Mendapatkan Kartu Kredit UOB Platinum One Card

Beberapa hari lalu saya mendapatkan kartu kredit UOB Platinum One Card. Kartu kredit UOB tipe ini sepertinya adalah tipe yang, setidaknya menurut penulis, agak "aneh bin salah kaprah". Ketika kita menuju website bank UOB Indonesia (dulunya bernama UOB Buana), terdapat informasi tentang tiga tipe kartu kredit : Preferred Platinum, One Card, dan Lady's Card.

kartu kredit
Ilustrasi Kartu Kredit

Platinum-platinum-an ala UOB

Platinum yang selama ini orang anggap sebagai kartu kredit kalangan berada dan lebih praestigiosus alias lebih berjumawa dibanding Gold apalagi Silver, mungkin dijadikan marketing trick. Bodo amat kalau keuntungan/privilege nggak seberapa, plus limitnya hanya cukup buat belanja di Alfamart. Yang penting design kartu keren, terkesan eksklusif, dan ada tulisan 'PLATINUM'. Jadi, mungkin One Card ini termasuk tipe Gold yang di-'Platinum'-kan. Dan Preferred Platinum itulah yang sebenarnya kartu kredit Platinum versi UOB. Sampai sekarang pun penulis belum mendapatkan informasi yang benar.

Meragukan Prosedur Aplikasi Kartu Kredit

Setelah kita berhasil membuat kartu kredit pertama, bersiaplah ditelpon oleh sales kartu kredit dari bank yang berbeda (yang bahkan namanya mungkin baru pertama kali kita dengar), agen asuransi, penawaran kredit tanpa agunan, sampai travel agen berbagai perusahaan. Anggap saja data Anda sudah bocor, kehidupan pribadi Anda sudah berada di tangan orang-orang perbankan.

Ingat aturan tak tertulis aplikasi kartu kredit : semakin berharap, maka semakin besar peluang aplikasi Anda ditolak. Demikian pula sebaliknya. Anda bisa saja tidak tanda tangan surat permohonan aplikasi kartu kredit, tidak memiliki nomor telepon rumah, dan tidak memiliki slip gaji yang nominalnya di atas Rp 10 juta per bulan. Mengapa harus lebih dari Rp 10 juta per bulan? Karena orang yang penghasilannya kecil tidak boleh punya kartu kredit lebih dari 2.

Keuntungan One Card UOB

Satu dari beberapa keuntungan yang dijanjikan oleh kartu kredit One Card UOB adalah program cash back 3% + 10%. Namun program ini, layaknya program marketing kartu kredit lain, terlihat rumit dan membingungkan. Cash back 3% didapat ketika total transaksi per bulan >= Rp 5 juta dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan berturut-turut. Sedangkan cash back 10% adalah cash back yang dihitung dari bunga yang dibebankan. Yang lebih rumit lagi adalah transaksi yang diperhitungkan tidak berasal dari program cicilan, cash on phone, dan tarik tunai.

Free Annual Fee Seumur Hidup Tanpa Syarat (?)

Seharusnya beban iuran tahunan kartu kredit One Card dari UOB adalah Rp 550ribu per tahun. Dari sales via telepon, saya dijanjikan untuk dibebaskan dari beban itu. Mengingat Om Priyadi pernah memiliki pengalaman buruk dengan tagihan iuran tahunan UOB, apakah itu membuat kita jadi percaya dengan percakapan sales kartu kredit via telepon?

Jika memang banyak orang beramai-ramai minta iuran tahunan digratiskan, dari mana bank akan membayar semua biaya operasional dari kartu kredit? Akankah bank hanya berharap banyak sekali orang memakai kartu kredit lalu menunggak dan membayar bunganya? Mengingat mudahnya membuat kartu kredit (tanpa harus ada slip gaji dan nomor telepon rumah), tidakkah ini membuat kita berpikir : suatu saat ini negara ini akan collapse karena hutang yang menggunung karena nasabah tak mampu membayar tagihan?

UPDATE : Free Annual Fee tidak berlaku, saya tetap ditagih iuran tahunan.

A programmer living in Indonesia. More

27 komentar

Saya suka design kartunya yang agak aneh dan warna putih seperti jam saya mas bowo. Itu doang sih kenapa aplly kartu uob one card putih haha

kok saya jadi ingat suatu kaum yang mengakali semua hal (yang bisa diakali)?

Bahaya klo punya kartu kredit ga dibayar. Masuk black list ga bisa urusan dengan dunia lembaga keuangan lagi

Wah saya juga merasa "tertipu" pak, kirain platinumnya yang limitnya gede. Ini mungin semacam kartu diskon begitu saja...

Mas bowo saya mau tanya, saya lagi butuh banget kartu kredit,tapi saya tidak punya ktp jakarta,tapi saya sudah bekerja di perusahaan tempat saya bekerja sekarang ini sudah lebih dari 2 tahun!yang jadi pertanyaan saya, bisa ga sih mengajukan kartu kredit di jakarta tapi ga punya ktp jakarta?mohon keterangannya ya...makasih sebelumnya

Ibu Eunice, kalau untuk KTP bisa saja dari daerah lain namun domisili kita harus jelas di Jakarta (memiliki nomor telepon rumah, dlsb).

Mas prabowo saya mau tanya
Saya ingin buat Cc namun usia saya mei ini baru 19th namun saya sdh bekerja di asuransi umum BCA selama 6bulan apakah saya bsa ajukan CC ?
Mohon pencerahannya thx

Kalau sales kartu kreditnya jago, bisa lolos Bu.

jadi intinya cerita di atas itu apa yg di bahas

Mendapatkan Kartu Kredit UOB Platinum One Card

W pnya cc platinum one card sudah 3 hari ga w aktifin hahahahaha.. Mikir ga ada guna nya buat apa juga! Yg ada kena beban tahunan

Emang limitnya brapa sih pak ?? sy jg ditawarin dan sudah mau dikirim nih...

Saya mendapatkan limit Rp 7 juta untuk kartu UOB platinum one card, teman saya malah dapat lebih rendah hanya Rp 5 juta

judul nya ja platinum tp limit ky yg gold
sama cashback bnyk syaratnya

Hehehe, memang promonya kurang seperti yang nasabah bayangkan :D

Dear mas prabowo,
mau tanya dong, kemarin saya di tlp dari UOB kalau kartu saya sedang diantar, tapi saya tidak meng apply kartu tersebut.
saya sudah menolak saya bilang ke sales/marketingnya kalau saya tidak apply, tp tau sendiri kan mereka memakai jurus nyerocos tanpa henti.

niat saya ketika kartu datang, mau saya langsung gunting saja, apakah tindakan saya tersebut benar? dan tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari? (tagihan iuran tahunan yg akan muncul)

setahu saya apabila kita tidak aktivasi, cc tersebut tidak aktif?
karena saya pernah punya pengalaman utk cc SCB, tanpa tlp tiba2 dateng kartu titanium atau apalah saya lupa waktu itu, begitu kartu dtg langsung saya gunting sampai hari ini sih tidak ada tagihan yang datang (kurang lebih kejadian sudah 3 tahun yang lalu).
kebetulan kartu tersebut kartu tambahan dari kartu utama saya.

terima kasih untuk respon yg diberikan

Salam kenal Bu Viana,

Setahu saya kalau kartu kredit tidak diaktifkan (baik dengan cara konfirmasi via telepon atau penggunaan / gesek pertama kali), maka selama itu pula kartu kredit tidak akan aktif.

Limit uob one platinum suami saya 37,5 juta. Naik 11,5 juta dari tahun kedua.
Mungkin ini benar kartu gold kelas atas, tapi limitnya cukup besar kok pak

Ma kasih om atas infonya jadi tau klo "GOLD" itu bisa pake rasa " PLATINUM" hahaaa...
Btw limit yg dikasih berapa om...mengingat saya baru di acc tapi belum terima kartu dan blm tau limitnya...tp udh dpt info klo kartunya PLATINUM ONE CARD heee

Halo Bung, terima kasih juga sudah berkunjung. Limit saya cuma 7 juta. Tapi sekarang sudah dinaikkan menjadi 10.5 juta Bung. Sebentar lagi mau saya non-aktifkan.

busyettt dah.. ada gituuu Platinum 3 jetong??... hahahhaa.... Logo Platinum tuh mustinya nempel pd karti dgn limit minimal 25 jetong... ya khann??

untuk ungkapan "semakin anda berharap maka peluang kartu kredit ditolak makin besar" benar sekali pak. Saya coba 2x ke BCA dan ditolak sampai percobaan ketiga tanpa pengharapan bakal disetujui alias pasrah tapi faktanya disetujui


heheheh

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

baca baca, katanya kalo sudah datang kartunya,diaktifian atau tidak sudah kena biaya tahunan yah...benar atau tidak sih?

@ Anonymous

Spertinya tidak benar. Biaya tahunan akan tetap ditagih setelah 1 tahun masa pemakaian.

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih