SimCity 5 : Game Untuk Melatih Skill Manajerial

Beberapa hari lalu penulis baru saja membeli game besutan Electronic Arts : SimCity 5 yang dibanderol di harga IDR 59,99 atau sekitar Rp 670ribu dengan kurs rupiah saat ini saat penulis beli. Dari mulai Sim City 3000 (saat penulis masih SMA), penulis sudah mulai menikmati game simulasi seperti ini. Tentu saat itu dengan kemampuan PC yang ala kadarnya sahaja, dengan kualitas grafik yang cenderung hanya kotak-kotak.

Oya, tentu dulu penulis pun masih menggunakan versi bajakannya, mulai dari Windows 98 hingga gamesnya (dulu masih diusung oleh Maxis, seingat penulis belum merger dengan EA).

Sim City 5 Deluxe Edition

Yang berbeda dan menarik dari Sim City 5 dibandingkan dengan Sim City versi sebelumnya adalah engine gamenya. Dikabarkan, engine di Sim City 5 (yang namanya GlassBox) memberikan efek "realita" yang lebih baik. Semua penjelasan mengenai game engine GlassBox dapat dilihat langsung di blog / situs Sim City. Sebagai contoh, saat ini kita tidak usah manual membuat saluran air, listrik, dll, karena semua area yang tercover oleh jalan raya, maka otomatis juga tercover oleh air dan listrik (bila resource mencukupi tentu saja).

Perbedaan versi Deluxe dan Biasa

Yang penulis beli adalah versi Deluxe alias versi yang lebih mahal sekitar $20. Versi Deluxe memiliki kelebihan fitur seperti Heroes (penting bagi penulis, karena penulis akan membuat kota di mana tidak ada polisi. We don't need cops, we need heroes) dan Villains, serta beberapa tambahan set kota yang mirip dengan kota-kota besar dunia (di Eropa pada umumnya). Tentu Anda harus sudah memiliki kartu kredit untuk bisa membeli game ini dari Origin (semacam "marketplace" game-game milik EA).

Dulu harga Sim City 5 saat pertama kali diluncurkan adalah $79,99. Namun mungkin karena banyak yang protes dengan berbagai macam kekurangan game ini (seperti server yang sering down, data hilang, dsb), maka harganya sudah turun alias diskon $20. Versi Deluxe Edition tidak memilik PC Physical jadi kita harus mendownload game tersebut setelah melakukan pemesanan. Besarnya kira-kira 5GB.

Game Simulasi dan Skill Manajerial

Yang menarik adalah game model simulasi seperti ini sebenarnya mengajarkan kita untuk menjadi manager yang handal. Game simulasi mengajarkan kita agar punya skill manajerial yang oke. Cara kita mengarahkan kota (entah menjadi kota industri, perdagangan, elektronik, pengolah sumber daya alam, pariwisata, dll) lebih kurang menggambarkan cara kita mengatur hal-hal serupa lain, contohnya perusahaan. Ini mirip dengan membawa arah perusahaan, dan menghasilkan kebahagiaan bagi sebanyak mungkin orang, sekaligus profit (terbukti dengan cash / keuangan kota yang selalu positif).

Belum lagi bila terdapat berbagai macam offer di sepanjang permainan dari kota-kota di sekeliling kota kita. Misalnya, apakah kita ingin menerima order besar (berguna bagi pemasukan kota) dari sebuah pabrik pengolah sampah nuklir, dengan resiko akan terjadi kebocoran dan membuat polusi? Belum lagi protes di depan kantor Bupati,eh walikota yang sepanjang hari selalu ada. Mana yang harus kita pilih, menaikkan tarif pajak atau tetap bertahan dengan pemasukan dari tax namun kita punya bond (hutang) dengan bunga mencekik?

Bisa dilihat, semua pengambilan keputusan dalam game akan berpengaruh bukan saja dengan kemampuan "ngegame", tapi lebih kepada kemampuan untuk mengatasi real-world problem, karena di dalam game ini pun kita bisa berkolaborasi dengan gamer lain dari seluruh dunia. Menyenangkan, bukan? Sejujurnya, selain alasan tersebut, alasan paling masuk akal mengapa orang harus membeli SimCity 5 adalah untuk melatih diri menjadi walikota atau bupati beneran, sebelum nyalon!

Dengan memberikan game ini kepada para calon Bupati beserta timnya, bakal kelihatan siapa yang sebenarnya bisa mengatasi masalah kemacetan, kemiskinan, pendidikan, kriminalitas, keuangan kota, polusi, tata ruang, keterbatasan sumber daya alam, ketersediaan air bersih, dan sebagainya. Menurut saya, tidak perlu ada debat segala rupa yang menghabiskan waktu dan uang (dan perhatian kita jadi tidak fokus pada hal-hal yang penting).

Jika Anda juga pemain SimCity 5, jangan lupa tambahkan saya sebagai teman di Origin dengan nickname saya : sangprabo. Semoga kita bisa menjadi pemimpin yang hebat di masa depan dengan berlatih melalui game simulasi ini.

A programmer living in Indonesia. More

10 komentar

dulu pernah juga main simcity 3000, itu aja udah bagus dulu.

pertanyaan ane:

1. kalau main simcity 5 ini apa harus daring bo?

2. FPI itu termasuk hero atau villain?

3. kira-kira apa bupati-bupati sekarang bisa main simcity 5?

Hahahahaha..
1. Iya, harus konek ke salah satu server mereka, kayaknya biar nggak bisa dibajak Mas
2. No comment Mas, takut salah ngomong :D
3. Saya yakin nggak ada yang bisa. Boleh jadi kalaupun bisa, ada masalah2 di dunia nyata yang nggak sama dengan simulasinya.

Wah, saya ingin bermain Simcity 5, hanya saja perlu waktu dan uang lebih, maklum, mahasiswa. Semoga suatu hari nanti saya bisa memainkannya, tentu saja membeli game asli/berbayar. Terimakasih untuk informasinya.

Sama-sama Vladius, saya nabungnya juga lama :D

belix yg asli dimana mas?????

Masuk ke simcity.com terus klik tombol Buy, atau dari origin.com terus search Sim City 5 bro

Maaf ni gan, sy penggemar SIM CITY, hanya saja... Memantau perkembangan kecanggihan game serta menimbang hrg yg bgitu mahal bagi sy & krn kocek jg bokek, skrg download SIM CITY 5 ada yg gratisan g y..? kalau ada, download dmn y. Mohon info dan skalian Solusinya gan,thnks.

Bung Jolgas,

Saya tidak menyarankan untuk menggunakan barang bajakan. Itu sama saja kita mencuri, Bung. Di Origin.com biasanya ada diskon bila ada event tertentu (misalnya kemarin black friday, akhir november, diskon hampir 50%). Harga normal untuk Sim City 5 di Origin.com adalah 81.90 dollar singapura atau sekitar Rp 760 ribu untuk Digital Deluxe Edition. Bung Jolgas bisa membeli versi standardnya saja yaitu dengan harga normal SGD 64.90 atau sekitar Rp 604 ribu. Saat ini mereka masih diskon.

Add saya sebagai friend ya Bung kalau sudah beli, account name saya "sangprabo" :)

Game yang ga pernah bosan buat dimainin

Jadi teringat dengan kisah kami di sekolah dahulu, tapi masih sim city 4 sih but happy so happy

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih