Skip to main content

Mendapatkan Kartu Kredit UOB Platinum One Card

Beberapa hari lalu saya mendapatkan kartu kredit UOB Platinum One Card. Kartu kredit UOB tipe ini sepertinya adalah tipe yang, setidaknya menurut penulis, agak "aneh bin salah kaprah". Ketika kita menuju website bank UOB Indonesia (dulunya bernama UOB Buana), terdapat informasi tentang tiga tipe kartu kredit : Preferred Platinum, One Card, dan Lady's Card.

kartu kredit
Ilustrasi Kartu Kredit

Platinum-platinum-an ala UOB

Platinum yang selama ini orang anggap sebagai kartu kredit kalangan berada dan lebih praestigiosus alias lebih berjumawa dibanding Gold apalagi Silver, mungkin dijadikan marketing trick. Bodo amat kalau keuntungan/privilege nggak seberapa, plus limitnya hanya cukup buat belanja di Alfamart. Yang penting design kartu keren, terkesan eksklusif, dan ada tulisan 'PLATINUM'. Jadi, mungkin One Card ini termasuk tipe Gold yang di-'Platinum'-kan. Dan Preferred Platinum itulah yang sebenarnya kartu kredit Platinum versi UOB. Sampai sekarang pun penulis belum mendapatkan informasi yang benar.

Meragukan Prosedur Aplikasi Kartu Kredit

Setelah kita berhasil membuat kartu kredit pertama, bersiaplah ditelpon oleh sales kartu kredit dari bank yang berbeda (yang bahkan namanya mungkin baru pertama kali kita dengar), agen asuransi, penawaran kredit tanpa agunan, sampai travel agen berbagai perusahaan. Anggap saja data Anda sudah bocor, kehidupan pribadi Anda sudah berada di tangan orang-orang perbankan.

Ingat aturan tak tertulis aplikasi kartu kredit : semakin berharap, maka semakin besar peluang aplikasi Anda ditolak. Demikian pula sebaliknya. Anda bisa saja tidak tanda tangan surat permohonan aplikasi kartu kredit, tidak memiliki nomor telepon rumah, dan tidak memiliki slip gaji yang nominalnya di atas Rp 10 juta per bulan. Mengapa harus lebih dari Rp 10 juta per bulan? Karena orang yang penghasilannya kecil tidak boleh punya kartu kredit lebih dari 2.

Keuntungan One Card UOB

Satu dari beberapa keuntungan yang dijanjikan oleh kartu kredit One Card UOB adalah program cash back 3% + 10%. Namun program ini, layaknya program marketing kartu kredit lain, terlihat rumit dan membingungkan. Cash back 3% didapat ketika total transaksi per bulan >= Rp 5 juta dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan berturut-turut. Sedangkan cash back 10% adalah cash back yang dihitung dari bunga yang dibebankan. Yang lebih rumit lagi adalah transaksi yang diperhitungkan tidak berasal dari program cicilan, cash on phone, dan tarik tunai.

Free Annual Fee Seumur Hidup Tanpa Syarat (?)

Seharusnya beban iuran tahunan kartu kredit One Card dari UOB adalah Rp 550ribu per tahun. Dari sales via telepon, saya dijanjikan untuk dibebaskan dari beban itu. Mengingat Om Priyadi pernah memiliki pengalaman buruk dengan tagihan iuran tahunan UOB, apakah itu membuat kita jadi percaya dengan percakapan sales kartu kredit via telepon?

Jika memang banyak orang beramai-ramai minta iuran tahunan digratiskan, dari mana bank akan membayar semua biaya operasional dari kartu kredit? Akankah bank hanya berharap banyak sekali orang memakai kartu kredit lalu menunggak dan membayar bunganya? Mengingat mudahnya membuat kartu kredit (tanpa harus ada slip gaji dan nomor telepon rumah), tidakkah ini membuat kita berpikir : suatu saat ini negara ini akan collapse karena hutang yang menggunung karena nasabah tak mampu membayar tagihan?

UPDATE : Free Annual Fee tidak berlaku, saya tetap ditagih iuran tahunan.

Comments

  1. Saya suka design kartunya yang agak aneh dan warna putih seperti jam saya mas bowo. Itu doang sih kenapa aplly kartu uob one card putih haha

    ReplyDelete
  2. kok saya jadi ingat suatu kaum yang mengakali semua hal (yang bisa diakali)?

    ReplyDelete
  3. Bahaya klo punya kartu kredit ga dibayar. Masuk black list ga bisa urusan dengan dunia lembaga keuangan lagi

    ReplyDelete
  4. Wah saya juga merasa "tertipu" pak, kirain platinumnya yang limitnya gede. Ini mungin semacam kartu diskon begitu saja...

    ReplyDelete
  5. Mas bowo saya mau tanya, saya lagi butuh banget kartu kredit,tapi saya tidak punya ktp jakarta,tapi saya sudah bekerja di perusahaan tempat saya bekerja sekarang ini sudah lebih dari 2 tahun!yang jadi pertanyaan saya, bisa ga sih mengajukan kartu kredit di jakarta tapi ga punya ktp jakarta?mohon keterangannya ya...makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Ibu Eunice, kalau untuk KTP bisa saja dari daerah lain namun domisili kita harus jelas di Jakarta (memiliki nomor telepon rumah, dlsb).

    ReplyDelete
  7. Mas prabowo saya mau tanya
    Saya ingin buat Cc namun usia saya mei ini baru 19th namun saya sdh bekerja di asuransi umum BCA selama 6bulan apakah saya bsa ajukan CC ?
    Mohon pencerahannya thx

    ReplyDelete
  8. Kalau sales kartu kreditnya jago, bisa lolos Bu.

    ReplyDelete
  9. jadi intinya cerita di atas itu apa yg di bahas

    ReplyDelete
  10. Mendapatkan Kartu Kredit UOB Platinum One Card

    ReplyDelete
  11. W pnya cc platinum one card sudah 3 hari ga w aktifin hahahahaha.. Mikir ga ada guna nya buat apa juga! Yg ada kena beban tahunan

    ReplyDelete
  12. Emang limitnya brapa sih pak ?? sy jg ditawarin dan sudah mau dikirim nih...

    ReplyDelete
  13. Saya mendapatkan limit Rp 7 juta untuk kartu UOB platinum one card, teman saya malah dapat lebih rendah hanya Rp 5 juta

    ReplyDelete
  14. judul nya ja platinum tp limit ky yg gold
    sama cashback bnyk syaratnya

    ReplyDelete
  15. Hehehe, memang promonya kurang seperti yang nasabah bayangkan :D

    ReplyDelete
  16. Dear mas prabowo,
    mau tanya dong, kemarin saya di tlp dari UOB kalau kartu saya sedang diantar, tapi saya tidak meng apply kartu tersebut.
    saya sudah menolak saya bilang ke sales/marketingnya kalau saya tidak apply, tp tau sendiri kan mereka memakai jurus nyerocos tanpa henti.

    niat saya ketika kartu datang, mau saya langsung gunting saja, apakah tindakan saya tersebut benar? dan tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari? (tagihan iuran tahunan yg akan muncul)

    setahu saya apabila kita tidak aktivasi, cc tersebut tidak aktif?
    karena saya pernah punya pengalaman utk cc SCB, tanpa tlp tiba2 dateng kartu titanium atau apalah saya lupa waktu itu, begitu kartu dtg langsung saya gunting sampai hari ini sih tidak ada tagihan yang datang (kurang lebih kejadian sudah 3 tahun yang lalu).
    kebetulan kartu tersebut kartu tambahan dari kartu utama saya.

    terima kasih untuk respon yg diberikan

    ReplyDelete
  17. Salam kenal Bu Viana,

    Setahu saya kalau kartu kredit tidak diaktifkan (baik dengan cara konfirmasi via telepon atau penggunaan / gesek pertama kali), maka selama itu pula kartu kredit tidak akan aktif.

    ReplyDelete
  18. Limit uob one platinum suami saya 37,5 juta. Naik 11,5 juta dari tahun kedua.
    Mungkin ini benar kartu gold kelas atas, tapi limitnya cukup besar kok pak

    ReplyDelete
  19. Ma kasih om atas infonya jadi tau klo "GOLD" itu bisa pake rasa " PLATINUM" hahaaa...
    Btw limit yg dikasih berapa om...mengingat saya baru di acc tapi belum terima kartu dan blm tau limitnya...tp udh dpt info klo kartunya PLATINUM ONE CARD heee

    ReplyDelete
  20. Halo Bung, terima kasih juga sudah berkunjung. Limit saya cuma 7 juta. Tapi sekarang sudah dinaikkan menjadi 10.5 juta Bung. Sebentar lagi mau saya non-aktifkan.

    ReplyDelete
  21. busyettt dah.. ada gituuu Platinum 3 jetong??... hahahhaa.... Logo Platinum tuh mustinya nempel pd karti dgn limit minimal 25 jetong... ya khann??

    ReplyDelete
  22. untuk ungkapan "semakin anda berharap maka peluang kartu kredit ditolak makin besar" benar sekali pak. Saya coba 2x ke BCA dan ditolak sampai percobaan ketiga tanpa pengharapan bakal disetujui alias pasrah tapi faktanya disetujui


    heheheh

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulisan Terpopuler

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

Sebetulnya cara menggadaikan barang di pegadaian boleh dibilang lebih mudah daripada yang selama ini kita duga. Berikut saya ceritakan pengalaman saya menggadaikan emas (barang yang paling umum digadaikan di pegadaian) di Pegadaian Negeri Slipi Petamburan, Jakarta.
Mengapa memilih Pegadaian? Pegadaian adalah salah satu BUMN yang pernah mau masuk ke bursa saham. Pegadaian memang memiliki aset yang banyak, sehingga dulu Dahlan Iskan berencana membuat PT Pegadaian IPO. Ada banyak sekali barang "sekolahan" yang nggak ditebus sama pemiliknya. Karena nilai pinjaman selalu lebih rendah (atau minimal sama dengan) nilai taksiran barang, otomatis pegadaian jarang merugi.

Menurut saya, setidaknya ada 2 alasan utama mengapa orang lebih senang ke Pegadaian. Pertama, bunga yang ditawarkan Pegadaian lebih rendah daripada rentenir. Pegadaian juga lebih terpercaya karena merupakan perusahaan plat merah. Kedua, prosesnya relatif cepat untuk sekadar mengejar likuiditas. Hampir apa saja bisa di…

Apa Itu Opportunity Cost?

Secara sederhana, opportunity cost atau biaya peluang adalah biaya yang timbul karena memilih sebuah kegiatan bisnis tertentu dibanding kegiatan bisnis yang lain. Katakanlah Anda memiliki modal bisnis tambahan sebesar Rp 100juta. Dengan uang Rp 100juta tersebut, Anda memilih untuk menambah jumlah mesin, daripada menyewa ruko baru untuk ekspansi regional.

Kegiatan bisnis A : menambah jumlah mesin, menghabiskan dana yang sama dengan kegiatan bisnis B (menyewa ruko baru). Padahal, bila dihitung dan dilakukan riset sedikit, Anda bisa mengetahui bahwa menambah jumlah mesin baru tidak menghasilkan keuntungan yang sebanding bila Anda memilih untuk menyewa ruko baru untuk penetrasi pasar. Keputusan Anda untuk memilih kegiatan bisnis A, berakibat adanya opportunity cost (biaya peluang) Anda tidak bisa menghasilkan keuntungan sebesar ketika Anda memilih kegiatan bisnis B.
Opportunity cost bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat Anda menunggu bis. Ada yang menghabiskan waktu de…

Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Beli Asuransi

Asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi investasi, dan berbagai macam model asuransi lainnya, semakin berkembang sejak tahun 1998 di negeri ini. Mengapa? Karena sejak peristiwa kerusuhan Mei, orang mulai sedikit cemas. Bagaimana mengamankan aset yang sudah diraih, atau memastikan apa yang akan dicapai dalam waktu sekian tahun mendatang? Pendidikan anak saya siapa yang jamin? Kalau mobil saya kenapa-kenapa, duit siapa buat bayar bengkel? Kalau saya satu-satunya tulang punggung keluarga dan mati kena serangan jantung/stroke, siapa yang ngasih makan istri dan anak?



Semua pertanyaan-pertanyaan yang solusinya tidak pasti, seolah-olah bisa dijawab dengan asuransi. Bukannya saya nggak seneng sama asuransi, tapi kalau pertanyaannya adalah "Apakah kita membutuhkan asuransi?" mungkin jawaban sebenarnya adalah "belum tentu". Contoh saja, kalau umur Anda 25 tahun, masih segar bugar, tidak punya tanggungan siapa-siapa (hidup sendiri alias masih single), agak mengherankan ap…

Pengalaman Membuat Kartu Kredit

Kalau ada pertanyaan, apa sih yang membuat aplikasi kartu kredit kita diterima atau ditolak oleh bank? Jawaban sebenarnya adalah, tidak ada yang tahu pasti. Katanya harus bekerja minimal setahun, katanya lagi minimal penghasilan harus sekian juta sebulan, katanya lagi mesti ada saldo terendap sekian rupiah di tabungan. Semua serba katanya dan katanya. Bahkan pegawai bank sendiri tidak bisa memberi Anda alasan bila aplikasi kartu kredit Anda ternyata REJECTED.
Namun yang saya tahu, memang ada beberapa hal yang "memperkuat" kemungkinan aplikasi Anda diterima oleh Bank. Beberapa alasan tersebut adalah Bukan tipikal nasabah yang bermasalah Tahukah Anda bahwa sebetulnya data kita di Bank Indonesia memiliki rapor tersendiri. Katakan kita sudah terlanjur mencicil apartemen, dan tercatat beberapa kali menunggak atau telat bayar. Di mata Bank Indonesia, nilai kita sudah minus. Rapor tersebut dikenal dengan sebutan BI Checking, dan laporan ini bisa diakses oleh semua bank dan lembaga…

Syarat KPR BTN Syariah (Seri 1)

Syarat KPR BTN Syariah mirip dengan pengajuan KPR di Bank Syariah lainnya. Prosesnya pun relatif panjang, mulai dari kelengkapan berkas, proses wawancara hingga survey lokasi rumah. Mari kita bahas satu per satu.
Tentang KPR BTN Platinum iB Produk KPR di BTN Syariah pembiayaannya ada berbagai macam. Salah satunya adalah KPR BTN Platinum iB. KPR BTN Platinum iB adalah produk pembiayaan dalam rangka pembelian rumah, ruko, rukan, rusun, atau apartemen bagi nasabah perorangan dengan akad murabahah atau jual beli. Banyak sekali bank yang tidak lagi menalangi pembiayaan, dalam artian rumahnya belum berdiri tapi bank sudah bayar dulu ke developer. Ingat bahwa Bank bukan lembaga sosial dan harus ada untung. Jangan sampai bermunculan developer yang modal dengkul saja, membangun rumah dari uang nasabah dan uang bank.


Keuntungan KPR BTN iB Seperti bank syariah lain, cicilan dari pengembalian pinjaman akan terus tetap nilainya hingga akhir jangka waktu pembiayaan. Kalau sebulan sudah dipatok 1 ju…