pihak kurir. Jujur saya sudah tidak terlalu mengharapkan kartu itu karena sudah terlanjur kecewa juga dengan pelayanannya yang bertele tele. Cuman khawatir aja kalau sampai kartu tersebut disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Aji said…
Salam Kenal,

Saya sudah 2 (dua) kali apply kartu kredit Mandiri dan BNI,,,saya sudah ditelepon dengan ke dua bank tersebut. Kebetulan pada saat apply BNI saya berbarengan dengan Teman, setelah 2 minggu kemudian temen saya dikirimkan kartu kredit tetapi saya tidak, apakah permohonan saya ditolak ya,,,,kalau misalnya saya mengajukan kembali di Mandiri atau BNI apakah bisa
Prabowo Murti said…
Menurut saya tidak akan terjadi hal yang Bung Candra khawatirkan, karena selama tidak ada aktivasi kartu tidak akan bisa dipakai. Kalau memang masih bisa diurus, saran saya langsung saja ke kantor BRI terdekat Bung. Semoga berhasil.
Prabowo Murti said…
Salam kenal juga Bung Aji,

Bila memang benar-benar ditolak (apakah Bung sudah pastikan ini?), ada minimal batas waktu untuk pengajuan ulang, setahu saya normalnya bisa 3 bulan. Jika memang butuh, coba Bung Aji apply di bank lain. Semoga berhasil.
candra said…
Makasih mas untuk masakannya. Sukses selalu !!!
Permisi mas. ! :)

saya mau tanya, hehe. maaf sebelumnya kalau ganggu.
kalau untuk mahasiswa,
apakah bisa membuat kartu kredit BNI/Mandiri?
..
tapi mahasiswa ini punya bisnis, yaitu berjualan online. nah, kalau seperti ini apa bisa mas?

terima kasih.
Prabowo Murti said…
Halo Bung Firman, salam kenal

Pertanyaan pertama bukan bisa atau tidak, tetapi apakah benar-benar butuh atau tidak. Bisa dibaca di sini dulu http://muhajirin.net/islam/perlukah-memiliki-kartu-kredit/

Kalau memang butuh, syarat pertama harus memiliki penghasilan tetap dan pekerjaan yang jelas. Tapi untuk pengusaha atau freelancer, bisa dibaca-baca di komentar di atas, masih bisa kok. Salam dan semoga berhasil
Andhika Sarasono said…
Salam kenal mas Prabowo..

Saya apply CC BCA sekitar sebulan yang lalu melalui mas-mas/mba-mba yang suka menawarkan cc di depan ATM, saya tertarik dan langsung apply di tempat. Seminggu kemudian saat makan siang saya di telp oleh pihak bca untuk minta verifikasi data dan katanya nanti apabila ada telp mohon di angkat (hp harus selalu aktif). Keesokan harinya ada telp masuk ke saya 3x berturut2 tetapi tidak bisa saya angkat karena sedang ada meeting di kantor, saya curiga itu dari pihak BCA. Lalu besoknya pihak BCA telp ke kantor saya dan rumah saya di bandung untuk verifikasi data. Minggu depannya ada telp masuk ke hp saya 3x berturut dan lagi2 saya ga angkat karena sedang ada meeting. Dan sekarang sudah lewat 2 minggu tidak ada kabar apa2 dari pihak BCA. Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah ada kemungkinan cc saya di approve?
2. Apakah setiap cc di reject selalu ada konfirmasi dari pihak bank? Karena saya belum mendapat konfirmasi apapun baik approve maupun rejected,

Terima kasih.
Salam sukses
shabrina said…
Barusan pihak mandiri menghubungi saya mas .. Saya bisa menjawab semua pertanyaan dari mandiri tp yang alamat saudara tidak serumah itu yang gk bisa di jwab ..
Pada saat ditanya alamat saudara tidak serumah saya minta pihak mandiri menunggu sebentar ..
Dan saya menghubungi abang yang kebetulan alamatnya yang saya buat tp gk di angkt. Jd saya hanya blg alamatny yang setahu saya tidak lengkap .. Terus pihak mandiri blg .. Ok kalau gtu .. Ntar kalau kartu kreditnya uda jadi di kirim ke kantor .. Itu maksudnya cc saya diterima aja reject ya mas ?
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Andhika,

1. Kemungkinan besar tidak Bung. Kalau masih sabar, silakan tunggu saja dulu. Biasanya kalau BCA jika direject nanti ada SMS notifikasi.
2. Tidak selalu. Paling sering malah digantung, nggak jelas antara diterima apa direject.
Prabowo Murti said…
Saya kurang tahu Bu Shabrina, biasanya kalau memang baru pertama kali apply, prosesnya memang seperti itu. Saran saya ya sabar saja, kalau memang nanti direject apply di bank lain masih banyak yang mau terima. Semoga berhasil Bu.
iqbal said…
Mas mau tanya, udh 2 minggu lalu saya apply CC BCA. Lalu baru kemarin ditelpon verifikasinya..

yang saya tanyakan berdasarkan pengalaman mas, kira2 pemberitahuan TERIMA/TOLAK-nya rentang berapa hari ya?
Nanti diberitahukan via apa? SMS/TELP? Baik di tolak atau diterima dapat pemberitahuan kan?

Terima kasih mas.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Iqbal,

Sepengalaman saya, tidak selalu ada notifikasi dari BCA Bung. Saya 2 kali apply dan keduanya ditolak, yang pertama tidak ada notifikasi apa-apa. Yang kedua saya dikirimi SMS setelah kurang lebih seminggu.
Farah said…
Mas mau tanya2 donk... sy ditawarin kartu kredit nih dr bni... nah masalahnya sy pernah punya tunggakan dulu pake kartu kredit bni... tp dikarenakan ktp sy sdh ganti domisili jd didata bni saya dianggap tidak pernah memiliki kartu kredit bni... cuma sy khawatir aja klo nanti sy isi aplikasinya ternyata data black list sy kebuka lg... kacau kan... minta sarannya donk... karena memang lg perlu jg punya kartu kredit nih... tq
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bu Farah,

Apakah maksud Ibu, Ibu sudah pernah masuk dalam BI Checking? Kalau itu yang terjadi, saya juga tidak bisa memberi jawaban, karena belum pernah punya pengalaman serupa. Setahu saya nasabah yang sudah masuk BI checking akan sulit mendapat kemudahan terkait pinjaman/kredit atau produk perbankan. Mungkin pembaca lain ada yang bisa membantu?
soni said…
Saya sudah punya 2 kartu visa dan master dari mandiri minggu lalu saya mengajukan kenaikan limit untuk master dan di stujui naik 4 juta jadi total nya 20 jt banyak sekali marketing cc tlp nawarin cc ke saya saya coba aply tpi semuanya di tolak dan rejek .. Bca ,anz ,hasbc,uob,dan bni apa yg salah ya mungkin pemakaian kartu saya sering over dan pembayaran sering telat ya ...
Sandry said…
Awal bulan April sy ajukan aplikasi CC ke bank BCA. Persyaratan yg saya berikan Slip Gaji, Paspor, KTP & Kartu nama sy (Kartu nama perusahaan tempat bekerja).
Slip gaji tertera penghasilan tetap 10 juta/bln dan penghasilan tambahan 20 juta/bln lengkap dgn stempel perusahaan.
Tanggal 17 April kantor terima telpon dari BCA utk verifikasi data dan yg mengangkat telpon adalah direktur sy (OK).
Setelah itu sy terima telpon utk verifikasi (OK).
Lalu fixed line rumah terima telpon yg angkat orang tua (OK).
Terakhir keluarga tdk serumah terima telpon (OK).
Yang menjadi pertanyaan sy adalah didalam formulir alamat rumah menetap dgn alamat KTP/Paspor tdk sama karena dalam formulir sy isi dgn alamat menetap sekarang (Rumah orang tua di Bekasi) sementara alamat yg tertera di KTP/Paspor adalah alamat rumah sy yg tdk sy tempati (Tangerang).
Apakah aplikasi sy bisa Approved ? karena waktu itu sy ditanya bahwa nama sy lebih dari 20 huruf dan diminta nama apa yg akan dicantumkan dan sy juga ditanya utk kartu dan penagihan mau dikirim kemana kantor atau rumah.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Sandry,

Menurut saya tidak ada masalah. Soal nama itu perkara kecil, karena nama saya juga lebih dari 20 huruf. Ditunggu saja Bung.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Soni,

Menurut aturan Bank Indonesia, kepemilikan lebih dari 2 kartu kredit hanya untuk personal yang penghasilan per bulannya lebih dari sama dengan Rp 10 juta. Mungkin itu yang membuat aplikasi Bung ditolak? Tapi saya tidak tahu pasti.
febri said…
Bung,

Setelah apply hampir sebulan lalu hari ini dapat SMS dari BCA yg menyatakan "sudah disetujui".

Yang saya tanyakan ,
1. Kira2 pengiriman CC nya itu dalam berapa hari ya sampainya?
2. Apakah dikirim ke kantor atau tempat tinggal? Kemarin saya pas ditanya tagihan dikirim kemana saya jawab ke kantor aja
3. Apa harus ada tanda tangan(ketemu langsung dg saya) baru CC nya dikasihkan? kalo di kantor kan biasanya dititipkan resepsionis dulu.
4. Untuk mengetahui/mengecek proses pengiriman CC, misal apa sudah dikirimkan, atau masih di jalan dsb apa bisa melalui halo BCA ya?

Terima kasih bung jawabannya
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Febri,

Lama juga ya sebulan baru dapet notifikasi. Setelah ditelpon maksimal sih dulu saya 2 minggu. Kalau di kantor biasanya dititipin ke resepsionis, tapi ada juga yang mesti tanda tangan orang bersangkutan, tergantung kurir nya, Bung. Bung nanti akan dihubungi.
Christine K said…
Halo Mas Bowo!
Saya mbak Christine yang pernah berbagi pengalaman yang aduhai panjangnya.

Hahaha, mau sedikit update (pamer)
Singkat cerita kan yang terakhir saya ceritakan bahwa pengajuan KK saya ditolak berkali-kali oleh Mandiri, saya jadi ikutan jera.

Tanpa disangka, supervisor CS yg saya kenal membantu apply lagi yang katanya free approve. Ini saya beneran tidak tahu dan tidak berharap. Awalnya ditelepon verifikasi data yang masuk, saya melengkapi datanya semua. Kemudian 2 atau 3 minggu tidak ada kabar, saya pikir jambu. Rupanya suatu pagi sekitar pukul 8an, telepon rumah berdering dan langsung saya angkat. Verifikasi data kembali.

Saya anteng-anteng aja, nanti lah, 14 hari atau semingguan lagi saya cek. Itu ditelepon di hari Kamis, jumat paskah, sabtu-minggu libur. Senin atau selasa saya cek melalui internet banking, sudah ada aksesnya dan muncul jenis master platinum dari mandiri. saya sampai menelpon 14000 untuk memastikan jenisnya.

Ternyata pucuk dicinta ulam pun tiba, benar-benar tidak disangka, dan kitapun tidak tahu apa alasan yang valid dan pasti.
Terima kasih ya mas Bowo, terus semangatin calon-calon applicant KK! Nanti saya ikutan bagi2 tips juga, hehe
Andi Firman said…
malam mas,
saya kemarin tgl 22 april ditawari oleh sales karu kredit BCA, syarat yg diminta cuma KTP ama Kart ATM BCA, saya ditanya alamat, no hp dll.
ruko punya saya, saya ada usaha warnet.
5 hari kemudian ada yg nelpon dari BCA, untuk cross check data, saya jawab sesuai dengan yang di aplikasi...
setelah itu mereka bilang, tunggu aja sekitar 2 minggu lagi pak, aplikasi bapak sedang diproses.

saya mo tanyakan ama mas, kira2 aplikasi cc saya disetujui gak...
thanks...
Prabowo Murti said…
Halo Bu Christine, terima kasih sudah berkomentar.

Selamat atas diterimanya pengajuan kartu kredit Ibu. Semoga bisnis browniesnya makin lancar. :)
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Andi Firman,

Itu pun saya tidak bisa menjawab Bung. Cara terbaik memang menunggu hingga 2 minggu lagi.
Samuel Pakpahan said…
Wahhh bri emang gitu. Proses ribet.
Saya pernah mengalami keribetan cc bri.
Saya.sdh pny cc bri touch bulan juli 2013. Pd bulan desembwr saya ajukan.utk cc bri mastercard gold. Ditelp nya lama bangett.
Akhiny aku udah ga ngarep lagi.
Sebulan kemudian di telp utk verifikasi data.
Lama saya tgg dan penasaran, akhirny saya telp bri
Mreka blng klo cc bri saya yg gold sdh disejutui, dan dlm proses pengiriman.
Saya tgg sebulan, kartuny ga dtg2. Krn saya kesal, saya telp lg n tny, mreka tetapenjawab dlm proses pengiriman. Akhirny saya blng, saya cancel aja kartunya. Akhirny di cancel.
Eh, kemaren kartu cc mastergolny tiba2 dtg ke kantor saya.
Aneh banget nih bri,
Saya ajukan awal desember 2013, kartunya baru datang awal mei 2014
6 bulan bos
Parahhh
Kurniawan said…
Mau share lg nih kartu kredit visa platinum bni sudah di tangan siap digunakan, pertama kali punya kk platinum senangnya tanpa proses yang ribet , nah sekarang saya di hub lagi sama marketing anz yang dari jakarta buat ajukan kembali saya bilang kemarin kan udah di tolak mbak (saras namanya) belum 3 bulan ini, mbaknya bilang pemakaian kk bii sudah bagus jadi dia akan apply kembali, saya iyakan saja ga mengharap jg sich diterima atau ga...
tian said…
Saya mau ikur komen ni, saya pny 2 cc secara fisik, mandiri n bri, mandiri sy ditawarin cc sm marketing y n tanpa memberi data apa pun, verikasi jg cuma sekali ja dan sebulan kemudian dtg lah cc mandiri silver (krn sy minta yg silver) dgn limit d atas 10 jt - sy memang pny tabungan di sana. Kedua dr Bri, ajuin 2013 saat pameran indocomtec d jcc, cm lampirin ktp n cc dpn aja tanpa ada verufikasi apa pun sebulan the kemudian dtg lah cc bri touch k rmh saya dgn limit.sm dgn mandiri. Tp dgn bca sy tidak pernah lolos satu kli pun sampe enek n mls ajuin y..
johan said…
Sangat bagus artikelnya,
Nina said…
Ane sebenarnya lagi butu banget, tapi prosedurnya sepertinya ribet juga ya :)
Dennis said…
salam kenal pak prabowo,,
tgl 11april lalu saya coba ajukan KK BCA
dan tgl 25 april saya di telp dan analis bilang di kartunya mau dicetak nama lengkap atau disingkat,,
yg mau saya tanyakan :
1. apakah itu sdah disetujui atau tidak ?
2. dan sampai skarang saya blum mnerima kabar apapun dr bank BCA.,?
3. kira kira brapa lama mau di kasi kabar di approve atau ditolak ??
Louis setiyarini said…
Klo sdh di verifikasi data apakah berarti sdh lolos bi checking dan alply disetujui?? Dan brp lama Cc smp ditanan??
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Dennis,

Kalau sejak 25 April sudah ditelpon demikian, sepertinya bakal diapprove. Sebaiknya ditunggu saja, kalau sudah sebulan belum ada kabar mungkin kartu kredit tersebut sudah diantar tapi karena Bung tidak sedang berada di tempat jadi dikembalikan lagi ke pihak bank. Menurut sepengetahuan saya, bank akan menggunakan jasa perusahaan lain (kurir/pihak ketiga) untuk mengantarkan kartu kredit. Bisa jadi, kurirnya yang bermasalah.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bu Setiyarini,

Kalau baru ditelpon sekali belum pasti juga Bu, kalau saya di BNI, Mandiri, dan CIMB Niaga, prosesnya nggak lebih dari 2 minggu.
tian said…
Mau ikut menanggapi soal cc bca, saya baca di blog ini banyak yg bertanya bca, pengalaman saya membuat cc bca, yg pertama memang saya yg ajukan sewaktu masih jadi nasabah bca dan yang kedua saya yg ditawarkan oleh marketing yg ada di mal2 itu, saya juga sudah melewati tahap verifkasi dan pertanyaan nama di kartu mau dicetak nama lengkap atau singkatan tapi ya seperti itu, seperti menunggu cukup lama, akhirnya2 ada sms berbunnyi yang intinya adalah maaf saat ini kartu Anda belum dapat kamu setujui bla bla bla, makanya sampai saat ini saya sudah malas meski ada yg nelepon dari marketing bca yg mengatakan tanpa menyertakan dokumen apa pun untuk diproses krn sudah malas sekali, buang2 waktu..
Dennis said…
kalo bgitu apakah saya boleh langsung telp balik ke analis tersebut untuk menanyakan ttg kabar kartu kredit itu ??????
1 – 200 of 444 Newer Newest

Tulisan Terpopuler

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

Sebetulnya cara menggadaikan barang di pegadaian boleh dibilang lebih mudah daripada yang selama ini kita duga. Berikut saya ceritakan pengalaman saya menggadaikan emas (barang yang paling umum digadaikan di pegadaian) di Pegadaian Negeri Slipi Petamburan, Jakarta.
Mengapa memilih Pegadaian? Pegadaian adalah salah satu BUMN yang pernah mau masuk ke bursa saham. Pegadaian memang memiliki aset yang banyak, sehingga dulu Dahlan Iskan berencana membuat PT Pegadaian IPO. Ada banyak sekali barang "sekolahan" yang nggak ditebus sama pemiliknya. Karena nilai pinjaman selalu lebih rendah (atau minimal sama dengan) nilai taksiran barang, otomatis pegadaian jarang merugi.

Menurut saya, setidaknya ada 2 alasan utama mengapa orang lebih senang ke Pegadaian. Pertama, bunga yang ditawarkan Pegadaian lebih rendah daripada rentenir. Pegadaian juga lebih terpercaya karena merupakan perusahaan plat merah. Kedua, prosesnya relatif cepat untuk sekadar mengejar likuiditas. Hampir apa saja bisa di…

Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Beli Asuransi

Asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi investasi, dan berbagai macam model asuransi lainnya, semakin berkembang sejak tahun 1998 di negeri ini. Mengapa? Karena sejak peristiwa kerusuhan Mei, orang mulai sedikit cemas. Bagaimana mengamankan aset yang sudah diraih, atau memastikan apa yang akan dicapai dalam waktu sekian tahun mendatang? Pendidikan anak saya siapa yang jamin? Kalau mobil saya kenapa-kenapa, duit siapa buat bayar bengkel? Kalau saya satu-satunya tulang punggung keluarga dan mati kena serangan jantung/stroke, siapa yang ngasih makan istri dan anak?



Semua pertanyaan-pertanyaan yang solusinya tidak pasti, seolah-olah bisa dijawab dengan asuransi. Bukannya saya nggak seneng sama asuransi, tapi kalau pertanyaannya adalah "Apakah kita membutuhkan asuransi?" mungkin jawaban sebenarnya adalah "belum tentu". Contoh saja, kalau umur Anda 25 tahun, masih segar bugar, tidak punya tanggungan siapa-siapa (hidup sendiri alias masih single), agak mengherankan ap…

Syarat KPR BTN Syariah (Seri 1)

Syarat KPR BTN Syariah mirip dengan pengajuan KPR di Bank Syariah lainnya. Prosesnya pun relatif panjang, mulai dari kelengkapan berkas, proses wawancara hingga survey lokasi rumah. Mari kita bahas satu per satu.
Tentang KPR BTN Platinum iB Produk KPR di BTN Syariah pembiayaannya ada berbagai macam. Salah satunya adalah KPR BTN Platinum iB. KPR BTN Platinum iB adalah produk pembiayaan dalam rangka pembelian rumah, ruko, rukan, rusun, atau apartemen bagi nasabah perorangan dengan akad murabahah atau jual beli. Banyak sekali bank yang tidak lagi menalangi pembiayaan, dalam artian rumahnya belum berdiri tapi bank sudah bayar dulu ke developer. Ingat bahwa Bank bukan lembaga sosial dan harus ada untung. Jangan sampai bermunculan developer yang modal dengkul saja, membangun rumah dari uang nasabah dan uang bank.


Keuntungan KPR BTN iB Seperti bank syariah lain, cicilan dari pengembalian pinjaman akan terus tetap nilainya hingga akhir jangka waktu pembiayaan. Kalau sebulan sudah dipatok 1 ju…

Menaikkan Limit Kartu Kredit

Untuk menaikkan limit kartu kredit Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut meliputi syarat pengajuan kenaikan limit kartu kredit, dan trik hingga pengajuan kenaikan limit kartu kredit disetujui. Karena saya hanya pernah mengajukan kenaikan limit kartu kredit di 4 bank, yakni BNI, Mandiri, CIMB Niaga, dan UOB, maka saya tidak yakin apakah cara berikut ini juga berpengaruh diterapkan di bank lainnya. Apalagi bank-bank ternama yang bisa dengan mudah jual mahal, contohnya BCA. Jadi, artikel ini lebih ke pengalaman pribadi sahaja.


Menaikkan Limit kartu kredit Mandiri Kartu kredit Mandiri adalah kartu kredit pertama saya yang limitnya paling kecil. Kartu kredit ini saya khususkan untuk pembayaran online via Paypal, jadi total transaksi per bulan tidak terlalu besar, berkisar Rp 100 ribu - Rp 1 juta saja per bulan. Untuk mengajukan kenaikan credit card limit Mandiri, Anda tinggal mengisi formulir secara online di mandirikartukredit.com/pengkiniandata, atau email lang…