Syarat KPR BTN Syariah (Seri 1)

Syarat KPR BTN Syariah mirip dengan pengajuan KPR di Bank Syariah lainnya. Prosesnya pun relatif panjang, mulai dari kelengkapan berkas, proses wawancara hingga survey lokasi rumah. Mari kita bahas satu per satu.

Baca juga : Proses dan Biaya-biaya KPR BTN Syariah (Seri 2)

Tentang KPR BTN Platinum iB

Produk KPR di BTN Syariah pembiayaannya ada berbagai macam. Salah satunya adalah KPR BTN Platinum iB. KPR BTN Platinum iB adalah produk pembiayaan dalam rangka pembelian rumah, ruko, rukan, rusun, atau apartemen bagi nasabah perorangan dengan akad murabahah atau jual beli. Banyak sekali bank yang tidak lagi menalangi pembiayaan, dalam artian rumahnya belum berdiri tapi bank sudah bayar dulu ke developer. Ingat bahwa Bank bukan lembaga sosial dan harus ada untung. Jangan sampai bermunculan developer yang modal dengkul saja, membangun rumah dari uang nasabah dan uang bank.

syarat kpr btn syariah
Syarat KPR BTN Syariah

Keuntungan KPR BTN iB

Seperti bank syariah lain, cicilan dari pengembalian pinjaman akan terus tetap nilainya hingga akhir jangka waktu pembiayaan. Kalau sebulan sudah dipatok 1 juta, berarti kita akan mengangsur senilai 1 juta per bulan hingga masa angsuran berakhir. Kata lainnya, cicilan akan terus flat. Masa angsuran juga panjang, berkisar antara 5 hingga 15 tahun. Selain itu, tidak ada penalti (sebagaimana penalti pada bank konvensional) jika nasabah ingin melakukan pelunasan dipercepat (muqashah).

Formulir Permohonan KPR BTN Syariah

Sebelumnya nasabah harus mengisi formulir permohonan yang telah disediakan oleh pihak bank BTN Syariah. Formulir ini tidak rumit, meliputi profil diri, detail pekerjaan, penghasilan per bulan, hingga kondisi rumah yang hendak dibeli (baru/second). Semua mesti diisi dengan lengkap dan jangan coba-coba untuk mengelabui pihak bank. Nanti akan ada wawancara singkat menjelang aplikasi kita disetujui.

Fotocopy Identitas Diri

Bentuknya bisa berupa KTP, KK, atau akta nikah bagi yang telah berkeluarga.

Slip Gaji atau Keterangan Penghasilan

Slip gaji yang diminta adalah slip gaji bulan terakhir sebelum permohonan. Jangan pernah sekali-kali hendak menipu pihak bank dengan memberikan data palsu seputar penghasilan kita, karena orang bank itu semuanya pintar-pintar. Semua transaksi yang melibatkan lembaga keuangan, akan tercatat melalui BI checking (ini termasuk bila kita memiliki hutang kartu kredit).

Surat Keterangan Pegawai Tetap

Jika tidak ada, kita bisa minta dibuatkan oleh bagian HR. Contohnya kira-kira seperti ini.
contoh surat keterangan pegawai tetap
Contoh Surat Keterangan Pengangkatan Karyawan Tetap


Fotocopy Buku Tabungan

Transaksi dan informasi saldo untuk 3 bulan terakhir, tabungan tempat kita memperoleh penghasilan utama. Buku tabungan seperti apa yang kira-kira mendukung proses pengajuan KPR? Misal, jika kita termasuk karyawan tetap, maka akan diperiksa transaksi setiap akhir bulan, apakah jumlahnya memang benar sama dengan slip gaji yang dilaporkan ke bank? Berapa jumlah saldonya? Ini guna menjawab pertanyaan "apakah nasabah bersangkutan bisa membayar tagihan / cicilan KPR dengan aman hingga jangka waktu 10/15 tahun".

Wawancara setelah penyerahan Syarat KPR BTN Syariah

Kita biasanya akan dipanggil oleh pihak bank untuk menandatangani beberapa berkas, sekaligus menjawab beberapa pertanyaan singkat dari petugas bank. Kalau kita join income (suami + istri) maka istri juga harus ikut hadir saat wawancara. Istri ada 4? Ya bawa semua :D. Secara garis besar, pertanyaan saat wawancara KPR kurang lebih sama dengan formulir yang kita sudah isi, meliputi :

  1. Penghasilan per bulan (bila ada penghasilan lainnya selain dari pekerjaan utama, sebutkan pula), dan rata-rata pengeluaran per bulan (kira-kira saja, jangan berlebihan).

  2. Cicilan/hutang di lembaga keuangan lain, seperti cicilan motor/mobil, atau tanah/properti.

  3. Jumlah kartu kredit yang dimiliki, dari bank mana saja, termasuk limit masing-masing kartu kredit dan apakah pernah ada tunggakan.

  4. Uang muka yang sudah diserahkan ke developer, berapa persen dari harga jual rumah, termasuk lokasi dan kondisi fisik rumah saat ini.

  5. Status pekerjaan saat ini. Bank ingin mengetahui apakah kita termasuk orang yang bakal susah bayar cicilan atau tidak.

  6. Jika termasuk single, biasanya ditanya apakah memiliki rencana menikah dalam waktu dekat. Mungkin pihak bank ingin mengetahui pengeluaran besar lain yang kita rencanakan dalam kurun waktu 6-12 bulan ke depan.
Tentang teknis dan detail biaya-biaya yang muncul saat akad kredit, insya Allah akan saya bahas dalam tulisan yang berbeda.

A programmer living in Indonesia. More

143 komentar

Salam kenal pak prabowo, bagaimana menurut bapak, saya ada offer untuk rumah kpr btn syariah, tapi syaratnya agak meragukan, DP boleh 10% saja, harga rumah Rp 155 juta. Kami sedang kumpul dp tapi developer kurang meyakinkan. Saya takut ada masalah di tengah jalan. Joint income per bulan itu apakah dihitung juga dengan penghasilan tambahan? karena istri bekerja sebagai reseller dan hasilnya lumayan.. trims.

kalau status single, pengajuan KPR ini lebih ribet ga yah? asik nih kayaknya cicilan kpr btn syariah

Salam kenal juga Bung Mukhlis. Kalau dari DP memang kurang meyakinkan ya Bung, tapi kalau kisaran harga rumah di daerah tersebut juga sekitar angka itu, saya rasa ambil saja. Jika sudah bekerjasama dengan bank biasanya surat tidak bermasalah karena pasti via notaris (ada biaya periksa ke bpn tapi tak seberapa). Join income untuk penghasilan tambahan sepertinya agak sulit Bung, karena tidak masuk slip gaji. Tapi saat wawancara juga ditanyakan.

Saya tinggal dicibinong mau gadai ajb yg sudah ada rumahnya bisa nggak hub 081294249835
mendesak sekali buat lebaran

Assalamualaikum
Saya ingin merenofasi rumah .namun biaya nya masih kurang.apakah bisa saya mengajukan pinjaman kpd bank btn syariah sedangkan sy maih mempunyai cicilan kpr ke btn syariah sekitar 2 tahun lagi
Terimah sebelum nya

Wa'alaikumsalaam. Pinjaman dengan agunan rumah yang sedang dalam masa kredit? Saya belum pernah dengar bisa berhasil Pak. Kalau ada oknum mungkin, bisa. Nanti share pengalamannya ya Pak Sandi.

Saya sedang mengajukan proses kpr... Harga rumah 261 dengan dp 81... Jangka 15 taun.. Suami penghasilan per bulan 5 juta.. Tapi kami masih punya cicilan selama 5 taun di bri dengan cicilan per bulan 2.3.. Gmn ya solusinya istri kerja mulai bulan oktober 2015 dbn gaji 2 juta. Mksh atas infony

KPR nya dengan bank BTN Syariah Bu? Asumsi margin 8% kali 15 tahun, kira-kira Ibu mesti menyicil 2.2 juta per bulan. Agak sulit rasanya dengan penghasilan gabungan 7 juta. Tapi dicoba saja. Semoga berhasil.

Assalamualaikum
Rencananya sy akan merenofasi rumah namun dana nya masih kurang apakah bisa sy mengajukan pinjaman lagi ke btn syariaah dengan melunasi dulu sisa cicilan saya ke btn syariah.krn sisa cicilan nya sedikit lagi Mohon petunjuk nya..terimakasih sebelum nya

Terimakasih pak prabowo namun apakah bisa kalau saya lunasi dulu sisa cicilan kpr nya,krn sisa nya hanya sekitar 5 juta lagi.dan setelah itu langsung saya ajukan lagi untuk panjam ke btn syariah?mohon petunjuk nya.terimakasih sebelum nya

[…] kesempatan sebelumnya kita sudah sama-sama belajar tentang KPR BTN Syariah, mulai dari syarat-syarat kpr, hingga mencakup biaya-biayanya (silakan baca artikel seri sebelumnya). Jika semuanya telah […]

bpk maaf mau tanya.
kalau saya ingin memiliki sebuah ruko dengan kisaran harga dibawah 750juta . saya usaha bukan pekerja, pendapatan kotor saya 10jutaan perbulan. kira2 syarat dan perencanaan keuangannya gmn ya pak baiknya? smentara ini stiap bulan saya tabung 4 smp 5 juta rutin stiap bulan. mohon infonya ya pak. trimakasih sbelumnya

Halo Bung Rachmat. Harga ruko Rp 750 juta, kalau asumsi margin-nya 9% pa selama 10 tahun (asumsi saja ya). DP misal 30%.

Total pinjaman = Rp 750jt - 30% = Rp 525jt
Pinjaman + margin = 525jt + (9% * 10 tahun) = Rp 997.500.000
Cicilan per bulan = 997,5jt / 120 bulan = Rp 8.312.500

Masih berat sepertinya Bung dengan penghasilan Rp 10jt per bulan. Solusi lain Bung bisa gedein DP nya, atau cari harga ruko kisaran 300-400juta-an saja. Katakan Bung ingin cicilan per bulan berada di kisaran Rp 4 jt / bulan, perhitungan di atas bisa dibalik.

Cicilan per bulan = Rp 4jt * 120 bulan (tenor 10 tahun)
Pinjam + margin = Rp 480jt (pinjam = Rp 252.631.579, margin = 227,xxjuta)
Harga kisaran ruko setelah ditambah DP 30% = Rp 360.902.255

Semoga berhasil ya Bung.

Mau tanya saya mau beli rumah sekitar 450jt klo mau dikpr btn syariah kita2 dgn dp 180jt jangka wktu 15 th perhitungannya gmn ya pak... Tq

Pak mau tanya jika kita mau mengajukan kpr dibtn utk mmbli sebuah rmh,namun kita jg kesulitan dlm dp pembelian rmh trsbt,apakah ada bantuan dr bank,jika statusnya adlh karyawan tetap,saya pernah bca tentang bantuan dengan bpjs?itu gmn ya?

saya ingin beli rumah seharga 290 juta. dp kira2 150 juta. penghasilan saya 10 juta/bulan. saya ingin masa tenor 10 tahun sementara usia sy sdh 47 tahun. apakah sy masih bisa mendapatkan kredit dr btn syariah.

Mas Prabowo, halo lagi, saya mau nanya neh, kalo seumpama neh saya beli rumah cash dari dana pinjaman KTA, lalu cm saya bayar cicilan KTA setahun pertama, dan kemudian saya mengaku pailit ke bank ybs, kira2 rumah saya disita gak? Krn saya pernah ada teman dgn kasus serupa dan ternyata dia hny diwajibkan bayar pokok hutang KTA, dan rumahnya tdk disita, dan skrg rmh dia sdh 3 unit krn hasil jual beli rumah dgn modal rumah pertama. Krn kalo kita macet kreditnya, biasanya bank sdh dpt asuransi dr lembaga penjamin kan? Apalagi jika hrg rumah dibawah 300jt sebetulnya msh bs dijangkau dgn KTA, dan saya prnh dengar dari salah satu sales KTA senior, data2 bisa di mark up dan lolosnya aplikasi bisa dikondisikan. Saya bermaksud sharing lho ya, jgn dijadikan inspirasi , maaf agak menyimpang dari topik.

Ibu Ayu DPnya berapa persen? Jika 20 persen (= 90 juta), perhitungannya menjadi

Pinjaman 450 - 90 = 360 juta. Plus margin jika 15 tahun asumsi 9% pa, total 486.000.000 + 360.000.000 = 846.000.000

Jadi cicilan per bulan kira-kira = 846.000.000 dibagi 180 bulan = 4.700.000.

Maaf Bu, saya kurang tahu dengan produk KPR yang Ibu maksud. Mungkin pembaca lain ada yang berkenan membantu menjawab?

Diubah saja Bung, ke 5 tahun. Kemungkinan diterima amat besar bila penghasilan Bung Rp 10 juta per bulan. Semoga berhasil. Salam.

Halo Bung Ari, salam kenal.

Rumit sekali triknya Bung? Tidak bisakah kita berbisnis kerupuk udang saja, menabung sedikit-sedikit, terus naik haji sekeluarga, begitu? :D

Pak. Untuk kpr btn syariah, harus krwyn tetap ya? Bisa diusahakan ga jika sy krwyn kontrak. Pendapatan atau gaji kisaran 10jt per bulan

Tidak harus Bung, hanya saja dengan menjadi karyawan tetap, peluang pengajuan KPR diterima bisa lebih besar. Semoga berhasil ya Bung.

Pak saya mau beli rumah yg sudah hak milik tanah dan bangunan nya,, tapi saya mau kpr kan apakah bisa d btn syariah?
Harga belinya sekitar 210 juta. bisa di akumulasikan pak berapa Dp yg harus sy bayar dan Berapa cicilan perbulan selama 15 thun? Apa persyaratannya. Mohon infonya pak.. trimakasih

Salam kenal Bung Yogi, seharusnya bisa Bung. Untuk DP kisaran 20-30 persen, berarti sekitar 42-63 juta. Dengan asumsi margin setara 9% pa,
pinjam = Rp 168jt
margin = Rp 9% * 15 tahun * 168jt = Rp 226,8jt
Total = Rp 394,8 / (15*12) = Rp 2,193 juta

Semoga berhasil Bung.

Pa mau nanya nih suami saya mau kpr rumah dengan harga 210,dp 10%,gajih suami saya 5,7jt perbulan,join income dengan penghasilan usaha saha dengan rata2 penghasilan saya 5jt perbulan,pengeluaran rt sekitar 3,5jt,kira2 bakalan di acc ga ya pengajuan kpr,apa join income bakalan ikut dipertimbangkan ga?

Halo Bu Helena, join income akan turut diperhitungkan apabila suami dan istri keduanya sama-sama bekerja. Coba ambil tenor yang 15 tahun Bu, semoga berhasil.

Salam kenal Pak Prabowo
Mau tanya ttg BTN syariah
Saya niat mau ambil rumah dgn harga +- 350 juta dp 10%
Dgn pnghsilan rata2 per bulan 7,5 juta dn pngluaran rutin 3juta per bulan
Kira2 bsa acc g y, trus cicilan per bulan kena brp?

Thx

Mas prabowo aku mau tanya btn syariah apakah bisa take over, dri panin outstanding 293.787.000 kemana kah saya bisa dapet info. Lokasi cibubur, gunung putri. Bogor. Trimakasih mohon info nya

Salam kenal Bung,
Total pinjaman 315juta, berarti cicilan per bulan
(315000000 + (10 * 9/100 * 315000000)) / 120 =
4.987.500 per bulan (karena ~60% dari penghasilan per bulan)

Asumsi di atas masa cicilan 10 tahun, dengan margin 9% pa.
Sepertinya agak sulit Bung, dicoba saja di tenor 15 tahun atau DP nya kalau bisa digedein. Semoga berhasil ya Bung. Salam untuk keluarga.

Kalau untuk takeover saya belum pernah pengalaman, Bung. Mungkin ada pembaca lain yang bisa membantu ?

Pak kalo dr kpr btn reguler mau pindah ke btn syariah biar aman dunia akhirat syarat apa?kebetulan bulan depan mau akad tk

Pa saya mo nanya biasanya setelah wawancara keluar hasilnya berapa lama? Saya udah wawancara trus katanya hasilnya tunggu 2minggu, nanti dikonfirmasi lewat developer, tp ini dah 3 minggu masih belum ada konfirmasi apakah pengajuan kpr saya di acc atw GA, setiap kali saya nanyain ke developer katanya masih belum ada konfirmasi dari btn syariah. Sebaiknya saya ttp nunggu atw harus gmn ya?

Salam pak.. Saya mau tanya jika saya mau beli rumah harga 250jt. Dp 50jt. Rencana mau kpr btn syariah. Gaji suami 6,5 jt. Tp tiap bulan masih ada tambahan rapelan dll. Kira2 brp tahun ya? Oh ya sekalian mau aja. Pertimbangan bank btn syariah itu dari 30 % atau 40 % dari gaji ya? Trims sblumnya.

Kalau untuk pertimbangan bank btn syariah. Dari 30% atau 40% dari gaji ya?

Salam pak,suami saya mau kpr rumah di btn syariah. Harga 250 jt. Dp 50jt. Berarti pinjamannya 200jt. Gaji perbulan 6.5 jt. Itu blm lemburan dan tunjangan yg lain. Margin btn syariah skrg brp ya ?Kalau mau ambil 5 thun bisa gak ya? Penghitungan bunganya gmna ? Sekalian mau tanya biasanya untuk pertimbangannya 30% atau 40% dari gaji? Mohon solusinya. Sblmnya trims pak

Syaratnya seperti yang tertulis di artikel Bu

Tidak lama, sekitar 2-3 minggu. Ditunggu saja Bu. Semoga lancar.

Pinjaman 200 juta kalau 5 tahun bisa saja, Bu. Asumsi margin 7.5 % kalau 5 tahun, total jadi Rp 275juta dibagi 60 bulan, cicilan per bulan = Rp 4,583 juta. Agak berat memang jika penghasilan suami (ditambah istri bila turut bekerja) 6,5 juta. Nilai 30-40 persen itu hanya perkiraan juga Bu, untuk amannya nilai angsuran per bulan tidak melebihi 30-40 persen dari penghasilan bersih. Belum lagi bila suami atau istri memiliki kredit berjalan yang belum dilunasi (mobil, dll).

Dicoba saja Bu, semoga berhasil.

selamat siang pak, mau tanya untuk pengajuan kredit rumah ke bank syariah untuk kisaran DP itu ditentukan oleh pihak bank apa pengaju bisa mengajukan DP sesuai kesanggupannya ya?, apakah ada perbedaan antara DP bank syariah dengan konvensional beserta marginnya pak?mohon pencerahannya Trims.

Siang Pak Harry, untuk bank konvensional saya tidak tahu persis. DP minimal saat ini berkisar antara 20-30 persen, tergantung beberapa hal.

Selamat sore Pak, mau tanya, apakah BTN Syariah bisa melakukan take over untuk KPR Konvensional. Kebetulan saat ini saya menggunakan KPR BTN konvensional dan berencanan untuk memindahkan ke KPR Syariah. Mohon pencerahannya. Salam

Selamat pagi pak.mau tanya saya dan suami mau berencana ambil rumah dg harga 290jt.tot penghasilan saya dan suami 7.5jt dan berencana tenor 15 th
Apakah bisa di acc meskipun suami blom pegawai tetap?
Yg mengajukan kredit an saya krn pgwai ttap dan kira2 berapa ccilan per bulannya dan dp apakah tidak bisa 10% trima kasih

Setahu saya belum bisa secara langsung. Ini dikarenakan dua bank tersebut, walau sama-sama BTN, namun berbeda secara perusahaan dan juga sistem. Semoga dimudahkan urusan Anda, dan yang di konvensional bisa lunas cepat. Aamiin.

Untuk DP minimal tergantung dari bank, namun kalau 10% rasanya jauh. Saran saya lebih baik menunggu saja Bu kalau memang DP belum cukup. Kalau tenor 15 tahun dan penghasilan 7.5 jt saya rasa masih cukup sulit tembus.

Sore pak, saya mau tanya saya dan suami berencana ambil rumah dgn harga 465jt. total penghasilan saya dan suami 9tj dan berencana tenor 20 th

apakah untuk dp bisa di cicil ? karena untuk dp 20% itu 93 jt dari harga rumah.sedangkan saya hanya setengah nya ada untuk dp.
bagaimana kiranya untuk mengajukkan agar dp bisa di cicil
terima kasih

Selamat siang Pak Bowo. Saya mau tanya. Saya ada rencana mau ambil rumah. Tapi rumah masih dalam cicilan .masih kurang 20 jt. Yg punya rumah minta over 110 jt. Jd kalo di hitung total lunas 130 jt. Apakah rumah yg masih dlm masa cicilan .bisa di KPR kan ulang. Trimakasih

Assalamuálaikum pak.mau tanya saya berencana beli tanah untuk selanjutnya dibangun rumah dg harga 300jt. penghasilan saya 5.5jt dan berencana tenor 10 - 15 th
Apakah bisa di acc ?
serta berapa presentase dp yg dibutuhkan trima kasih

Assalamualaikum. Pak saya mau tanya tentang KPR pindah bank. Apa syaratny kalau pindah ke BTN syariah. Kira-kira berapa cicilan KPR nya untuk harga rumah 90 juta. Terimakasih.

Pagi Bu Anna,
Setahu saya soal DP sepenuhnya dibicarakan dengan pengembang / penjual rumah. Jika memang DP belum mencukupi, apalagi hanya Rp 46 juta, Bank tidak bisa membantu banyak. Aturan DP 20 atua 30 persen, murni berasal dari Bank Indonesia. Semoga rejeki Ibu dilancarkan dan dapat segera memiliki rumah idaman. Salam.

Yang 20 juta itu sisa cicilannya ? Berarti tinggal sedikit lagi ya Bung? Menurut saya seharusnya bisa. Mungkin ada pembaca lain yang punya pengalaman?

Wa'alaykumsalaam. Harga rumah 300 juta, kalau DP 20 persen = Rp 60 juta, berarti hutang 240 juta selama 15 tahun. Margin diasumsikan 9 persen pa (tergantung Bank). Kita hitung sama-sama ya Bung :

Total margin = 9 persen kali 15 tahun kali 240jt = Rp 324 jt
Cicilan = (324 + 240) / (15 * 12) = Rp 3.133.333 per bulan
Rasio cicilan : penghasilan per bulan = 3.133.333 / 5.500.000 = 57 persen.

Agak sulit Bung kalau masih di atas 40%.. Dicoba ditambah DP atau keliling-keliling lagi mungkin bisa dapet rumah bagus dengan harga yang lebih miring. Semoga dimudahkan oleh Allah dan mendapatkan keberkahan untuk seluruh keluarga.

Untuk tenor berapa tahun, Bu?

Assalamualaikum pak mau nanya saya berencana mau kpr rumah dg harga 245jt, posisi saya sudah menikah 1 tahun dan istri belum bekerja, saya sudah karyawan tetap dengan penghasilan 6jt per bulan, kalu mau pengajuan kpr btn syariah dg dp 20% kemungkinan angsurannya brapa n tinggat acc nya gmna z pak, makasi

Wa'alaikumsalaam warohmatullah. Bung Johan pengennya berapa tahun? Kalau asumsi margin 9 persen pa, 10 tahun. Hitungan kasar agaknya sulit, Bung. Bisa dihitung dengan metode sesuai tulisan. Semoga berhasil.

Assalamualaikum, Pak mohon bisa dibantu kebingungan saya. Saya berniat mengajukan KPR dengan harga pokok KPR 354,060,000, ambil tenor 25thn, perbulan 3,155,161 di BTN (bukan syariah). Awalnya saya mau joint income (gaji saya 6,890,000 flat) payroll BCA, tapi ada masalah karena suami tidak punya NPWP. Tiap bulan gaji suami yang ditransfer ke rekening tidak lebih dari 2 juta, tapi ada beberapa penghasilan suami yang resmi dari tempatnya bekerja namun diterima cash, bisa mencapai sekitar 1-1,5jt/bulan, untuk penghasilan cash, bisa disediakan kuitansi penerimaan dan slip gaji, tapi tidak ada SPT suami. Kalau saya ada NPWP dan SPT.
Selain itu saya punya cicilan KTA sudah berjalan setahun, kurang 4thn lagi, 1,5 perbulan. BI checking clear. Pengeluaran per bulan tidak lebih dari 2jt.


Mohon bantuan solusinya, apakah pendapatan dari suami saya bisa masuk joint income atau saya masukkan ke penghasilan tambahan ya? kalau masuk ke penghasilan tambahan, itu penghasilan tambahan saya atau penghasilan tambahan suami ya? karena marketingnya bilang tidak bisa joint income krn suami tidak ada NPWP.
Makasi banyaak apabila berkenan membantu jawab, Pak.
Wassalammualaikum.

Wa'alaykumsalaam warohmatullah wabarokaatuh, Bu Lia. Sejauh yang saya tahu, memang benar apa yang dikatakan marketing Ibu, bahwa joint income (gabung penghasilan suami dan istri) salah satu syaratnya adalah keduanya memiliki NPWP (bayar pajak). Kalau penghasilan "remang-remang" seperti cash yang diterima suami (nominalnya per bulan maksimal 1,5 juta), tidak bisa diikutkan dalam perhitungan.

Mari kita hitung sama-sama, dengan asumsi bahwa penghasilan suami diikutkan dalam perhitungan.
Penghasilan per bulan : 6,890,000 + 2,000,000 = Rp 8,890,000. Cicilan berjalan Rp 1,5 juta per bulan..
Cicilan KPR BTN Rp 3,155,000 + cicilan KTA 1,500,000 => nilainya Rp 4,655,000 atau 52 persen dari penghasilan bulanan (sudah gabung suami istri. Ini menurut saya berat untuk diapprove oleh bank.

Di sisi lain, cicilan 3,155,161 dikali 25 tahun = Rp 946.500.000. Bunganya hampir 600 juta Bu. Apakah Ibu sudah yakin? Perhitungan saya di atas bisa jadi salah, karena estimasi saja. Semoga Ibu mendapat gambaran, dan mohon maaf bila kurang berkenan.

Menurut saya (sekali lagi ini hanyalah saran saya pribadi), lebih baik Ibu bersabar terlebih dahulu, dan menunda untuk membeli rumah, atau keliling-keliling cari rumah lain yang relatif lebih memungkinkan dengan penghasilan saat ini. Boleh jadi nanti ketemu yang lebih murah tapi lebih luas, lebih bagus materialnya, dll. Semoga menjadi berkah untuk Ibu sekeluarga. Salam.

Assalamualaikum Pak Prabowo, sy ingin memindahkan kpr saya dari bank niaga, sisa kredit 260 jt, kira-kira kalau sy pindahkan ke BNI Syariah dengan termin 15 tahun berapa besaran cicilannya pak. Penghasilan saya dengan istri sebulan 10 jt pak.Terimakasih

Maaf pak salah bukan ke BNI Syariah tapi ke BTN Syariah, terimakasih Pak

Wa'alaykumsalaam Bung Teguh.

Kalau dengan asumsi margin 9%pa (untuk 15 tahun), perhitungannya kira-kira seperti berikut.

Margin = 9% x 15 tahun x Rp 260 juta = Rp 351.000.000
Cicilan per bulan = margin + pokok = Rp 351juta + Rp 260juta = Rp 611.000.000 / 180 bulan = Rp 3.394.444 per bulan.

Assalamualaikum pak...
mohon bantuan nya, saya bingung saya sama suami sama2 PNS, saya mau ajuin KPR dengan harga rumah 550 jt, penghasilan berdua yg tetap sekitar 11.7 jt, ada cicilan lain 3.800.000...sdh dua bank saya coba tanya, ternyata penghasilan saya msh ga mencukupi menurut banknya padahal saya dan suami ada penghasilan tambahan dari kegiatan yang selama ini bisa saya tabung. tapi saya dan suami terimanya cash....bagaimana solusi sebaiknya pak...trmksh pak..

Wa'alaikumsalaam warohmatullah,

Kalau sudah ada cicilan per bulan Rp 3,800,000 sedangkan penghasilan gabungan Rp 11,7 juta, menurut saya agak sulit Bu. Dari sudut pandang pemberi kredit (pihak bank), resikonya tinggi untuk menerima pengajuan KPR Ibu dan suami. Saran saya gedein DP-nya atau cari rumah lain yang masih masuk budget. Jangan memaksa diri di luar kemampuan saat ini, bersabar saja semoga ada rizki berkah yang Allah Beri pada keluarga Ibu.

Assalamualaikum bapak..
Mohon bantuannya saya PNS dengan gajih tetap 3,5jt perbulan dan istri pegawai kontrak salah satu bank BUMN dengan gajih tetap 3jt perbulan.. Pertanyaan saya apakah saya boleh join income pengajuan KPR di bank btn syariah? Saya ingin mengambil rumah dengan harga 180jt tenor 15 tahun makasih bapak..

Wa'alaikumsalaam. Kalau join income bisa saja Pak, masih masuk kalau harga 180jt dan join income 6.5jt sebulan. Semoga berhasil.

Assalamualaikum wr wb, pak.

Maaf pak mau tanya. Mohon bantuannya. Saya usia 35th, karyawan tetap di perusahaan swasta, masa kerja 6 th, gaji 2,7 jt.
Istri juga karyawan tetap di perush swasta, masa kerja 2 tahun, gaji 2,3 jt. Pengeluaran per bulan ± 2jt. Anak masih 1, usia 10 bulan. Istri masih ada cicilan kredit motor dg angsuran 570rb/bulan (10x angsuran lagi lunas).

Saya rencana mau ambil KPR subsidi (FLPP) melalui BTN Syariah. Joint income dg istri.

Harga rumah 116,5 jt (type 28,5/72). DP 5 jt. (Plafon pinjaman kalau full 110,5jt). Rencana ambil yg tenor 180 bln (15 th).
Kira-kira apakah bisa disetujui bank, pak? Terimakasih. Wassalamualaikum wr wb.

Pak. Saya mau ngajuin kpr btn syariah. Rumah yg saya mau beli rumah seken. Harganya 450 jt. Penghasilan sy perbulan 9.5 jt. Penghasilan istri. 7.5 jt. Perbulan. Kami berdua pegawai tetap. Sy ad cicilan d Bank. 2.5 jt perbulan. Kurang 2 th lagi. Sedangkan istri ad cicilan 1.7 jt/bln kurang 3 th lagi. Berapa dp minimal yg harus di byar. Dan berapa tahun minimal kpr nya...trm' s Pak...

Wa'alaykumsalaam warohmatullah wabarokatuh.

Kita coba hitung kasar saja ya Bung, karena perhitungan asli hanya bank yang bisa tentukan.

Join income total = Rp 5 juta.

Asumsi margin 9% pa, cicilan KPR per bulan = ( 110 juta * 9% * 15 tahun + 110 juta ) / 180 bulan = 258.500.000 / 180 bulan = Rp 1.436.111 / bulan

Angsuran bulanan yang berjalan 570.000, plus KPR = Rp 2.006.111 per bulan, sepertinya masih masuk Bung kalau join income sebulan 5 juta. Semoga dimudahkan.

Bung Eko, kita pakai asumsi saja ya Bung, karena Bung tidak menyebutkan masa cicilan dan DP rumahnya, kita hitung kasar DP 20% dan masa cicilan 10 tahun (120 bulan), plus margin 9% pa.

Perhitungan cicilan KPR per bulan :
Hutang bank = 450 juta - 90 juta = Rp 360 juta.
Pokok + margin = 360 juta + (360juta x 9% x 10) ) = 684 juta
Cicilan per bulan = Rp 684 juta / 120 bulan = Rp 5.700.000

Total cicilan yang sudah ada saat ini = Rp 2,5 jt + Rp 1,7 jt = Rp 4,2 juta
Join income = Rp 17 juta.
Total cicilan per bulan = Rp 5,7 + Rp 4,2 juta = Rp 9,9 juta per bulan (~58.24% dari income)

Saran saya :
- Gedein DP, minimal 40 persen,
- Tunggu hingga cicilan saat ini keduanya lunas, atau
- Maksimalkan masa cicilan menjadi 180 bulan (15 tahun)

Mohon maaf jika ada yang kurang. Semoga selalu mendapat kemudahan untuk Bung dan keluarga.

Salam kenal pak...
Begini pak..ibu dan ayah saya mencoba untuk membantu saya untuk KPR...tetapi beliau akan pensiun 3 dan 4 tahun lg..apakah memungkinkan untuk mengambil KPR dengan jangka waktu 15 tahun.... Terimakasih bapak

Selamat siang Pak,

Saya ingin membeli rumah seharga 600juta dengan DP 200 juta. Penghasilan saya dan suami total kurang lebih 10 juta. Apakah bisa tembus KPR tenor 15 tahun?

Salam kenal juga. Setahu saya memang tidak bisa bila calon nasabah akan pensiun dengan masa waktu lebih cepat dari jangka waktu KPR.

Saya rasa agak sulit. Asumsi saja 9% pa.

400juta x 9% x 15 tahun = Rp 540 juta. Ditambah pokok 400jt = Rp 940 juta.

Cicilan per bulan = Rp 940jt / 180 bln = Rp 5,222 jt. Nilai ini masih lewat > 50% penghasilan gabungan suami istri. Tapi dicoba saja Bu.

salam kenal pak, begini... saya rencana ingin mengambil kpr perumahan btn dgn harga jual 268.750.000. apakah saya bisa mengambil dgn dp 20% dan masa tenor 25 tahun, saya pns dgn gaji total 4,4 jta dan masih single?? terimakasih..

Salam kenal pak....
Saya hengky ...saya mau tanya pak...saya saat ini lg proses pengajuan kpr di btn syariah...kondisi saya saat ini ada pinjaman di bank bni....
Kira-kira bisa d ACC ga pak???
Klo misalkan kpr di tolak apakah uang BOKING FEE & DP di balikin pak...??? Mohon infonya thanks..

Pagi pak.. Sy mau beli rumah seharga 150.000.000 sy sdh dp 50.jt. Apakah bisa sy mengajukan. Pinjaman 100.000.000 tenor 8 thn.. Sdh menikah dan ank cm 1 sdh lulus sekolah.. dan suami bekerja dengan penghasilan kotor msing2 hampir 4 jt.. Trimakasih..

Pagi pak.. Sy mau beli rumah seharga 150.000.000 sy sdh dp 50.jt. Apakah bisa sy mengajukan. Pinjaman 100.000.000 tenor 8 thn.. Sdh menikah dan ank cm 1 sdh lulus sekolah.. Sy dan suami bekerja dengan penghasilan kotor msing2 hampir 4 jt.. Trimakasih..

salam kenl bang.....
Saya sedang mengajukan proses kpr BTN Syariah… Harga rumah 276 dengan dp 15% Jangka Waktu 15 taun.. Suami istri di gabung penghasilan per bulan 6,5 juta.. Kita Tidak Punya Cicilan Apa'' Apakah Bisa di proses

Anak saya ingin kredit rumah dengan harga Rp. 580.000.000 dengan penghasilan per bulan Rp. 9,2 jt tp anak saya baru bekerja selama 9 bulan sedangkan syarat pengajuan kredit btn mempunyai masa kerja minimal 1 tahun, apakah bisa kredit kpr btn nya di proses dan disetujui

Pak mau tnya...saya ingin membeli rumah 2nd seharga 120juta...penghasilan saya + suami sekitar 6jutaan sebulan.kira2 klo saya mengajukan KPR...ke BTN SYARIAH..brp ya DP & Angsuran yg harus saya Bayar selama 15th ini?...swun jawabannya...

Kalau menurut syarat administrasi tidak bisa, tapi kalau sudah pegawai tetap sepertinya bisa dicoba, Bu.

Membandingkan harga rumah, DP, jangka waktu, dan total penghasilan, sepertinya agak sulit Pak. Tapi silakan, tidak ada salahnya dicoba. Semoga berhasil.

Bisa Pak, pinjaman 100 juta tenor 8 tahun, penghasilan gabungan 8 juta (masing-masing 4 juta).

Cicilan per bulan = (100000000 * 8/100 * 8 + 100000000) / 96 = Rp 1,7 jutaan.

Aslm. Pak.
Saya mau tanya. saya berencana ingin membeli rumah second dengan harga 450jt. DP nya berapa ya 10 atau 20% kah?
Kalau 20% berarti saya siapkan 90 jt. Wajib Pokok 360 jt. Jika Margin 9%.
Berarti :
(360jt x 9%)+360jt + 360jt = 752400000/(15x12)=4180000.
Penghasilan saya 5 jt. (payroll langsung ke Bank) tapi saya setiap sabtu minggu ada penghasilan tetap sebesar 3.5jt per bulan (dibayar via amplop tanpa bank).
Total pendapatan 8.5 juta.
Kira-kira bisa di ACC tidak yah pak? sama untuk biaya administrasi berapa besarnya yah pak perkiraan? trimakasih.
Oh iya saya masih single dan tidak ada cicilan apapun
Wassalam.

Wa'alaykumsalaam. Kalau ada penghasilan tetap yang di luar pajak, saya rasa tidak bisa dimasukkan ke perhitungan penghasilan bulanan. Tapi tidak ada salahnya dicoba Bung.

Assalamu'alaikum Pak..
Saya mau nanya, saya berencana take over dari bank lain ke bank btn syariah, dr bank sebelumnya lama kpr masih 216 kali angsuran lagi dengan pokok masih sekitar 268jt, angsuran/bulan 3,3jt, pendapatan kotor/bulan 8jt. Jika di take over ke btn syariah jadi berapa ya pak angsuran per bulan nya ? Terima kasih.

Wa'alaykumsalaam. Saya tidak pernah punya pengalaman dengan take over, Bung. Apalagi jika banknya selain BTN. Mungkin pembaca lain ada yang bisa memberi informasi?

Assalamu'alaikum pak..
Saya berencana KPR rumah bekas wilayah gunung putri harga sekitar 250 jt..
Berapa besar dp nya dan apa dp saya serahkan ke pihak penjual atau langsung ke pihak bank ?
Dan berapa kisaran bunga per tahun di kpr BTN ini...
Terima kasih

Wa'alaykumsalaam. Kalau DP normalnya berkisar 20-30 persen, berarti sekitar 50-75 juta, diserahkan ke pihak penjual (lalu minta bukti pembayaran terus copy kasih ke bank). Kalau margin tergantung tenor, kalau 5 tahun sekitar / setara 7% pa.

Assalamualaikum pak,
Saya berencana untuk mengambil kpr secara joint income suami istri ?
Itu untuk persyaratannya suami istri harus melengkapi slip gaji berdua apa suami saja ?
Terima kasih

Wa'alaykumsalaam. Jika join income berarti slip suami dan istri harus turut disertakan.

Nikmatus Sa'diah Mei 04, 2017 5:04 PM

Assalamualaikum bapak Prabowo, saya mau tanya, saya sudah berkeluarga, suami karyawan tetap di salah satu perusahaan swasta gaji 3.3 jt sedangkan saya karyawan kontrak bank bumn gaji 3.7 jt , kami akan mengajukan kpr dengan harga jual rumah 265jt dp 70 jt selama 15 tahun, apakah bisa? Terimakasih pak

Wa'alaykumsalaam. Sepertinya berat, Bu. Dengan penghasilan gabungan suami istri = Rp 7juta, asumsi margin p.a berapa, Bu?

Asslm..pak prabowo..saya mau tanya,,saya ingin membeli rumah seharga 450jt,,dengan dp 30% dengan masa tenor 15 tahun.saya karyawan tetap dgn pengsilan perbulan 5jt...jika join income dengan suami saya maka menjadi 7.5 jt.saya dan suami belum memiliki anak dan jg tidak ada cicilan lain.
Namun suami wiraswasta..apakah saya bisa mengajukan kpr di btn syariah ?
Terima kasih

Nikmatus Sa'diah Mei 08, 2017 1:21 AM

0,13072 % pak, kalau berat berarti harus dp berapa pak biar bisa di acc? Terimakasih

Wa'alaykumussalaam warohmatullah. Mari kita coba hitung dengan asumsi margin 9% p.a. ya Bu.
Pinjaman total = Rp 450juta - DP 30% (Rp 135jt) = Rp 315jt.

Total pinjaman + margin = Rp 315 jt + (Rp 315jt * 9% * 15 tahun) = Rp 315,000,000 + Rp 425,250,000 = Rp 740,250,000

Cicilan per bulan = Rp 740,250,000 / (15 * 12) = Rp 740,250,000 / 180 bulan = Rp 4,112,500.
Perbandingan cicilan dan penghasilan gabungan = 4,112,500 / 7.5jt = 54,83%. Menurut saya masih berat, Bu. Tapi layak dicoba. Semoga bisa mendapatkan rumah impian keluarga.

Apakah Ibu yakin margin nya di angka tersebut? Kita pake asumsi 7 persen pa saja ya Bu, contoh perhitungannya bisa dimasukkan ke sini : http://apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah/

Mohon maaf pak mau tanya suami saya mau ngajuin kpr nah harga rumahnya 250 jt nah kira2 kalau dp nya itu 20 % trus gaji suami saya sekitar 4-5 jt kalau lembur bisa 6-7 jt trus udah karyawan tetap juga nah kira kira diacc ga ya? Trus saya juga baru dpt kerja n baru ttd kontrak habis lebaran n kira2 gajinya 1,5 tpi kan itu ga bisa dimasukin. Trus gimana pak mohon pencerahannya kira2 di acc atau tidak terimakasih

Untuk perhitungan aslinya saya tidak bisa pastikan, tapi Ibu bisa gunakan kalkulator sederhana di sini http://apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah/ Tinggal dimasukkan angkanya kalau persentase cicilan masih di bawah 40% kemungkinan masih bisa diterima. Semoga berkah.

Mohon maaf pak Mau Nanya...
Jika penggajian dari perusahaan masih tunai Apakah nantinya berpengaruh dengan Di ACC atau tidaknya pengajuan kpr ?
Terima kasih

Kemungkinan iya. Kalau tidak ada slip gaji cukup sulit, Bung. Mungkin pembaca lain ada masukan?

Slip gaji sih ada Pak...
Tapi penggajian aja tunai.../ Tidak transfer ke bank....

Saya kurang tahu, Bung. Setahu saya slip gaji akan dicek silang dengan transfer, setelah sebelumnya kita ditanya biasa digaji tanggal berapa setiap bulan. Apakah pembaca lain ada masukan?

Muhammad Syariif Juni 20, 2017 9:19 PM

Assalamualaikum mas prabowo
kebetulan sy besok mau akad kredit rumah subsidi kpr BTN konvensional dengan nilai plafon disetujui 133jt, cicilan 900rb selama 240 bulan (flat), nah sy bermaksud pindah ke bank BTN syariah, lalu bagaimana prosesnya? apakah sy harus akad dgn bank BTN konvensional terlebih dahulu baru bisa pindah ke syariah? dan bagaimana perhitungan cicilannya jika berubah ke bank BTN syariah.terima kasih

Wa'alaykumsalaam warohmatullah wabarokatuh. Mohon maaf Bung saya tidak punya pengalaman pindah akad. Apakah tidak sebaiknya mengurus langsung ke BTN Syariah saja? Saya rasa akan lebih mudah seperti itu. Mungkin pembaca lain ada masukan? Semoga urusan Bung dimudahkan. Aamiin.

Assalamualaikum mas prabowo
sy join income 8juta, mau kpr rumah 360jt dp 10%
cicilannya brapa yah? kira2 di acc gak?
oia klo btn syariah ada pinalty dan sita gak yah?

Wa'alaykumsalaam. Untuk perkiraan perhitungannya, Ibu bisa gunakan kalkulator KPR Syariah yang saya buat di sini : http://apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah/. Setahu saya pinalty dan sita tetap ada, Bu.

assalamuaikum
mau tanya mas apakah KPR Rumah Subsidi BTN Konvensional bisa ditakeover ke BTN Syariah ?

Slmt siang Pa Prabowo saya mau tanya apa betul salah satu persyaratan mutlak pengajuan kpr d btn syariah harus melampirkan SPT tahunan untuk pendampingnya saja. Trimakasih

Kurang tahu saya Pak kalau sekarang, dulu tahun 2013 sepertinya tidak ada. Hanya saja memang ditanya nomor / NPWP.

Wa'alaykumsalaam. Mohon maaf Bung saya kurang paham soal takeover dari BTN konvensional, belum ada pengalaman di situ.

assalamualaikum
saya lagi pengajuan kpr rumah bersubsidi di BTN Syariah Madiun, harga rumah 130jt Dp 5jt tenor 20 tahun ,penghasilan pokok saya 2,350jt ada tambahan insentif 800rb per bulan, penghasilan istri 600rb perbulan.ada angsuran kartu kredit 299ribu sampai bulan Desember tahun ini. berkas sudah dikumpulkan semua awal bulan ini, menunggu jadwal interview bank,menurut bapak di acc apa tidak yaa

Wa'alaykumsalaam, Bung bisa menggunakan kalkulator KPR syariah yang sudah kami buat di sini http://apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah/

assalamualaikum
saya lagi pengajuan kpr rumah bersubsidi di BTN Syariah Madiun, harga rumah 130jt Dp 5jt tenor 20 tahun ,penghasilan pokok saya 2,350jt ada tambahan insentif 800rb per bulan, penghasilan istri 600rb perbulan.ada angsuran kartu kredit 299ribu sampai bulan Desember tahun ini. berkas sudah dikumpulkan semua awal bulan ini, menunggu jadwal interview bank,menurut bapak di acc apa tidak yaa

Assalaamualaikum pak. SAya mengajukan kpr namun terkendala masalah pemecahan sertifikat. Berapa lama kira2 proses tersebut berjalan, karena ini juga mau resign dari tempat kerja sekarang.. Trims

Wa'alaykumsalaam warohmatullah wabarokatuh. Saran saya sih yang bisa jalan, jalan aja dulu Bung. Nunggu pecah sertifikat di BPN biasanya lama. Pengalaman pribadi nih Bung, saya habis 3 tahun (cicilan KPR sudah jalan) baru selesai.

Saya mau take over KPR Saya dari yg sebelumnya BTN Konvensional ke BTN Syariah apakah bisa?

Seharusnya bisa, Bung. Namun syarat-syaratnya saya kurang tahu karena belum pengalaman.. Mungkin ada pengunjung lain yang dapat membantu?

Selamat sore pak. Saya kan mengambil KPR BTN konvensional baru berjalan 2 tahun flat. Apakah saya bias take over ke BTN Syariah ? Bagaimana caranya ? ser ta perhitungannya ? misalkan harga jual rumah 300JT. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih pak prabowo.

Assalamu’alaykum

Mau tanya Bung.. penghasilan saya 12jt perbulan dengan pengeluaran 1jt, status single. Kira2 brp plafond kredit dari BTN syariah ya bisa saya dapatkan dengan jangka waktu 20thn..

Trims

Kalau pindah kredit dari bank konvensional ke syariah prosedur dan teknisnya saya kurang paham, Bung. Namun sebagai gambaran, Bung bisa gunakan kalkulator yang saya buat di sini apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah. Semoga membantu.

Wa'alaykumsalaam. Plafon tergantung banyak hal, salah satunya apakah calon nasabah memiliki kredit di lembaga keuangan lain (misalnya sudah ada cicilan berjalan kendaraan bermotor, dll). Untuk gambaran kasar, Bung bisa gunakan kalkulator KPR Syariah di link berikut apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah.

Terima kasih.

Saya pegawai biasa dengan gaji sekitar 4.500.000. Jika saya hendak mengajukan pinjaman kpr di btn syariah, berapa harga rumah yang bisa saya capai dengan kondisi saya sekarang? Tabungan saya ada 43juta. Terima kasih

Mohon maaf saya kurang bisa memberi rekomendasi. Mungkin Bung Simon bisa menggunakan kalkulator untuk menghitung cicilan per bulan di sini : http://apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah/

Terima kasih.

Ass. pak prabowo bagaimana menurut pendapat bapak saya karyawan biasa dengan penghasilan per bulan tak menentu tergantung bonus dan sales. Sudah belerja selama 12 tahun, telah berkeluarga dan anak 2. Kisaran gaji sekitar 7-9 juta, istri ada kerja sebagai staff admin dengan gaji 2.5 juta sebulan. Cicilan berjalan saat ini motor 450rb sebulan. Bagaimana mengkalkulasi apakah saya bisa mendapatkan approval untuk kpr btn syariah? Terima kasih

Selamat sore pak,
bisa dibantu tolong dihitung untuk besar angsuran untuk jangka waktu 15 thn dan 20 thn jika
harga rumah 660.000.000
dp 25%

(jika boleh tlg dibantu utk hitungan kpr konvensional dan syariah ya pak)
terima kaish banyak bapak

Wa'alaykumsalaam warohmatullah wabarokatuh. Untuk lebih bisa menjawab pertanyaan Bung Fauzan, silakan gunakan "kalkulator" KPR yang kami sudah buat di halaman ini : http://apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah.

Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa kirim komentar kembali di artikel ini. Terima kasih.

Mohon maaf Bung, untuk perhitungan dengan KPR konvensional di BTN saya tidak ada pengalaman. Untuk KPR di BTN Syariah, mungkin Bung bisa coba aplikasi saya di sini : http://apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah

Dari situ bisa diutak atik nilai nya, semoga mendapat sedikit pencerahan. Terima kasih

Saya pegawai swasta dengan gaji 12 juta per bulan. Sekarang dalam proses pengajuan kpr btn syariah di kabupaten serang, banten. DP 30 persen dengan harga rumah 786.000.000. Mohon info apakah aplikasi saya diterima?

Sayang sekali Bung tidak menyebutkan margin dan jangka waktu pelunasannya. Saran saya, Bung bisa langsung mencoba kalkulator KPR Syariah di link ini : http://apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah. Dari situ nilainya bisa diubah sesuai dengan yang Bung inginkan. Itu hanya sebagai pemberi gambaran saja Bung.

Semoga berhasil, dan terima kasih atas komentarnya.

Assalamualaikum pak, rencana saya akan mengajukan kpr di btn syariah dengan plafond 295jt dan dp 10= 265.5jt, dengan tenor 15 tahun dan gaji saya saat ini 7.2jt apakah ada kemungkinan di tolak?

Terimakasih

Assalamualaikum pak bowo
Rencana saya akan mengajukan kpr di btn syariah dengan nilai plafond 295jt dan dp 10%=265.5jt. Dengan tenor 15 tahun dan gaji saya saat ini 7.2jt(pertahun ada kenaikan gaji) apakah ada kemungkinan kpr saya di tolak? Terimakasih

@ Boy
Wa'alaykumsalaam Bung. Saya rasa masih masuk akal jika tenor 15 tahun. Bung Boy bisa menggunakan kalkulator yang saya buat di sini : http://apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah

Saya berencana mengajukan kpr dengan penghasilan tdk tetap rata" 5 jt/bln...pengeluaran skitar 2 jt/bln..dengan kpr rumah 146 jt tenor 15 thun...apa bisa untuk ajukan kpr?.

maaf mau bertanya...
pengajuan kredit rumah subsidi saya di bank BTN konvensional diterima...
jika saya take over ke bank BTN syariah apakah bisa? dan bagaimana untuk proses dan tahapannya?

saya baru saja mendapat SP3K pengajuan kredit rumah subsidi dari bank BTN konvensional dan baru mau pelaksanaan akan kredit..
kalau saya take over kredit saya ke BTN syariah apakah bisa ? dan bagaimana prosedurnya.. terima kasih

@ diyan

Maaf saya tidak pengalaman take over kredit.

Selamat pagi, pak
Maaf saya mau nanya.
Sekarang saya sedang ingin mengajukan kpr dr btn syariah.

Jadi prosesnya awalnya tidak ada booking fee, dll.
Dp all in hanya dibayarkan saat akad akan berlangsung. Tetapi permasalahannya adalah saya harus menyerahkan berkas2 seperti slip gaji, npwp, kk, dll di awal sebagai tanda pembookingan unit rumah.

Menurut bapak, apakah memang seperti itu skemanya? Saya cuma takut data saya disalahgunakan, sehingga saya tidak bisa lagi mengajukan kpr

@ Charli Lumban Batu

Slip gaji NPWP, kartu keluarga, dan data-data pribadi itu nanti akan Bung serahkan ke bank sebagai syarat untuk pengajuan kredit. Menurut saya sebaiknya jangan diserahkan lewat developer / pengembang.

Demikian.

Assalaamu’alaikum pak prabowo, saya mau tanya, saya tencana ambil KPR rumah subsidi dengan harga jual 158jt. Dan dp 15jt all in, booking fee 2jt. Rencana kpr di BTN syariah. Penghasilan saya 6,5. Perkiraan berapa ya cicila perbula kalau saya ambil yg 15tahun?

Dan Yg utama mau saya tanyakan ada persyaratan yg di beri. Surat aktif bekerja infonya harus di atas 2tahun, dan SK karyawan Tetap.
Kalau status karyawan sudah karyawan tetap, tetapi masa kerja di bawah 1 tahun bagaimana ya pak?

Masa kerja itu dihitung di perusahaan sekarang kerja apa bisa di akumulasi dari tempat kerja yang lama?

Assalaamu’alaikum pak prabowo, saya mau tanya, saya tencana ambil KPR rumah subsidi dengan harga jual 158jt. Dan dp 15jt all in, booking fee 2jt. Rencana kpr di BTN syariah. Penghasilan saya 6,5. Perkiraan berapa ya cicila perbula kalau saya ambil yg 15tahun?

Dan Yg utama mau saya tanyakan ada persyaratan yg di beri. Surat aktif bekerja infonya harus di atas 2tahun, dan SK karyawan Tetap.
Kalau status karyawan sudah karyawan tetap, tetapi masa kerja di bawah 1 tahun bagaimana ya pak?

Masa kerja itu dihitung di perusahaan sekarang kerja apa bisa di akumulasi dari tempat kerja yang lama?

Assalaamu’alaikum pak prabowo, saya mau tanya, saya tencana ambil KPR rumah subsidi dengan harga jual 158jt. Dan dp 15jt all in, booking fee 2jt. Rencana kpr di BTN syariah. Penghasilan saya 6,5. Perkiraan berapa ya cicila perbula kalau saya ambil yg 15tahun?

Dan Yg utama mau saya tanyakan ada persyaratan yg di beri. Surat aktif bekerja infonya harus di atas 2tahun, dan SK karyawan Tetap.
Kalau status karyawan sudah karyawan tetap, tetapi masa kerja di bawah 1 tahun bagaimana ya pak?

Masa kerja itu dihitung di perusahaan sekarang kerja apa bisa di akumulasi dari tempat kerja yang lama?

@ Gilang

Wa'alaykumsalaam. Terima kasih sudah atas kunjungannya Bung.

Untuk cicilan per bulan Bapak bisa menggunakan kalkulator KPR Syariah di sini : https://apps.prabowomurti.com/kalkulator-kpr-syariah/. Namun harus diketahui dulu tentang margin yang ditetapkan oleh pihak Bank. Nilainya kisaran (setara) 7-9.5% per tahun. Nanti dari situ dapat kita ketahui nilai cicilan per bulan yang kira-kira harus kita bayarkan sampai masa angsuran selesai.

Untuk masa kerja sepertinya memang harus di atas 2 tahun, Bung. Tapi jangan terlalu terpaku pada syarat-syarat tersebut. Kalau saya lihat dari penghasilan Bung sepertinya sudah mencukupi. Semoga (jika lebih baik lagi) bisa membeli rumah tanpa harus mencicil via bank. Aammin.

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih