Pengalaman Membuat Kartu Kredit

Kalau ada pertanyaan, apa sih yang membuat aplikasi kartu kredit kita diterima atau ditolak oleh bank? Jawaban sebenarnya adalah, tidak ada yang tahu pasti. Katanya harus bekerja minimal setahun, katanya lagi minimal penghasilan harus sekian juta sebulan, katanya lagi mesti ada saldo terendap sekian rupiah di tabungan. Semua serba katanya dan katanya. Bahkan pegawai bank sendiri tidak bisa memberi Anda alasan bila aplikasi kartu kredit Anda ternyata REJECTED.

Kartu Kredit
Namun yang saya tahu, memang ada beberapa hal yang "memperkuat" kemungkinan aplikasi Anda diterima oleh Bank. Beberapa alasan tersebut adalah

Bukan tipikal nasabah yang bermasalah

Tahukah Anda bahwa sebetulnya data kita di Bank Indonesia memiliki rapor tersendiri. Katakan kita sudah terlanjur mencicil apartemen, dan tercatat beberapa kali menunggak atau telat bayar. Di mata Bank Indonesia, nilai kita sudah minus. Rapor tersebut dikenal dengan sebutan BI Checking, dan laporan ini bisa diakses oleh semua bank dan lembaga keuangan non-bank yang bisa masuk dalam SID atau Sistem Informasi Debitur. Kecuali kita mau kredit panci di abang-abang tukang kredit, jelas dia tak tahu kalau kita punya tunggakan kartu kredit 200 juta.

Identitas yang Jelas

Identitas yang jelas meliputi KTP, alamat jelas (rumah menetap), bekerja di mana (nama perusahaan, kontak atasan, posisi/jabatan, dll), termasuk keluarga yang tidak tinggal serumah. Jika rumah masih berstatus kontrak, usahakan ada nomer telepon fixed line yang sewaktu-waktu bisa dihubungi (akan penulis bahas kemudian). Ini adalah bagian dari guideline Bank Indonesia tentang "Know Your Customer" dan "Anti Money Laundering". Bukan apa-apa, banyak juga orang kaya hasil dari rejeki haram yang "mencuci" uangnya dengan cara-cara yang tidak benar, misalnya membeli emas, kredit rumah menggunakan nama pembantunya, dll (dibahas pada kesempatan lain).

Kelengkapan Dokumen

Selain KTP, dokumen yang biasanya diminta oleh sales kartu kredit adalah surat keterangan penghasilan atau slip gaji. Di dalam formulir pengajuan kepemilikan kartu kredit, terdapat pula informasi yang kita harus isi dengan lengkap seperti NPWP, nomer telepon rumah/kantor/keluarga tak serumah, alamat rumah dan kantor lengkap (harus sesuai dengan KTP), nomer rekening bank (bila mendaftar di bank tempat menabung), dan informasi kartu kredit yang sudah kita miliki (bila sudah punya). Jangan pernah memberikan informasi fiktif, karena orang bank pintar-pintar. :D

Lebih lengkapnya, saya ceritakan saja pengalaman membuat kartu kredit dari beberapa bank yang saya coba sejak tahun lalu.

Pengalaman membuat kartu kredit BCA

Pertama kali saya membuat kartu kredit BCA, saya tak punya rekening di BCA. Karena saya tak punya KTP Jakarta, akhirnya saya pun tidak berhasil membuat rekening di BCA. Jadi kesulitannya ganda. Saat saya tanya mengapa proses membuat rekening sedemikian sulit. "Soalnya jaman sekarang banyak penipu, Pak!" jawab teller bank BCA, tepat di depan muka saya. :D Namun dengan sedikit trik, akhirnya saya berhasil juga membuat rekening, dan langsung apply CC BCA sekalian. Dua hari kemudian, SMS dari BCA datang. "Terima kasih bla bla bla.. Namun mohon maaf, bla bla bla.. REJECTED". :-P

Pengalaman membuat kartu kredit BNI (1st attempt)

Saya langsung datang ke salah satu kantor cabang BNI. Dengan berstatus nasabah Taplus BISNIS yang saldo rata-rata di atas 10 juta perak, saya cukup pede aplikasi saya bakal di-approve. Nyatanya, melihat dandanan saya yang nyaris seperti gembel, Ibu kepala cabang memandang saya dengan tatapan hina, dan mengusir saya dengan "halus". Pekerjaan saya saat itu memang tidak sementereng karyawan swasta yang punya "ID Card" dan bekerja di "kantoran" (walau gaji sebenarnya tak seberapa). Ya sudah, saya anggap saya gagal bahkan sebelum mengisi formulir aplikasi kartu kredit. :D

Pengalaman membuat kartu kredit Mandiri

Kalau kata teman saya si Novan, "Elu apply CC kudunya jangan ngarep2 banget Bo. Makin ngarep, makin nggak dapet!" Waktu itu Bank Mandiri sedang ada promo free annual fee seumur hidup karena lagi ulang taon. Saya apply tanpa mengharap apa-apa, bersiap dengan kemungkinan direject lagi. Formulir dan dokumen saya isi seperti biasa. Selang 3 minggu kemudian, tiba-tiba tuh kartu kredit udah jadi aja. :D

Pengalaman membuat kartu kredit BNI (2nd attempt)

Ketika itu saya sedang mau ambil uang tunai di BNI Epicentrum Walk. Salah seorang sales CC menawari saya. Namanya Mas Rahmat. "Ogah, paling entar direject lagi Mas," saya jual mahal. "Wah, jangan gitu Pak. Hehe, Bapak kan pakai gold (maksudnya taplus bisnis --pen), pasti di-approve." Ah, ini dia! Akhirnya dia yang isikan formulir, fotokopi KTP, dan saya janji bakal kirim slip gaji via email keesokan harinya. Done. Tak sampai 2 minggu kemudian, saya ditelpon orang BNI kalau kartu saya sudah jadi. "Semudah itu, Mbak?" tanya saya nggak percaya. Bener apa kata si Novan. Hehe.

Kalau berpatokan pada "katanya" orang-orang, ini beberapa tips apply credit card.
  • Informasi yang jelas (KTP, alamat lengkap kantor, rumah, dll).
  • Jangan sampai tak ada yang mengangkat telpon saat pihak bank memverifikasi nomer fixed line Anda!
  • Sesuaikan penghasilan Anda dengan tipe kartu kredit. Kalau gaji pas-pasan sebaiknya apply silver (limit atau pagunya rendah) saja.
  • Salary ditransfer via transfer bank, jadi Anda tak perlu melakukan mark up pada surat penghasilan atau slip gaji.
  • Lama bekerja di tempat yang sekarang sebaiknya lebih dari setahun.
  • Jika Anda frustrasi dan tak kunjung di-approve, cobalah cara beberapa orang (termasuk freelancer yang tak berstatus karyawan, atau penghasilan tak tetap) yang membuat kartu kredit dengan jaminan. Dengan jaminan maksudnya, Anda diwajibkan mengendapkan dana yang sesuai dengan limit kartu kredit, katakan Rp 4 juta. Maka dana tersebut tak boleh diambil selama kartu kredit Anda aktif (namanya juga jaminan). Cara ini dulu bisa digunakan di BCA, tapi sekarang di Mandiri sepertinya juga bisa.
Selamat membuat kartu kredit, semoga berhasil. Jangan lupa, kalau sudah jadi, jangan maen asal gesek aja!!

I work as a web programmer. I like to read and write. If you have any question, feel free to submit a comment, or email me : prabowo.murti at gmail dot com. Have a nice day.

447 comments

«Oldest   ‹Older   401 – 447 of 447   Newer›   Newest»

Halo kakak. Saya seorang pengusaha dengan gaji 200.000 perhari, diperkirakan perbulan berkisar 5 jutaan. Kira2 bisa atau tidak untuk memiliki kartu kredit sedangkan syaratnya harus punya slipgaji. Kalo kita usaha kan kita ga ada slip gaji. Trus gimana dan minimal deposit brp disitunya? Mohon bantuannya kk

Halo Ana,

Terus terang saya juga belum tahu pasti soal CC untuk non-karyawan. Dalam syarat aplikasi kartu kredit, disebutkan untuk profesional/pengusaha bisa menggunakan SIUP, dan sekaligus menunjukkan rekening koran 3 bulan terakhir. Mungkin ada pembaca lain yang bisa membantu?

Plisss bantuin pengen banget bikin kartu kredit mandiri atau bni pliss bantu dongg

malam kang bowo, awal mula saya baca" comment dimari seru dari yang diapprove,direject dan hal teknis lainnya, singkat cerita jatuh hati jg sm kartu kredit sy apply cc bni dan alhamdulillahnya sy dikabari bagian keuangan kantor bahwa ada cc bni untuk pak adi,, whaatt: tanpa ada pemberitahuan approve tau" udh nongol ,malah kebalikan dari mba widdy mengajukan silver malah dapet gold visa :D dan untuk prosesnya mnrt sy termasuk cepat tidak sampe 1mingguan ada kynya. adapun sy ingin apply mandiri mnrt kang bowo pada bagian "kartu kredit yang anda miliki" diisis tidak ya mengingat cc bni saya masih termasuk newbi hehe? Terima kasih kang sukses sllu

Kalau pemakaian belum ada 30 hari (belum ada billing/tagihan), lebih baik dikosongkan saja, Bung. Tapi kalau sudah pernah ada billing, lebih baik diisi. Demikian, semoga bijak menggunakan kartu kredit. Salam.

nyimak ah
..lg nyeerbu bikin cc di berbagai bank juga neh..ke sesesekian kalinya..doain beruntung ya agan semua....

Saya apply kartu kredit bca, tp belum saya aktifkan. Apakah akan terkena biaya tahunan dan dll jika belum di aktifkan?

Alasan ane rela bela-belain bikin CC karena cuman buat nyewa Digital Ocean yang musti pake CC atau Paypal -_-! Thanks infonya suhu.

hati2 markup gaji.. pajak mulai mengincar...untung cc saya ditolak semua...kwkwkwk

Belum dikenai biaya tahunan bila kartu belum aktif.

Apriani Riyanti June 23, 2016 5:47 am

Bagus dan bermanfaat skali pencerahan dalam blog ini mas Prabowo..
Pengalaman saya buat CC Alhamdulillah di apply di CimbNiaga yg free iuran tahunannya..limit juga 8jt.dapet yg gold, sblmnya ditawari di Bank BNI krn gaji patrol disana, data2 saya sdh komplit pastinya tp tdk diacc..yah bener bgt buat CC gampang2 susah..tp Alhamdulillah dapet nya Cimbniaga atm byk di mana2..dan yg terpenting free iuran tahunannya..terimakasih mas bowo sdh berbagi info yg bermanfaat..

Mas prabowo, saya mau numpang tanya nih..
Kemarin pihak CC BCA saya menelepon saya untuk verifikasi data dll.. tapi saya dalam perjalanan dan kurang begitu konsentrasi.
Di telp dia menyebutkan "persetujuan diterima, kartu diantar kemana?"
Lalu saya jawab dengan lengkap.
Sekirannya, itu sudah di approve atau belum ya?
menurut comment yang lainnya, dapat sms verifikasi, kira2 setelah ditelp atau bagaimana ya?
Terima kasih

Apakah benar yang menelpon adalah nomor resmi / petugas bank BCA langsung? Jika iya, kemungkinan besar pengajuan aplikasi kartu kredit sudah diterima.

Salam Kenal Mas

Sebulan lalu, saya aplay ke BNI. Kira-kira seminggu kemudian, ada telp dengan kode area Surabaya (031) yang mengkonfirmasi data yang saya ajukan. Petugas itu juga menanyakan, kartu akan dikirim kemana? Kalau seperti itu, apa kira-kira pengajuan kartu kredit saya itu diterima ngak ya? kalau diterima biasanya butuh waktu berapa lama?

Trims Sebelumnya.

Kemungkinan besar diterima Bung. Semoga bermanfaat.

Mas saya mau tanya.
Saat proses Verifikasi data. yang pertama pihak bank menghubungi telp kantor tempat saya bekerja, Dijawab. yang kedua menghubungi saya sendiri, Saya jawab. Dan yang ketiga menghubungi keluarga yg tidak serumah, Tidak diangkat.
adakah kemungkinan kartu kredit saya disetujui?
Terimakasih sebelumnya mas.

Mas saya mau nanya saat transaksi terjadi kesalahan keterangannya eror remove card

Hi. Mau tanya. Ini pertama kali seumur hidup saya mengapply kartu kredit. Saya apply kartu kredit Mandiri visa Silver. Saya memasukkan formulir dan berkas nya kira kira dua minggu lalu dan hari ini saya dikirimi 2 kartu kredit yang tidak sesuai pilihan saya, tapi limit dan benefit nya lebih tinggi yakni visa platinum dan fengshui card.sampai sekarang, saya belum mengaktifkan keduanya. Yang ingin saya tanyakan, bisakah saya kembali ke Bank dan meminta agar kartu kredit saya ditukar saja dengan yang sesuai dengan yang saya minta? Alasan saya adalah karena saya hanya "ikhlas" membayar biaya tahunan untuk visa Silver... Pertanyaan kedua, pada waktu bertanya jawab dengan cs dan sales nya, saya diinformasikan bahwa sedang ada promosi gratis iuran tahunan selama 2 tahun. Tetapi di buku panduan dan brosur benefit yang terkirim bersama 2 kartu kredit diatas tetap tertulis iuran tahunan sebesar Rp. 600.000.Apakah informasi bahwa sedang ada promosi gratis iuran tahunan itu bisa dipercaya? Ketiga, apakah ada kemungkinan bahwa saya di tipu, baik oleh pihak Bank sebagai institusi maupun oleh Sales kartu kredit nya? Keempat, saya membaca komentar diatas, apakah benar bahwa karena kartu itu attached dengan nama saya, maka pada suatu waktu pasti akan teraktifasi secara otomatis? Mohon share nya. Terima kasih.

Berdasarkan pengalaman sy sih. Jika di infokan ada bebas iuran tahunan selama 2 tahun mmg benar adanya. Nnt setelah 2 tahun selesai promo, mas baru di tagih iuran tahunannya. Jika di downgrade sy ngak yakin bisa apalagi kartu yg baru blum diaktifin dan digunakan sama sekali. Kemungkinan di daftarin lg yg baru trus tutup yg lama. Tp tdk ada salahnya di tanyakan lgsg k banknya untuk lebih jelas. Untuk penipuan dr bank dan salesnya sih, sy blum pernah alamin. Kartu hanya bisa diaktifin oleh mas sendiri. Ngak bisa otomatis kecuali ada info dr bank sebelumnya. Semoga sedikit membantu.

Terimakasih ya

hehehhe, btl2 g usah berharap,biasax klo app d aply 3 hr ato plng lambat 1 mnggu dtelp, gw udh pernh d rejek danamon, alasanx krena saldo doang...krng ajer memang wwwkkkk, bca udh telp katax tgl wait d telp analis...smoga saja,bni udah telp...tp apes HRD g angkat telp...coz lg ke WC, mang ni HRD krng asem hehehhe, cb aja d bank laen, tp ht2 sama mega coz mereka terkenal agak asal2 dlm CC.

seharusnya pak, CC di aktifkan saja, di pake saja buat makan sekeluarga, g usah takut, nnti passetahun d ttp saja klo g suka, kenapa ada tagihan biaya tahunan, krena bapak secara otomatis d hit udah terima kartu, mau aktif ato g itu urusan bapak, dr phk bank tdk mau tau alasan kita, memang jd pelajaran sich, sebaiknya klo kej bgtu, pake saja, kan kita biar jd korban, tp yah lmyan kan..tdk smua orang bisa lolos CC, mang udh apes buat kita....coz CC yg d krm ke kita, itu ada biaya kurir...sama ada biaya pembuatan...byr gaji analis . so ht kedepan...mari gesek kartu yg nyasar itu hehehehehehhe

selamat pagi pak prabowo...mau nanya..ceritax nih sy mau buat KK tp bingung..di kantor sy itu blm memiliki tlp untuk pihak bank bisa hubungi maklum kantor baru..ini gimana nih..trimz infox :)

bisakah saya kembali ke Bank dan meminta agar kartu kredit saya ditukar saja dengan yang sesuai dengan yang saya minta?
Seharusnya bisa Pak


Seharusnya bisa



Apakah informasi bahwa sedang ada promosi gratis iuran tahunan itu bisa dipercaya?

Biasanya hanya sekadar bait dari sales. Informasi resmi tetap dari bank bersangkutan.



apakah ada kemungkinan bahwa saya di tipu, baik oleh pihak Bank sebagai institusi maupun oleh Sales kartu kredit nya

Kalau ditipu mentah-mentah insya Allah tidak, tapi biasanya mis-informasi disediakan oleh sales. Karena sales CC menggunakan banyak cara untuk menggaet nasabah kartu kredit.



apakah benar bahwa karena kartu itu attached dengan nama saya, maka pada suatu waktu pasti akan teraktifasi secara otomatis?

Yang saya tahu aktivasi kartu hanya bisa dilakukan bila kartu digesek/ digunakan. Kalau kasus di atas, saya kurang paham Pak.

mas sy ga sengaja ditwrin uk apply cc bank bca, awalnya sy tdk mau krn sy juga blm lama pegang cc bank lain. kedua kalinya dia tawrin sy apply cuma diminta ktp sm npwp aj...sy sudah dtlp 2 kali dr bank bca,yg pertama untuk klrifikasi data,kedua untuk klrifikasi data sekligus nama yg akan dctak di cc dan jnis cc nya mau apa, dia bilng tgu 7-10 kerja lgi uk analis ny tlp lgi (haha :D lama) ,memang bnyak step yg seperti itu ya mas?kmungkinan approvednya gmna ya?soalnya sy jrg taruh saldo mengendap di bank bca saya..hemm :( sy juga males ngarepnya sii, cuman ambil kmudhannya aj kalo cc nya smp diapprove. trmksih.

Bimo febriyanto March 10, 2017 3:01 am

Mas mau tanya usia berpengaruh buat bikin jadi reject si app gak si? Umur saya 20th saya sudah 3th bekerja disalah satu maskapai penghasilan lumayan ..saya udah aplly di mandiri sekali tapi belum ada konfirmasi 3 minggu saya aplly lagi dan saya tanya penyebabnya apa..petugas bank kota tinggal saya umur mas kan baru 20th minimal 21th mas,tapi pihak bank tempat asal saya bilang gak pengaruh kalo umur mas yang penting ada slip gaji NPWP dan KTP.. Mohon pencerahannya mas??

Setahu sy memang batas usia minimum pemegang kartu kredit (kartu utama) 21 tahun mas bro. Kalau kartu tambahan 17 tahun. Semoga membantu

min kira2 kalau gak punya NPWP Masih tetap bisa gak ya untuk aplly CC ..?thx

UPI YANI DITA ARLINDA March 16, 2017 6:26 am

Mas mau tanya ? Sy baru mengetahui pengajuan k kredit sy ditolak sblm sy membuka rekening 29jt dibank yg sy pilih. Rasanya ingin menutup rekenig sy . Sy ingin sekali punya k kredit. Tp sy bekerja di perusahaan kecil milik sy pribadi.sy tdk memiliki siup/selip gaji apakah memang tdk pernah bisa bagi sy memiliki k kredit.
.

"Nyatanya, melihat dandanan saya yang nyaris seperti gembel, Ibu kepala cabang memandang saya dengan tatapan hina, dan mengusir saya dengan “halus”."

Hahaha. saya banget nih, dandanan gembel abis, pernah coba dandanan exmud semua branded tapi ngga nyaman. Secara saya freelance pake baju bolong2 juga ngga perduli.

Teman saya dandanan lebih gembel dari saya tapi penghasilan lebih besar, waktu kami ke bank, orang2 menatap aneh, teman saya pecinta sendal jepit sejati, jam tangan 10jt, sendal jepit 10rb. hahaha.

Alhasil waktu dulu iseng nanya ke marketing CC di kantor tersebut, si mbak marketing malah lihat dari kepala ke bawah dan tertawa, terus nanya "Pekerjaan bapak apa?" dengan nada menghina, teman saya yang sableng jawab "Saya gembel pengangguran ngga kerja kantoran", si marketing akhirnya pergi. Padahal sebenarnya penghasilan teman saya freelance website per bulan 50-80jt, yang kenyataannya itu gaji marketing CC setahun!

Tapi ngga lama dia ditelepon dan ditawarkan CC dijamin approve melihat perputaran uang yang bagus dengan limit 28jt.

Kalau saya sudah malas datang ke kantor bank dihina2, jadi dulu saya mengajukan via online, ngga lama petugas datang meminta FC dokumen, dan 2 minggu kemudian saya dapat CC limit 15jt.

Masih kesal saya orang merendahkan freelancer dan meng-agung agungkan pegawai kantoran berdasi, rambut klimis, yang gajinya kalau di bandung cuma 3jt.

Saran aja bagi freelancer dan yang dandanan gembel, apply CC di bagian CS yang duduk, jangan di sales yang nunggu diluar, karena kalau di CS kita sekalian print buku tabungan juga kan, jadi saldo bisa terlihat, ngga akan dihina2. malah terakhir kali mau ganti kartu ATM, si mbak-nya kaget gitu, mungkin melihat saya seperti gembel, katanya "Wah bapak ngga nyangka saya saldonya, maaf kalau boleh tahu kerjanya apa?", saya jawab seperti teman saya bilang, "Saya pengangguran, lihat aja dandanan seperti gembel"..hahaha

Ass... mas bowo ? Sy mnt pecerahan dong, kbtln sy ada rencana mau bkn cc di dr BCA, dmn bank/bca tersebut tempat bernaung sy kredit mobil dlm arti sy RO KKB BCA dan RO BCA FINANCE, untk cicilan lancar jaya dan alhmdllh gada masalah ? Pertanyaan sy apakah pengajuan cc bisa di setujui atau tdk, kira" berapa persen sy harus berharap... mksh

Wa'alaykumsalaam warohmatullah. Kalau melihat dari beberapa komentar pembaca lain, BCA memang agak sulit Bung.

Salam kenal mas Prabowo
Saya mau tanya neh, kalo mau apply cc baiknya alamat sesuai Ktp apa yg sekarang. Sedang sekarang saya tinggal di jakarta.
Ktp saya Tangerang
Mohon pencerahanya
Trmkasih

Nanti ada field untuk alamat sesuai KTP, dan ada alamat domisili Bung.

Ok mksh atas keteranganya mas prabowo
Salam sukses

Sobiis Bin Darji May 31, 2017 6:35 am

Mas,salam kenal,menurut mas CC bank BUMN dan bank asing yg terbaik itu dari bank mana?

Salam kenal mas ..
saya dapat telp dari BCA, mereka menawari saya untuk buat CC BCA, lalu saya oke dan ada org dari BCA yg datang ke kantor untuk minta data saya, saya cuma perlu mengisi form dan memberikan KTP dan NPWP saja. lalu saya tanya kira-kira apakah langsung di acc? dan info dari org bca tsb biasanya jika nasabah yg ditawari dari CC dari pihak BCA via telp kemungkinan besar di acc karena dari pihak BCA melihat bahwa transaksi nya bagus. tapi sampai skrg CC saya belum ada kepastian, lalu saya juga belum di telp dari BCA nya nih, sudah 11 hari kerja, menurut mas apakah CC saya ga di acc yah?

"Pihak BCA" yang dimaksud apakah memang benar karyawan bank atau sekadar sales kartu kredit? Ditunggu saja Bu, tapi jangan terlalu berharap

Komentar dari Heru R Dasra, tanggal 16 November 2014

Hi mas Bowo, seru juga nih pembahasan CC nya.

Kalau saya punya pengalaman pahit khususnya dengan BCA. GA PERNAH APPROVE. hahaha.

Sebelumnya 6 tahun lalu saya kerja di leasing dengan gaji UMR dan tunjangan menjadi 2juta. Dan sudah 2 tahun bekerja. Waktu itu marketing CC Citibank dtg ke kantor dan banyak yang mau apply. Singkat cerita saya berhasil dapat CC Citibank Choice (yg plg rendah bunganya namun minim fasilitas) dengan limit 3 juta. Senengnyaa... Bisa beli HP Nokia E63 waktu itu jd cicilan. Hehe..

1 tahun berlalu, masih bekerja di tempat yang sama. Dan masih ngekos di tempat yang sama (rumah ibu kos nya ada telp rumah, dan saya sudah dianggap sodara krn cuma sendiri kos disana). Saya ditawari waktu jalan2 di mall oleh marketing Mandiri. Saya tertarik untuk apply Everydaycard. Saya hanya perlu memberikan copy CC Citibank saya. Dan singkat cerita saya di approve Mandiri dengan limit 5 juta.
Sebelumnya saya sudah jadi nasabah bank mandiri sejak tahun 2001 dan sering menggunakan internet bankinh untuk bertransaksi, walau saldo mengendap minimum setiap bulan.

Saya sudah senang dengan 2 kartu ini. Krn Citibank Visa dan Mandiri Mastercard. Jadi apapun promo nya bisa saya pakai salah satunya.

Berberapa tahun kemudian saya sering ajukan naik limit. Jadilah Citibank limit 6.5jt dan Mandiri 10jt. Dengan pemakaian sering dan pembayaran ga pakai minimum. Lunas setiap tagihan. Karena saya pakai cicilan tetap 0% untuk setiap transaksi.

Kemudian saya pindah pekerjaan ke salah satu Bank BUMN (yg kebetulan ga terlalu gencar promo CC nya) dan otomatis penghasilan meningkat.

Sewaktu pendidikan di Jakarta, saya sering main di GI dan ditawari CC BCA dengan syarat fotocopy CC Mandiri saja. Dan menyusulkan Slip gaji dan SPT tahunan. Hasilnya REJECT.

SEtelah balik ke Kota Pekanbaru. Beberapa bulan kemudian main di mall ditawari lagi sama marketing BCA. Katanya BCA lagi promo, pasti disetujui. Syarat nya sama. Dan beberapa minggu kemudian REJECT. (Ga Ada Kabar)

Tahun berikutnya, pendidikan lagi di Jakarta dan kena tangkap lagi sama marketing BCA. Dah nolak2 karena males di Reject sama BCA namun akhirnya luluh juga dengan syarat seperti yg diatas. Kali ini pakai 2 kartu Citi dan Mandiri. Dan 2 minggu kemudian dapat SMS dari BCA (tumben pakai sms) kalau saya...... Di....... REJECT. Hahahaha

Udah ah saya juluki deh si BCA selain Bank Cape Antri, sebagai Bank Cape Apply. Haha.

Dan lucunya waktu mlongo2 di XXI saya di hampiri mbak2 marketing BCA, nawarin CC lagi. Kali ini saya bener2 dah ga horny lagi sama BCA. Dah Ilfeeel banget. Saya bilang aja sama si mba, saya ga akan apply mba, cape2in mba aja nanti juga Reject. Dan dengan bego nya si mba nya bilang "umur nya belum cukup kali mas?" hahahaha.... Emang umur minimal berapa mbak? "21 tahun" katanya. Dalam hati seneng banget krn masih imut keliatan sama si mbak nya. Hahaha. Tapi tetep ga jadi apply BCA nya.

Dah 3 tahun kerja di Bank dengan BI Checking lancar. Punya hutang KPR di bank sendiri dan satu Pembiayaan Konsumtif. Saya rasa sudah cukup dengan 2 CC tadi. Namun apa di kata.

Tiba2 ditelfon sama marketing Standard Chartered (bukan dari Kantor Pusat) kalau dia dapat data saya dari AKKI (Asosiasi Kartu Kredit Indonesia). Pertama2 saya kaget, kok bisa data saya dijualbelikan seperti itu. Tp gpp lah saya coba aja dulu. Dia menawarkan limit 2x dari CC yang ada saat ino. Jadi bisa sampai dengan limit 20 juta (krn saya melampirkan data CC mandiri limit 10juta). Singkat cerita saya di approve StandChart dengan limit hanya 11juta. Dan kartu yang diberikan SC Titanium Mastercard. Padahal saya sudah minta di applykan Visa Gold. Krn saya lihat lebih banyak manfaat nya, dan Visa lebih sering promo di situs belanja kesukaan saya Elevenia hehe. Tapi ya sudah jadi dan sudah diterima gpp lah. Dan enaknya CC Titanium ini ada cashback pembelanjaan. Dan kebetulan pembelanjaan saya pada tagihan pertama lumayan besar, cashback pertama nya kan promo s/d 20%. Lumayan dapat

Lanjutan komentar dari Heru R Dasra

cashback 200ribu. Hahaha.

Dah tiga nih CC saya. 2 MASTER dan 1 VISA.

Udah puas deh, belanja2 di Malaysia (sering melancong ke seberang krn promo tiket gratis minimal 2 kali setahun).

Karena sering bolak balik malaysia saya dulu bikin Tabungan Air Asia Savers CIMB Niaga. Karena di Malay, Thai ada CIMB bank, jadi narik tunai gampang tanpa biaya. Dan kebetulan saya sering belanja di Lazada, jadi sering pakai akun tabungan ini untuk CimbClicks nya. Walaupun akhir2 nya saldo teteeeeep,,,, Minimum. Hehe

Kebetulan ada dana yang saya depositokan 50juta di Niaga karena Bunga nya lumayan besar. Sudah 5 bulan saya depositokan di sana.

Tiba2 2 minggu kemaren, saya ditelpon CIMB NIAGA dan diberikan prioritas / dibuatkan CC AirAsia Visa PLATINUM tanpa persyaratan dokumen. jadi bukan ditawari apply lagi, tapi sudah pasti akan dikirimkan dalam jangka waktu 2 minggu. Nanti akan dikirimkan 2 kartu, 1 Visa Platinum Airasia dan 1 Mastercard Clasic (free annual fee). Mengenai limit akan dihubungi sama analis nya atau kalau tidak dihubungi tinggal terima saja limit yg tercetak nanti. Duh senangnya, dapat kartu Platinum. Haha. Padahal sehari sebelum ditelpon, saya ke cabang CIMB Niaga krn ATM saya ketelan. Dan nanya2 di CS, tapi saya ga begitu dilayani hanya disuruh bawa brosur aplikasi. Hahaha.

Sembari menunggu kartu nya diterima, saya ditawari teman yg jadi marketing CC BNI untuk buat CC. Dia menawarkan akan "membuatkan" data markup dengan photoshop. Ya udah deh,bantu2 teman juga kan kalau dia berhasil selling. Hehe. Saya minta PLATINUM, karena sudah pede dengan prediket Platinum CIMB Niaga saya. Syukur2 diterima. Kalau ngga juga gpp deh. Sudah 4 kartu kredit, nanti kerepotan.

Tapi pengen juga dapat PLATINUM BNI karena fasilitas Airport Lounge nya. Karena CIMB Platinum ngga cukup "Elite" untuk bisa gratis Airport Lounge nya. Harus pakai poin, sedangkan BNI masih cukup bertaji Platinum nya untuk bisa gratisan Airport Lounge nya. Karena sekarang diatas Platinum sudah ada 2-3 tingkat lagi yang lebih bergengsi yaitu, Prioritas, World, Infinite. Hadeeeh Platinum dah serasa Gold deh sekarang. Hahaha

Jadi kesimpulan saya dari pengalaman 7 tahun berCC ria.
1. Coba apply kartu CC Swasta (kecuali BCA yaa..) dulu dengan limit standar.
2. Pakai dan buat rekam jejak pembayaran yang bagus (BI Checking Lancar).
3. Minta naik limit secara berkala, dengan catatan pada saat pengajuan naik limit, lunasi semua hutang anda.
4. Rajin lah menabung/bertransaksi di Bank yang akan di apply. Khususnya transaksi Online.
5. Kalau ada duit nganggur, simpan di Bank target anda.
6. Pilih CC yang sesuai gaya hidup dan yang paling penting sesuai dengan kemampuan. Hehe.

Dan setelah saya baca2 pengalaman teman2 diatas, saya akan coba buka Deposito BCA dan Tabungan nya. Mudah2an dapat CC nya. Hehe. Karena BCA yang paling gila diskon nya kalau beli HP. Kan lumayan buat dibeli dan dijual lagi.

Sekian mas... Maaf kepanjangan.

Komentar dari Christine K, tanggal 10 Ooktober 2013

Halo mas bowo,
saya juga mau sharing sedikit nih mengenai aplikasi CC saya

yang paling penting di garis bawahi adalah setiap bank pasti menilai besarnya pemasukan nasabah atau calon nasabah utk bisa approve aplikasi kredit dalam bentuk apapun

saya sebelumnya bekerja di salah satu industri perhotelan, sebagai reception, kebayang dong gajinya berapa doang (mohon maaf bukan tidak bersyukur). awalnya saya anti kartu kredit, karena dalam mind set orang awan kartu kredit adalah kartu hutang. saya tidak suka berhutang jadi saya tidak pernah melirik. sampai suatu saat saya menambah keingintahuan saya dan mempelajari mengenai kartu kredit. ternyata dengan pengetahuan yg tepat dan niat yg baik tentunya, kartu kredit bisa menjadi sangat sangat bermanfaat, utk sy tentunya diskon2 dan promo2 yg d tawarkan merchant.
karena payroll saya melalui mandiri, akhirnya tujuan pertama saya adalah bank mandiri, dengan kelengkapan slip gaji dan ktp saya mencoba aplikasi untuk everyday card. karena kompleks perumahan saya belum dipasangi telkom, akhirnya saya menggunakan esia dan memasukkan nomer telepon camer *ehem* sebagai referensi keluarga dekat tidak serumah.
malang nian, ternyata di telepon kesana oleh pembantunya dijawab tidak tahu dan disuruh menunggu sang majikan pulang untuk menelpon kembali.
karena tidak dapat jawaban lama dari pihak mandiri akhirnya saya menelpon ke 14000, dan dijawab tidak dapat disetujui dengan alasan yang tidak bisa disebutkan, perlu calon applicant mengetahui utk bank ini, ketika kita mengisi form aplikasi, maka ada persetujuan bahwa jika pihak bank menolak maka pihak bank berhak tidak memberikan alasan kepada calon applicant nya, jadi sebelum ada yang marah2 atau kesal, yah kita sudah menandatangani persetujuan tersebut.

kedua, saya mencoba bank bca melalui sales marketing yang terdapat di salah satu mall, sepengetahuan saya, jika melalui jalur ini, maka akan lebih mudah disetujui daripada kita yang ke customer service seperti yang saya lakukan sebelumnya. dengan data diri seadanya, saya tidak mendapatkan keberuntungan seperti sebelumnya.

akhirnya saya mendengar bahwa pada bank bca, dengan lock deposit atau jaminan sebesar 3 juta rupiah selama masa 1 tahun pemakaian, maka CC pasti akan di approve. saya mengikuti arahan tersebut dan memang benar, kartu utama dan tambahan saya dikirim ke alamat rumah saya. awalnya saya mengajukan VISA, ternyata oleh bagian pengecekan disebutkan bahwa harus mengajukan BCA CARD sebagai kartu utama dan VISA sebagai tambahan. saya mengiyakan, dalam hati saya merasa, mgkn bank bca sedang menggalakkan chip mereka sndiri, yaitu BCA CARD, agar tidak kalah dengan MASTER dan VISA.

dengan kepedean tingkat tinggi karena sudah memegang kartu kredit, maka saya coba lagi apply CC bank pertama, kali ini melalui sales yg saya cari di kaskus, ternyata reject juga

saya list out alasan nya kemungkinan saya selalu d reject bank Mandiri:
1. Penghasilannya tidak memadai untuk memiliki CC kedua
2. Belum bekerja setahun penuh di perusahaan tersebut
3. Fixed Line yang tidak telkom atau tidak diangkat

akhirnya saya pindah pekerjaan dengan slip gaji yg nominalnya lebih besar, kualitas kredit saya d bank bca lancar, bahkan setiap bulannya saya menggesek bisa 2x lipat limit saya, artinya saya berbelanja senilai limit, bayar sampai habis dan kemudian berbelanja lagi, hehehe. saya memiliki penghasilan tambahan dari ortu makanya kepedean.
memegang kenyataan ini, saya pede jika bagian analis CC Mandiri bisa melihat record BCA saya, maka pasti akan approved.

salah besar, saya mencoba apply ke bank mandiri melalui cs kenalan dan pengiriman melalui pos untuk mendapatkan annual free for life, hampir pada waktu yg bersamaan, ternyata reject lg.
okey, mgkn karena saya apply pada saat yg bersamaan, maka saya berikan waktu tenggang lebih dari 6 bulan sebelum mencoba apply lagi.

bulan lalu saya ajukan lg melalui cs kenalan, semuanya lengkap selengkap lengkapnya, fixed line rumah dan saudara ber

Lanjutan komentar dari Christine K

semuanya lengkap selengkap lengkapnya, fixed line rumah dan saudara beres, kantor apalagi, slip gaji kedip kedip dengan akunting utk mark up.
saya dengan pede mengajukan skyz card. hasilnya??
NOL besar, hahaha, pasti bingung kenapa bukan?
apalagi saya, saya memikirkan kemungkinan karena di tabungan tidak ada transaksi seperti dana di slip gaji? tentu saja saya memiliki tabungan bank lain yg menjadi penunjang transfer gaji setiap bulan kan. fixed line di rumah juga saya yang mengangkat, kebtulan mba nya berkata bahwa dia tidak bisa menguhubungi kantor, saya jawab mgkn sedang gangguan, tp boleh dicoba lagi. tapi tidak terpikir untuk mengulang nomer kantor manatau terjadi salah penulisan di form. karena pada kenyataannya telepon kantor baik2 saja, saya tau karena setelah ditelepon dirumah, saya menelpon langsung kekantor. saya menanyakan saudara ternyata juga tidak ditelepon katanya dia menunggu lumayan lama setelah saya ditelepon.

saya menelpon 14000 dua hari yg lalu, dan mereka menjawab belum dapat disetujui, tntu saja saya tidak menanyakan alasannya, karena saya tau tidak akan dijawab. ternyata aplikasi yg saya ajukan tanggal 17, saya ditelepon tanggal 19 dan tanggal 20 keluar hasilnya bahwa ditolak. ternyata prosesnya sangat cepat, hanya saya naifnya memberikan waktu 2 minggu dan mengira ultah mandiri membuat mereka sibuk.

hahaha, pasti pada bingung kenapa saya kekeuh mau CC Mandiri, dan utk apa punya CC banyak2, tapi yah namanya keinginan dan kepedean, pada dasarnya saya tertarik dengan promo2 CC Mandiri juga motif2 pada kartu everyday card dan skyz nya. untuk sementara saya akan setia dengan BCA saja karena cukup beat up oleh pengajuan kepada bank Mandiri, mgkn tahun tahun kedepan akan saya coba lagi. tentu saja dengan ilmu bela diri yang matang agar bisa d approve

sekian

Halo, mas prabowo murti
Ijinkan saya numpang lewat.
Perkenalkan saya marketing kartu kredit MNC Bank ingin menawarkan kepada pengunjung disini.
Syaratnya cukup mudah : ktp, npwp, CC bank lain.
More info: 087784860440

Halo, mas prabowo murti
Ijinkan saya numpang lewat.
Perkenalkan saya marketing kartu kredit MNC Bank ingin menawarkan kepada pengunjung disini.
Syaratnya cukup mudah : ktp, npwp, CC bank lain.
More info: 087784860440

Pagi smua

Saya mau tanya disini siapa yg mau bantuin saya bkin kartu kredit yssayausah bngt maunya bkinnya ???
Sya gk punya rumah(ngontrak) npwp gk punya
Yg bsa bantu tolongin dong invit pin bb sy 5b53d517

Mas prabowo,, saya mau tanya, belum lama saya di telpon sama bank mandiri katanya konfirmasih pengiriman kartu kredit, dia tanya masalah alamat saya, terangin jenis kartu yg di dapat trus konfir tgl lahir dn ibu kandung sama tlp darurat, katanya kartu anda akan dikirim 14 kerja,
Saya bingun, pernah memang saya ngajuin kartu kredit sekitar 2 tahun lalu, tpi di reject, nah ini malah dapat tlpon konfirmasih pengiriman kartu kredit, memang gajian saya kantor lewat bang mandiri.
Pertanyaan saya, apa benar kalau tlpon dri mandiri konfirmasih pengiriman kartu tersebut benar benar di acc CC saya.

Menurut saya itu dari sales kartu kredit saja, belum tentu diterima juga, tapi ditunggu saja Bung. Semoga mendapatkan yang terbaik.

«Oldest   ‹Older   401 – 447 of 447   Newer›   Newest»

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih