Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

Sebetulnya cara menggadaikan barang di pegadaian boleh dibilang lebih mudah daripada yang selama ini kita duga. Berikut saya ceritakan pengalaman saya menggadaikan emas (barang yang paling umum digadaikan di pegadaian) di Pegadaian Negeri Slipi Petamburan, Jakarta.

Mengapa memilih Pegadaian?

Pegadaian adalah salah satu BUMN yang pernah mau masuk ke bursa saham. Pegadaian memang memiliki aset yang banyak, sehingga dulu Dahlan Iskan berencana membuat PT Pegadaian IPO. Ada banyak sekali barang "sekolahan" yang nggak ditebus sama pemiliknya. Karena nilai pinjaman selalu lebih rendah (atau minimal sama dengan) nilai taksiran barang, otomatis pegadaian jarang merugi.

Menurut saya, setidaknya ada 2 alasan utama mengapa orang lebih senang ke Pegadaian. Pertama, bunga yang ditawarkan Pegadaian lebih rendah daripada rentenir. Pegadaian juga lebih terpercaya karena merupakan perusahaan plat merah. Kedua, prosesnya relatif cepat untuk sekadar mengejar likuiditas. Hampir apa saja bisa digadaikan, termasuk pakaian dan blender. Uang sudah di tangan tak sampai hitungan jam. Bandingkan dengan pasang iklan di OLX atau KasKus.

Syarat-syarat menggadaikan barang

Anda hanya membutuhkan fotokopi KTP atau SIM, dan membawa langsung barang yang ingin digadaikan. Selebihnya tinggal isi formulir seperti gambar berikut ini.

formulir permintaan pinjaman pegadaian

Nilai taksiran dan Nilai Pinjaman di Pegadaian

Setelah antri, kita akan diberitahu nilai taksiran dan nilai pinjaman maksimal yang diperkenankan. Nilai taksiran adalah perkiraan harga barang yang digadai, sedangkan nilai pinjaman adalah jumlah kredit maksimal yang bisa dipinjamkan oleh Pegadaian. Normalnya, nilai pinjaman selalu lebih rendah dariada nilai taksiran. Saya mau pinjam full, alias sesuai maksimal nilai pinjaman, yaitu Rp 4,2 juta. Ada biaya administrasi sebesar Rp 25ribu yang harus kita bayar, jadi dipotong saja dari nilai pinjamannya.

Berikut surat bukti kredit dari pegadaian.

surat bukti kredit pegadaian


Cara menebus barang di pegadaian

Bunga (disebut sebagai tarif sewa modal kalau di pegadaian) adalah sebesar 1.15% per 15 hari, sebulan berarti 2.3%. Dengan jangka waktu maksimal pengembalian selama 120 hari. Jangka waktu ini bisa diperpanjang, jadi kalau masih belum ada duit santai saja. Total saya mesti mengembalikan Rp 4,2 juta plus Rp 386.400 supaya barang yang digadai bisa "lulus dari sekolahan".

Saat mengembalikan pinjaman, cukup bawa KTP, surat bukti kredit, dan nota transaksi penerimaan uang, seperti gambar berikut ini.

nota transaksi penerimaan uang - pegadaian

My name is Prabowo Murti. I work as a web programmer. Drop an email to prabowo.murti gmail com, and I will reply soon.

1092 comments

«Oldest   ‹Older   1001 – 1092 of 1092   Newer›   Newest»

pak, mau tanya..
kalau nano spray bisa di gadaikan nda ya di pegadaian?

Dear Pak Prabowo

Apakah kita bisa menggadaikan sertifikat rumah ke pagadaian bukan untuk keperluan usaha?

Terima kasih

Mas, mau tanya apakah pelajar bisa melakukan pinjaman di pegadaian ?

Mas kalau gak punya ktp gimana soalnya masih pelajar
Ini mau gadai nb samsung

kalau mau gadaikan nb samsung gak pakai ktp atau sim bisa gak soalnya masih pelajar

mas, klau gaikan mobil biayanya brpa mas perbulan..?

saya mau menggedaikan mobil tapi STNK mati bsa gak mas?

Pak, mau tanya, di pegadaian itu bisa menggadaikan mesin fotokopi canon 3450 gak? kalau bisa prosedurnya bagaimana? barangnya berat, apakah harus dibawa langsung ke pegadaian terdekat? masih lengkap dan ad kwitansi pembelian, baru dipakai sekitar kurang lebih 8 bulanan. Terima kasih

Mas.saya mau tanya kalau untuk hp oppo f1s selfie experiet 2017 kira2 bisa gak di gade di pegadean kira2 taksiran nya berapa ya mas makasih

Salam hormat pak prabowo..
Pak, saya mau nanya.. saya mau gadaikan bpkb motor beat taon 2015 atas nama sendiri. Saya mau melakukan pinjaman dipegadaian sebesar 5jt. Jd cara pengembaliannya gmna ya pak hitungannya. Dan apabila semisalnya bulan kedua kita blm melakukan pembayaran sepenuhnya, apakah bs memperpanjang dgn membayar bunganya saja pak? Mohon infonya ya pak..terima kasih.

Pa klo hp msh dicicil bisa tidak ya di gadaikan?

Pak kalau saya mau gadai istri saya apakah pegadaian ingin menerimanya? Sertakan alasannya.

Bisa Pak, tapi pegadaian tidak akan mampu bayar. Karena istri (sholehah) tak ternilai harganya, sebaik-baik perhiasan dunia. Demikian.

Bisa menggunakan SIM, atau kartu identitas anggota keluarga lain.

Bisa menggunakan SIM, atau kartu identitas anggota keluarga yang lain.

Bisa. Coba bawa dengan membawa kuitansi pembelian.

Kalo mw gadai mas tapi ktp saya Lampung sedangkan saya tinggal di Pekanbaru apakah bisa.?

Mas numpang tanya saya mau gadai hanpon oppo f1s baru sy pke sebulan saya mau gadai semua masih lengkap dan kondisi 100% muluss cuma pas beli lupa kwitansi kira" bisa ga ya dan dapet berapa ?

Malam pak prabowo
Sya mau tanya untuk hp samsung j7 2016 itu taksiran dapt pinjaman berapa duit ya,klo digadai dipegadaian.
Mohon infonya pak prabowo, terimaksih

Harga belinya berapa? Keluaran tahun berapa?

pak saya mau tanya kalo gadai motor tp blom ada bpkb bisa gk ya

Mas..mau tanya,kalau TV LED aquos sharp 32 inch harga taksiran gadainya berapa ya?terima kasih

Mas saya mau gadai motor Vixion th.2013, tp BPKB saya masih sekolah kurang 6x dah lunas, bisa Ndak..?

Jika belum ada BPKB setahu saya tidak bisa.

Walaupun saya minta ket. Dr pihak bank dan melampirkan FC BPKB jg Ndak bisa pak..?

Saya kurang tahu kalau kasusnya seperti Bung, mungkin ada pembaca lain yang punya informasi / pengalaman serupa?

mas
pengen nanya , kalau saya gadaikan hp evercross U50 bisa ngga ?
keluaran februari 2017
baru 5 hari pemakaian
kmren saya beli 1.008.000
berapa kira2 pinjaman saya dptkan mas

Kalau handphone mungkin di kisaran 70 persen dari harga pembelian, Bung. Dilihat dari tahun keluarannya kemungkinan besar bisa.

assalamualaikum pak/ibu.
saya mau menanyakan, apakah hp lenovo a6000/ a6000+ bsa digadaikan ke pegadaian ? dikarenakan saya lagi membutuhkan uang untuk membantu seseorang, terima kasih sebelumnya

pak kalo misal.nya saya gadai.in snare drum tapi gk ada kwitansi dan sbg. hanya snare drum saja bisa apa tidak. dan kalo saya tidak men.cicil.nya apakah sanre drum tersebut di ambil sm pegadaian.

Maaf mas mau tanya. Kalau kita sudah gadai emas. Trs mau gadai lagi...tapi yg sblmnya blm lunas gmn? Bolehkah?

Maaf mas mau tanya. Kalau kita sudah gadai emas. Trs mau gadai lagi...tapi yg sblmnya blm lunas gmn? Bolehkah? Tlong solusinya makasih

Maaf saya kurang tahu, mungkin pembaca yang lain ada info?

Seharusnya tidak masalah. Sepertinya sudah ada pembaca lain yang berpengalaman, Mbak.

Maaf kak, mau tanya.
Kalau mau gadai laptop keluaran 2012 tapi tidak ada kwitansinya, kira-kira bisa nggak ya?
Terima kasih.

Selamat siang, mau tanya saya punya Laptop Asus core i3 blan desember tahun 2016 kelengkapan lengkap (dus buku garansi) tapi kwitansi pembeliannya hilang. Bisa tdk di gadai ? Trims

Mas mau tanya kalo mau gadai kalung mas bisa gk yaa...?

ga masalah kita mau gadai lg berkali2..kl yg duluan blm lunas..yg pnting kasih barang baru lg buat digadaiin ke pegadaian...khan pegadaianya aman aja selama mereka megang barang kita yg ditaksir lbh rendah dr pasaran,..kita ga bisa byr ..ya pegadaianya tinggal lelang aj brng kita..hehe..

MAS klau saya mau gadai sepeda sama headset gaming bisa nggak?
Mohon di jawab

Terus terang saya tidak tahu Bung Saddam. Namun tidak ada salahnya mencoba langsung ke pegadaian. Semoga berhasil.

mas saya mau gadaikan motor bukan bpkbnya, bisa gak ya ? soalnya bpkbnya sudah di gadaikan juga.. saya butuh dana cepat, tolong bales terimakasih..

Kalau ke pegadaian setahu saya tidak bisa, Bu. Semoga masalah Ibu bisa cepat terselesaikan tanpa pegadaian. Aamiin.

Ario Andela putra May 02, 2017 6:29 am

Mas saya mau tanya,berapa dana yang bisa cair kalau menggadaikan hp asus zenfone 2laser?

Mas, kalo gadai iPhone 6s bisa gk yah? Kmarin sya beli 10jt'an. Kira2 brp pinjaman yg bisa sya dpatkan ya?
Trima kasih sbelumnya?

Kalau nilai taksiran persis nya saya kurang tahu, kemungkinan masih tinggi karena keluaran tidak terlalu lama. 8 juta mungkin masih dapet Bu.

Mas bisa gak kalo gadai komputer pc 1 set

Maaf saya kurang tahu karena belum pernah pengalaman. Mungkin pembaca lain ada opini?

mas saya mau tanya klo saya mau gadaikan motor beat STNK sja bisa gk mas.

Kurang tahu saya, Bung. Mungkin pembaca lain ada saran?

mas kalau gadaiin jamsostek bisa ga mas, mksh

Om aq mau gadaikan hp axioo ax5 ram 3Gb aku bli 7 bulan yg lalu harga bli 1.800jt kira2 di taksir berapa ya

Mas saya mau tanya. Kalau mau gadai motor tanpa BPKB dan motor itu atas nama pribadi pajak lancar bisa ga ya. Krena posisi seorang perantaua.

Mas kalo gadai akta jual beli rumah bisa ? Tolonv bls

Kalau dilihat dari komentar sebelumnya, tidak bisa. Mungkin ada masukan lain dari pembaca?

Hitung kasar 70 persen dari harga beli.

Setahu saya belum bisa, Bung.

Setahu saya belum bisa bila belum ada sertifikat kepemilikan rumah/tanah.

Bisa nanya ngk?berapaan taksirannya kalau bpkb motor jumiter mx digadaikan ; keluaran 2014

winggih sundoyo June 21, 2017 11:15 pm

Assalamualaikum mas, klo gdain bpkbnya sma motornya kn bsa tuh, tp klo pajak spda, sma platnya mati, bsa nggk mas.? Tp d gadain smuanya.

Saya mau tnya klo saya gadai hp samsung grand duos bisa gak ya?

Permisi mas prabowo, saya mau gadai iphone 6 64gb bisa mas ? Kira2 bisa dapet berapa ya dari pengalaman yang mas tau. Terimakasih

Mas sy kan puny brg gadaian ni(kalung emas) btw sdh mau hmpir slesai wktunya.. klo misalkn sy btuh uang pinjaman lg dari kalung trsbt (brg gadaian yg sama)gmn tuh? Bisa nggk sdgkn kalungny msh dlam masa pnggadaian..
istilahnya klo dlm gadai motor di finanance.. di leasing gitu

Klu gadai motor tapi bpkb bukan atas nama kita gimana ya..?

muhammad fadlyansyah September 04, 2017 8:19 pm

Saya mau gada motor saya bisa kagak gan

Saya mau gadai hp oppo f1s, memori internal 3gb. Pembelian februari 2017. Harga beli 3.5jt

Bisa dapat taksiran berapa ya mas?

Bisa, tapi nominalnya saya tidak tahu.

Sepertinya sudah ada yang pernah share di komentar. Rasanya bisa, jadi kita bayar / lunasi dulu sisa tagihannya dari pinjaman.

Sudah sering dibahas dan jawabannya: tidak bisa.

Mas saya mau tanya. Klo misalkan umur kita msh dibawah 17 thun dan ingin menggadaikan perak, kira2 bs gk ya? Dan setelah digadaikan apakah msh kena cas bunga?

gadaikan surat tanah bisa bu/pak? trima kasih

Kalau di bawah 17 tahun sepertinya tidak bisa. Solusinya bisa menggunakan kartu identitas orang tua.

Informasinya sangat membantu. Terima kasih

Saya mau menggadaikan iphone 7+ yg kelengkapannya cuman charger sama kwitansi, bisa bg?.
Kan persyaratannya bwk ktp bg, kalok ktp nya masih resi gimana? Soalnya yg asli blm siap..
Makasih:v

Berarti kalo sy mw gadai laptop asus core i3 kluaran nov 2011 jg ga bs ya kang?

Apakah laptop asus core i3 thn 2011 bs digadaikan?

Berarti kalo sy mw gadai laptop asus core i3 kluaran nov 2011 jg ga bs ya kang?

Kira kira laptop asus core i3 bd digadai ga ya?

Kalau keluaran tahun 2011, mungkin agak sulit Bu. Dicoba saja ditanyakan ke pegadaian terdekat. Semoga berhasil.

Saya ingin menggadaikan laptop tetapi KTP yg dipakai KTP org tua saya, bisa tidak ya?

Rilis tahun berapa ya? Untuk aman mungkin harus maksimal 2 tahun lalu.

Bisa. Tapi nanti untuk amannya pakai surat kuasa.

Kalau sebelum jatuh tempo sudah diingatkan untuk melunasi atau memperpanjang melalui sms, sekarang sudah lewat jatuh tempo tinggal tunggu tanggal lelang apakah ada pemberitahuan melalui surat dikirim ke alamat ktp?

Kalau sebelum jatuh tempo sudah diingatkan untuk melunasi atau memperpanjang melalui sms, sekarang sudah lewat jatuh tempo tinggal tunggu tanggal lelang apakah ada pemberitahuan melalui surat dikirim ke alamat ktp?

Kalau sebelum jatuh tempo sudah diingatkan untuk melunasi atau memperpanjang melalui sms, sekarang sudah lewat jatuh tempo tinggal tunggu tanggal lelang apakah ada pemberitahuan melalui surat dikirim ke alamat ktp?

Mohon maaf kalau itu saya kurang tahu. Mungkin ada pembaca lain yang punya pengalaman serupa. Mengapa tidak ditebus / dilunasi Bu?

Saya mau tanya bisa tidak paspor saya
Saya gadaikan

Ass kak saya mau bertanya,, apakah menggadai barang bisa di wakilkan? Saya tidak punya ktp karna saya masih kelas 9smp, saya bakal kasih ktp ibu saya, apakah itu bisa?

Ass kak saya mau bertanya, apakah menggadai barang bisa di wakilkan? Karna saya belum mempunyai ktp soalnya saya masih kelas 9smp, apakah dana gadai bisa cair kalo saya kasih nya ktp yang milik ibu saya?

Setahu saya pihak pegadaian tidak menerima jaminan berupa Paspor, Bung.

Bisa diwakilkan dengan membawa surat kuasa.

«Oldest   ‹Older   1001 – 1092 of 1092   Newer›   Newest»

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih