Beli dan Jual Saham dengan DT NextG

Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan teknis beli dan jual saham dengan menggunakan aplikasi DT NextG dari Bahana Securities. Broker ini adalah broker tempat penulis menjadi nasabah, karena Bahana juga merupakan salah satu sponsor di Sekolah Pasar Modal 2013 yang penulis ikuti. Sebagai awal, deposit pertama cukup 200 ribu rupiah saja khusus untuk peserta SPM 2013. Cukup murah untuk sekadar belajar berinvestasi di dunia pasar modal.

ilustrasi trading saham


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Bahana Securities dan sekolah pasar modal, Anda bisa search artikel di blog ini dengan keyword "Sekolah Pasar Modal".

Dahulu, aplikasi untuk online trading dari Bahana dinamakan Direct Trading, namun versi terbarunya, DT NextG, memiliki fitur yang jauh lebih lengkap. Bertransaksi jual dan beli saham dengan aplikasi ini jauh lebih mudah daripada pesen baju bayi dari online shop yang pake Facebook. Serius.

Oya, untuk awal, mungkin ada yang bertanya, berapa idealnya jumlah uang yang mesti dipersiapkan untuk awal-awal terjun di bursa? Pertanyaan ini bisa dijawab dengan sederhana : sejumlah uang yang Anda rela korbankan untuk HILANG. Kalau ikhlas 1 juta, ya 1 juta. Ikhlas hilang 10 juta, setor 10 juta. Itu jawaban yang saya dapat dari sekolah pasar modal.

Langkah-langkah untuk membeli / menjual saham di bursa efek (kita hanya membicarakan khusus Pasar Reguler) adalah sebagai berikut.

Cara Mendaftar di Salah Satu Broker Saham

Broker bisa perusahaan mana saja. Pilihlah perusahaan yang bonafid, yang memiliki reputasi baik, misalnya dari segi jumlah nasabah, kesediaan fitur online trading, jumlah transaksi yang ditangani, sampai soal komisi transaksi yang kompetitif. Menjadi salah satu nasabah di broker tidak sulit, mirip ketika Anda membuka rekening di Bank. Isi formulir, dan tunggu sekitar 10 hari kerja. Kita akan memiliki Rekening Dana Nasabah yang sejatinya adalah rekening bank (untuk Bahana Securities, bekerja sama dengan BNI).

Rekening Dana Nasabah adalah tempat di mana kita melakukan setor/credit atau top up yang menjadi tempat khusus kita bertransaksi, baik jual maupun beli saham. Perlu diingat bahwa rekening ini sifatnya mirip rekening haji, sekali Anda setor, perlu prosedur khusus untuk menariknya kembali.

Download Aplikasi DT NextG untuk Online Trading

Kunjungi websitenya di http://directtrading.co.id/download, lalu unduh berkas instalasi sesuai dengan platform yang kita gunakan. Saat ini tersedia untuk Mac OSX, Windows, iOS, Android, dan BlackBerry. Sayang sekali penulis belum pernah mencobanya di Linux. Untuk Mac OSX, diperlukan Adobe Air versi terbaru. Klik dua kali pada berkas unduhan, lalu jalankan aplikasi seperti biasa.

Halaman Login DT NextG

Setelah aplikasi berjalan, kita akan dihadapkan pada halaman login. Gunakan username dan password yang didapat dari Bahana Securities (by system, dikirim via email). Ketika mengalami kesulitan, kita juga bisa telpon atau hubungi sales Bahana via email. Ada 2 kali "login" di dalam aplikasi DT NextG. Pertama, untuk masuk ke aplikasi dan sekadar melihat-lihat data dari bursa. Kedua, menggunakan PIN untuk melakukan transaksi jual, beli, amend order, dll (semua transaksi finansial).

halaman login dt nextg
Halaman Login DT NextG

Cara Jual dan Beli Saham

Harga saham di bursa berkisar dari Rp 50 per saham hingga sekitar Rp 1,050,000 (MLBI). Harga saham tidak mungkin turun hingga di bawah harga Rp 50 per saham. Karena minimal pembelian di Pasar Reguler adalah 1 lot = 100 saham, maka kita hanya butuh goceng alias 5rebu perak untuk membeli saham. Jumlah yang lebih kecil daripada harga sebungkus nasi padang.

Setelah login di aplikasi DT NextG, pilih menu "Buy Order" atau ketik 4001 lalu enter di field pencarian. Tampilannya akan jadi seperti berikut ini.

menu buy order dt nextg
Menu Buy Order

Menu Buy Order Saham DT NextG
Menu Order -> Buy Order, untuk membeli saham
Misalnya kita ketikkan TLKM untuk kode saham Telkom. Perhatikan bahwa kode saham biasanya merupakan 4 huruf yang mencerminkan nama sahamnya.

Membeli saham via DT NextG
Search kode saham yang diinginkan untuk dibeli
Mulai dari bagian kiri atas, adalah nomor nasabah, nama saya, dan field untuk PIN (bila hendak melakukan order). Code merupakan kode saham. Price untuk harga yang diminta. Jika checklist "Auto (Last)" dipilih, maka harga yang kita bid menyesuaikan offer price terbaik / termurah (lebih lanjut tentang Bid dan Offer, baca artikel sebelumnya tentang bagaimana sebuah harga saham terbentuk).

Selanjutnya untuk "Vol" adalah volume dalam satuan lot yang hendak dibeli. Jadi kalau beli 1 lot = 100 saham dikali harga diminta, itulah dana yang harus kita sediakan. "Mkt" adalah Market atau tipe pasar, dalam hal ini tidak bisa diubah alias hanya berkutat di Pasar Reguler. "Expire" berisi pilihan "Day" atau "Session". Ada kalanya harga yang kita minta itu terlalu rendah sehingga nggak ada match atau tidak ada yang jual di harga segitu. Jika order kita lakukan di sesi 1, maka kalau "Day" yang dipilih, di sesi 2 nanti order akan terus dilanjutkan, tapi jika "Session" yang dipilih, order langsung dicancel otomatis. Untuk field "Value" adalah dana yang harus disediakan (jumlah lot x harga bid).

Untuk panel di bagian kanan, terdapat angka-angka yang biasanya berwarna hijau, merah, atau kuning. Hijau berarti ada peningkatan, merah turun, dan kuning tetap.
BidVol : Volume saham yang terjadi di harga tersebut dalam satuan lot
Bid : Harga bid atau harga yang diminta investor
Offer : Harga offer atau harga jual saham
OfferVol : volume offer di harga tersebut, dalam satuan lot pula

Tampak dari panel, posisi offer yang paling bagus atau termurah saat ini menjadi last price atau harga yang ditunjukkan oleh sistem untuk saham tersebut, dalam kasus TLKM adalah 2215. Jika kita melakukan order pada harga ini, maka sistem akan langsung melakukan match atau deal atau order terjadi. Sedangkan jika kita melakukan bid pada harga katakan 2210, maka kita mesti menunggu karena ada order sebelumnya yang sudah terjadi di bid tersebut, sebanyak 6079 lot.

Panel di bawahnya menunjukkan pergerakan harga saham tersebut. Dari gambar di atas
Last : posisi harga terakhir, yang meningkat 40 poin atau 1,83% dari harga penutupan hari sebelumnya.
Freq : Frekuensi transaksi yang terjadi
Volume : jumlah lot yang terjual
Value : nilai transaksi keseluruhan
Prev : Harga saham di hari sebelumnya, diberi label kuning karena di harga sebelumnya juga segitu.
Prev High : Harga transaksi yang tertinggi yang terjadi di hari sebelumnya.
Prev Low : Harga terendah saham di hari sebelumnya
High : Harga transaksi tertinggi sepanjang hari ini
Open : Harga pembukaan (saat market dibuka jam 9 pagi)
Low : Harga terendah yang terjadi sepanjang hari ini

Untuk panel paling bawah terdapat
Cash on T+3 : jumlah uang yang saya punya saat ini untuk bertransaksi. Ungkapan T+3 adalah transaksi sebenarnya baru akan terjadi 3 hari setelah order berhasil. Tampak bahwa di deposit saya hanya tinggal Rp 160,889 sehingga saya nggak bisa beli saham yang mahal.
Remain Trading Limit : Fasilitas trading limit adalah fasilitas "ngutang" yang disediakan oleh broker. Jadi walau saya nggak punya uang sekarang, broker bisa ngebayarin dulu transaksinya, dengan catatan saya harus bayar sebelum T+3. Darimana angka Rp 6,098,798 didapat? Tak lain tak bukan adalah nilai keseluruhan saham yang saya pegang saat ini jika dijual dengan harga pasar.

Mekanisme menjual saham atau Sell Order tidak jauh berbeda dari proses membeli saham atau Buy Order. Lihat saja panelnya di bawah ini.

Panel Sell Order saham
Panel Sell Order saham di DT NextG

A programmer living in Indonesia. More

35 komentar

mantappp gan...lanjutkan :mrgreen:

Untuk IOS dan BB kok blm bisa ya? Apa ada perubahan versi ?
Thx..

Salam Bung Hendra,

Mohon maaf Bung, saya juga belum pernah coba. Setahu saya aplikasi tersebut tidak tersedia di app store dan blackberry app world, melainkan harus kita download sendiri dari situs directtrading dot co dot id.

Saya baru nyoba buy order seperti yang agan sampaikan, kok muncul error ya setelah proses buy saya lakukan. Ada parameter apa yang harus saya perhatikan?

Thanks.

Salam kenal Bung Adi

Penyebabnya bisa macam-macam. Sepengetahuan saya mungkin karena sudah tidak ada transaksi selama lebih dari 3 bulan jadi account di-suspend pihak Bahana. Atau memang accountnya sedari awal belum aktif. Coba hubungi sales Bahana Bung.

Thanks Bung Prabowo atas respondnya :)

Salam,
Mau tanyak kira-kira clo melakukan penarikan dana itu dr account trading di kenakan biaya tidak ya?
Terakhir saya buka akun di bahana,banknya Mandiri sedangkan bank saya BNI
Terimah kasih

Saya belum pernah menarik dana, jadi saya kurang tahu, Bung.

Bung boleh mintak no hp.nya?
Kali aja bs tukar informasi/sharing" sesama nasabah bahana,
Tq

Salam kenal Bung Andyka,

Bung bisa kontak saya via email di contact at muhajirin.net. Insya Allah akan saya balas. Sekali lagi salam kenal

ada pelajaran (kursus) nya apa nggak ya mengenai trading ini, sy kok jd pingin belajar...

Bung Heri bisa search artikel di blog ini dengan judul Sekolah Pasar Modal. Terima kasih.

Mas bro boleh tanya2/konsultasi?

Bulan Mei kemarin saya dapat jatah MESOP dari kantor dgn menggunakan RDN Bank Mandiri & Broker Bahana Securities. Dan Kebetulan bulan ini saya dapat jatah saham lagi karena kantor melakukan Right Issue, untuk jatah MESOP sudah berhasil saya eksekusi 100% sedangkan untuk Saham Right Issue baru diperdagangkan besok (24-06-2015), jujur saya masih baru dalam dunia trading dan masih sangat sangat bingung, karena saat eksekusi MESOP kemarin diurus oleh orang kantor secara kolektif dan saya hanya tinggal transfer dengan nominal sekian ke rekening yang diberikan oleh kantor, bukti transfer saya serahkan dan sisanya semua proses lain-lain dikerjakan oleh orang kantor.
Untuk saham right issue yang rencananya besok saya eksekusi 100% saya ingin coba melakukan semua prosesnya sendiri agar bisa lebih mengerti dunia trading, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan, tapi agak sulit kayanya kalau saya jelaskan via tulisan, kalau tidak keberatan boleh saya minta nomor contactnya mas bro?? biar saya bisa sedikit tercerahkan tentang dunia trading..

Best regards,
Cokie

Salam kenal Bung Cokie,

Sayang sekali saya tidak tertarik dan tidak punya ilmu pengetahuan seputar trading. Saya tidak tahu apa itu MESOP (?). Saya baru belajar juga soal saham, lebih khususnya dengan analisis fundamental. Mohon maaf sekali saya tidak bisa bantu banyak. Tapi untuk kontak bisa kirim via email ke contact at muhajirin.net atau menggunakan contact form di page About. Terima kasih.

Salam Mas Bowo
Saya mau "sell order" saham saya by direct trading bahana....tp disebelah code saham presentase nya gak 100% tp masih 0%
trus saya klik sell order tp tulisannya "error" itu knapa ya??
padahal saya termasuk sering lah jual beli pake aplikasi direct trading bahana (ya minimal sebulan sekali lah)....

Salam kenal Bung Gano,
Mungkin memang ada masalah di aplikasi direct trading, atau Bung bisa telpon langsung 021-2505081 dan bicara dengan sales Bahana.

Salam kenal Bapak prabowo. Saya tertarik dengan bagian dri tulisan ini :
Oya, untuk awal, mungkin ada yang bertanya, berapa idealnya jumlah uang yang mesti dipersiapkan untuk awal-awal terjun di bursa? Pertanyaan ini bisa dijawab dengan sederhana : sejumlah uang yang Anda rela korbankan untuk HILANG. Kalau ikhlas 1 juta, ya 1 juta. Ikhlas hilang 10 juta, setor 10 juta. Itu jawaban yang saya dapat dari sekolah pasar modal.

Memang betul kita harus ikhlas untuk kehilangan modal di pasar modal. Saya sendiri mengalami ketika tahun 2007-2008. Namun untuk teman-2 yang belum terjun ke bursa efek, jangan menyerah karena nantinya akan berbuah manis hehe. Salam dan terimakasih.

nb : Blognya bapak bagus, saya baca beberapa tulisan bapak soal bisnis.

Salam kenal juga Bung Ucok, hehe namanya seperti nama artis. Terima kasih sudah berkunjung.

met kenal P Prabowo, sangat membantu tulisannya untuk saya sebagai pemain pemula
satu hal yang yang ingin saya tanyakan,
apa artinya "order booking", yang didalamnya ada kita bisa memilih "Sell" atau "Buy", dan apa bedanya dengan order buy atau Sell

terima kasih

Muhammad Farid Ghozi Oktober 10, 2016 2:16 AM

Bagus pak tulisannya.salam kenal saya farid.saya sangat menikmati membaca tulisan anda tentang saham.sudah lama saya tertarik dengan saham.banyak yg ingin saya tanyakan mengenai saham ke bapak.kalau boleh saya minta contactnya pak.terima kasih sebelumnya.

Bisa langsung kirim komentar di artikel ini, insya Allah saya akan jawab (kalau tahu jawabannya ya.. ), atau email ke contact at muhajirin.net

Terima kasih.

waktu saya jual saham / sell order ada ket error. apa ada waktu khusus untuk jual saham?

Kalau di Bahana Securities, terdapat fitur automatic order di mana order akan bersifat "pending" sampai waktu yang kita tentukan. Misal market tutup (malam hari), lalu kita mau menunggu seminggu (berharap saham yang diinginkan di harga tertentu).

Untuk detail tentang fitur ini bisa dibaca di tulisan saya yang lain di sini Bung : https://blog.muhajirin.net/2014/07/cara-automatic-order-saham.html


Kalau di Bahana Securities, terdapat fitur automatic order di mana order akan bersifat "pending" sampai waktu yang kita tentukan. Misal market tutup (malam hari), lalu kita mau menunggu seminggu (berharap saham yang diinginkan di harga tertentu). Untuk detail tentang fitur ini bisa dibaca di tulisan saya yang lain di sini Bung : https://blog.muhajirin.net/2014/07/cara-automatic-order-saham.html

Terima kasih atas artikelnya..... Tapi saya sudah beralih dari Bahana ke sekuritas lain. Agak lama update nya sih, dan kurang banyak fiturnya.....

Sebetulnya saya juga berniat untuk pindah ke Stockbit. Nanti jika ada waktu insya Allah akan saya tulis dalam artikel tersendiri.

Mas Prabowo,

Saya pemain baru dalam dunia saham itu pun karena dapat alokasi saham dr perusahaan. Sebenarnya berapa lama dari proses Sell Order sampai dana hasil penjualan masuk ke RDN saya ?

Terima kasih,
Rio R

Salam kenal Bung Rendi,

Untuk saat ini, aturan terbaru dari bursa adalah setiap transaksi akan diselesaikan dalam waktu T+2, dengan memperhitungkan hanya hari kerja. Misal, sell order dilakukan hari Kamis, maka baru hari Senin saldo RDN akan bertambah.

Mungkin demikian Bung yang bisa saya sampaikan, jika ada kesalahan mohon dikoreksi. Terima kasih.

Setuju bila bapak menulis tentang cara dan teknik bapakinvest di pasar modal trima kasih

Mungkin di lain kesempatan, Bung. Terima kasih atas sarannya.

kalau kita mau batalin saham yang kita jual gmana caranya pak?

Transaksi penjualan yang belum terjadi (belum dibeli orang), masih bisa diubah dari menu "Amend", Bung. Demikian, semoga membantu. Terima kasih sudah berkomentar.

Salam kenal.
Saya pingin menjual saham saya(antm) caranya gimana dan ke pak siapa yg bisa sy hubungi.
Tk

Salam kenal juga Bung.

Dengan DT Next G, Bung bisa lakukan sell order dengan menggunakan menu "Sell Order". Nanti tampilannya akan seperti pada foto terakhir artikel di atas. Semoga membantu.

Assalamu Alaikum...
Bgmn cara menjual saham di aplikasi hp dx trade bahana dan bgmn cara mengetahui kalo saham sdh trjual???
Ada alamat email yah spy bs konsultasi...

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih