Jasa Gesek Tunai Kartu Kredit, Seberapa Menguntungkan?

Jasa gesek tunai atau lazim dikenal sebagai "gestun" untuk kartu kredit, kini telah menggurita baik di forum-forum online seperti Kaskus maupun merchant-merchant besar (seperti toko emas di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara). Seperti apa teknis dari jasa gesek tunai kartu kredit ini? Mengapa nasabah kartu kredit lebih memilih jasa "esek-esek" seperti ini dibandingkan menggunakan jasa tarik tunai dari bank yang mengeluarkan kartu kredit?


Simulasi Gesek Tunai

Kita langsung contoh kasus saja. Ibu Romlah memiliki kartu kredit BCA dan ingin punya uang cash untuk belanja harian. Sayangnya, penghasilan suaminya yang sekadar supir angkot jurusan Tanah Abang - Kampung Melayu, sedang surut. Ibu Romlah pun pergi ke warnet, lalu searching di Google dengan keyword "jasa gesek tunai", dan menemukan merchant Toko Emas Ah Tung. Toko Emas Ah Tung sejatinya adalah merchant yang memiliki mesin EDC BCA dan mematok tarif hanya 2% dari nilai tunai yang diambil.

Ibu Romlah pun berkongsi dengan Ah Tung, melakukan transaksi virtual (bohong-bohongan) dengan struk belanja bohongan, seolah-olah Ibu Romlah telah membeli emas dari Ah Tung senilai Rp 1juta. Dari sisi Bank BCA, transaksi ini dianggap normal, yaitu pembelian emas dengan kartu kredit, senilai Rp 1juta. Namun dari sisi Ah Tung dan Ibu Romlah, transaksi ini adalah transaksi gesek tunai. Ah Tung pun memperoleh "upah" senilai 2% yakni Rp 20.000. Nominal yang lumayan untuk sekali makan siang di warung Padang.

Perbandingan Jasa Gesek Tunai dan Tarik Tunai

Dibanding tarif tarik tunai yang berkisar 4%, tarif Ah Tung memang lebih menguntungkan. Coba saja bayangkan, bila nominalnya bukan hanya Rp 1juta, tapi katakan Rp 200juta atau bahkan lebih. Selisihnya kalikan saja, 4%-2% kali Rp 200juta. Tentu cara ini tidak dibenarkan karena merupakan transaksi palsu. Tapi, kita juga mesti ingat bahwa pihak bank bukanlah lembaga sosial yang semua pegawainya tersenyum ramah tanpa maksud bengis. Mereka juga perlu nasabah, perlu biaya untuk membeli blazer yang bagus untuk pihak marketingnya, dan biaya telepon untuk selalu mengganggu Anda dengan tawaran personal loan.

Cara bank juga terlihat bengis, karena terkadang ada biaya-biaya tersembunyi yang diberlakukan tanpa persetujuan Anda. Yang simpel saja, biaya materai. Mungkin nominalnya Rp 6000, tak terlampau besar, kalau sekali waktu. Bank tak mau rugi, jadi biaya-biaya semacam itu mereka biarkan pihak nasabah yang menanggungnya. Penulis pribadi sangat mendukung adanya praktek-praktek "Jasa Gesek Tunai", karena ini akan mematikan layanan gestun dari Bank, sehingga kemungkinan terbesarnya adalah pihak bank akan sedikit melunak dengan menurunkan tingkat suku bunga atau biaya-biaya terselubung lain. Penulis pun malas sekali berurusan dengan pihak Bank, di samping haram (bila melibatkan bunga/riba), hampir tak ada keuntungan ekonomis berarti, kecuali kita secara tak sadar dibuat miskin pelan-pelan.

Penurunan Suku Bunga oleh Bank Indonesia

Dengan diberlakukannya penurunan suku bunga oleh Bank Indonesia melalui Peraturan Bank Indonesia No. 14/2/PBI/2012 dan Surat Edaran BI No. 14/17/DASP, maka bunga tarik tunai menjadi 2,95% saja. Peraturan ini berlaku sejak 1 Januari 2013 lalu, mungkin karena banyak sekali bank yang mematok bunga yang tak masuk akal. Penulis tentu berharap kita semua menjadi nasabah yang baik dengan menghindari konsumsi kartu kredit berlebihan sehingga memungkinkan telat bayar, apalagi sampai didatangi debt collector yang kekar dan tatoan. Selain juga karena memberi kesan bagus pada "rapor" kita di Bank Indonesia (Lancar > Dalam Perhatian Khusus > Kurang Lancar > Diragukan > Macet).

PS : Ibu Romlah dan Toko Ah Tung adalah tokoh fiktif, kesamaan dengan realita sebenarnya adalah kebetulan semata.

A programmer living in Indonesia. More

39 komentar

Gestun lewat bank kena biaya macam2 : Administrasi, Bunga dan Materai. Kalo lewat merchant cuku bayar fee aja, besarnya juga dibawah suku bunga yang dikenakan oleh bank. Masyarakat gak bodoh kok .. tentu saja pilih yang lebih murah ... hehe.. Mau tahu tempat gestun di seluruh Indonesia? Silahkan kunjungi blog saya ...

Ah Tung hanya mendapat keuntungan 1,1% karena setiap transaksi di mesin EDC BCA menggunakan kartu kredit BCA dikenakan biaya 0,9% oleh BCA. Jika menggunakan kartu kredit berlogo Master atau Visa malah dikenakan biaya 2,25% oleh BCA.

Oh, begitu ya? Baru tahu saya.. Saya pikir Bank sudah menanggung biaya merchant yang 0,3%-0,9% itu. Terima kasih atas informasinya.

kalo mesin edc BNI, bukopin, mandiri, dll. itu biayanya kira kira sama aj ga dgn edc bca

gan mau info tempat gestun di kalimantan selatan
juga mau nanya buat gestun gimana cara nya

Kalau jasa gestun di Kalimantan Selatan, saya kurang paham Mas Arif. Tapi kalau di Jakarta saja banyak, saya pikir di Kalimantan Selatan juga pasti ada. Saya iseng search dengan kata kunci "jasa gesek tunai banjarmasin" dan mendapat kontak berikut :

Contact: 089611000100 Pin BB : 22BBCD9D Lokasi : Duta Mall, D'Poste Junction, QMall, Pertokoan CBS

Dicoba kontak saja Mas Arif, siapa tahu bisa bantu. Terima kasih.

kalau merchant pemilik mesin edc ketahuan phk bank melakukan transaksi gestun ,ada sanksinya eggak secara hukum

Gan share info t4 gestun di daerah Blok M dan sekitarnya dunk..

Terimakasih gan

tanya gan , gestun yang ada di bogor tempatnya dimana aja
makasih sebelumnya atas info nya

Salam kenal Bung Djajat,

Maaf saya kurang tahu. Mungkin ada pembaca lain yang punya info?

gan mau info tempat gestun ditangerang & jakarta ? ane posisi ditangerang...

Maaf Gan, nggak punya infonya. Mungkin ada pengunjung lain yang bisa bantu?

Saya ada rencana mau buka usaha gestun di daerah tangerang, ada yg bisa bantu ga kasih saran tempat yg bagus, rame dan belum ada saingan usaha yg sama.
Terima kasih.

Penjualan bruto di bwah = 4.8M kena pajak final 1% ,
si engkoh cuma dapat 0.1%

PONTIANAK Gestun dan Gesok. Visa Master. Special Rate BCA CARD. 3 EDC beda nama Merchant. telp/sms/whatsapp 082152273011 telp/sms 085750878910 pin bb 25F7F7F3

Untuk area BSD/Bintaro, bisa contact saya sms/wa di 081284150400.

Makasih

Untuk di kalimantan selatan , banjarmasin... bisa gestun dengan gestun amanah..... info 087772222960 atau 085393222265

gan mau tanya kalo buka usaha gestun berapa % keuntungannya??trmksh

[…] tarik tunai dengan alasan apapun. Kalau Anda memang benar-benar terdesak, bisa memanfaatkan jasa gesek tunai yang biasanya dijual di merchant-merchant bawah tanah.  Tindakan ini adalah tindakan ilegal, […]

Jatinegara tlg info tempat gestun nya om...

thank

gan, mau info gestun daerah bekasi atau jkt tim
,tq

Jasa gestun medan...
Jln iskandar muda,depan apotik iskandar muda,medan baru pringgan medan...
Hub: 085261012026

Saya eva bergerak dibidang gestun..kami siap melayani permasalahan anda. Silahkan hubungi saya via whats app 08962795459..dengan keramahan kami yang menjadi yang utama untuk anda..

Kami di jakarta siap melayani bapak..089627954599..eva bisa lwat wa jg bu..terimakasih

Kami bergerak di bidang gestun dan bertempat di jakarta..kami bisa membantu permasalahan anda seputar credit card anda..WA saya di 089627954599..terimakasih

Kami bisa melayani kebutuhan anda akan seputar credit card anda..gestun dll..hubungi saya via WA di 089627954599..eva..terimakasih

halo mbak yanti..silahkan hubungi saya di 089627954599..kami senang melayani dengan senang hati setiap customer kami yang datang.dan kami juga akan memenuhi panggilan anda sehingga and tidak perlu repot pergi keluar rumah atau kantor dab bertemu kemacetan dijalan..kami senang anda juga senang..terimakasih

Haloo..saya eva ..saya bekerja pada bidang jasa tarik tunai..(gestun)hubungi saya di 0822 1972 4492..terimakasih.kami ada di jakarta barat..

saya pengen gestun daerah salemba kira2 sebelah mana yang ada ya?

hub saya di 081280580573

GESTUN YOGYAKARTA HUB 085399330722

GRATIS Jasa Apply kartu kredit , pilihan bank banyak.
Jasa GESTUN visa / mastercard kota bogor

Wa: 08987776828
Bbm: 5D3BFC02

Gestun Kota bogor

Sms/wa: 08987776828
Bbm: 5D3BFC02

JASA GESTUN / TARIK TUNAI KARTU KREDIT VISA / MASTERCARD Kota Bogor

Syarat:
• Gestun tidak dapat diwakil kan
• wajib nama pemilik kartu kredit = KTP = pemilik rekening bank
• Sistem via transferbank
• Minimum Rp 1 juta
• fee 3%
• Pastikan anda punya & ingat PIN kk
• Beda bank dengan kami kena biaya transfer antarbank Rp 7500
Silahkan anda kontak kami u/ alamat lengkap dan buat janji, toleransi kami tunggu anda 1 jam
karena limit dana akan kami gunakan u/ konsumen lain
Rahasia & keamanan anda terjamin

RATE PROMO
• berlaku tanggal 1 - 7 setiap bulan
• 2.8 % untuk dibawah 30 juta
• 2.5% minimum 30 jt keatas

Tips:
Lakukan wisata gestun, untuk dapat limit paus jgn di edc yg sama terus


SMS / WA: 0898 777 6828
BBM: 5D3BFC02
Lokasi: Stasiun KRL bogor, Pasar anyar kembon kembang

dimana ya bisa gestun bca ??
tangerang atau jakarta
please info

gan/sist ada yang tau tempat gestun tapi dengan mesin edc bukopin?
krn cc saya dr bank bukopin yang menerbitkan,jadi bukan visa/master

Devi Della sekarsari September 20, 2017 8:14 PM

Tolong di info dong.... Dimedan dimana bsa gestun tapi memakai mesin edc bukopin....
Saya dapat kartu kredit bank bukopin... Tpi bukan berlogo master / visa.....

Thanks on your marvelous posting! I genuinely
enjoyed reading it, you happen to be a great
author.I will make certain to bookmark your blog and will often come back down the road.
I want to encourage you to ultimately continue your great job, have a nice morning!

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih