Memanen Arwana Super Red di Kapuas Hulu

Ikan arwana super red menjadi komoditi bisnis di daerah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Indonesia. Ada beberapa hal yang membuat bisnis ikan arwana, terutama arwana jenis super red, masih menjadi primadona. Harga indukan seekor arwana super red bisa mencapai 15 juta rupiah, tergantung dari usia dan kualitas keturunan indukan. Harga anakan pun bervariasi, tapi nilainya juga cukup menggiurkan.

Arwana Super Red
Image from Wikipedia

Kesulitan Pengembangbiakan Ikan Arwana Super Red

Ikan arwana super red masih sulit untuk dikembangbiakkan di kolam-kolam buatan dikarenakan habitat aslinya memang di pedalaman sungai Kapuas. Kualitas air ini juga menentukan seberapa bagus kilauan atau warna dari ikan arwana super red. Normalnya indukan arwana baru bisa memiliki keturunan saat usianya sekitar 3,5-4 tahun. Makanannya bisa ikan-ikan kecil atau katak. Indukan arwana super red bisa saja mati, dan tidak ada hal lain yang bisa dilakukan pemilik selain mengikhlaskan.

Berikut adalah video kegiatan panen ikan arwana super red milik salah satu teman saya, Harmoko, dari kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.






Harmoko memiliki 9 ekor indukan yang ditempatkan dalam 1 kolam besar yang sama. Saat ini rata-rata usia indukan arwana super red milik Harmoko adalah 3 tahun 6 bulan. Ada 34 ekor anakan yang dihasilkan, namun sudah mati 5 ekor. Perlu diketahui, ikan arwana super red termasuk satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia, sehingga jika arwana ingin dijual ke luar Kalimantan, maka perlu surat-surat resmi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan setempat. Ini yang membuat harganya bisa melonjak tinggi, karena memperoleh izin seperti itu tidaklah mudah.





Menjual Ikan Arwana Super Red

Cara paling mudah untuk menjual anakan arwana super red adalah langsung ada pembeli yang datang ke kolam, seringnya bahkan saat indukan masih belum beranak. Di level ini, harga anakan bisa mencapai 2 hingga 2,5 juta rupiah per ekor. Jika ada para pembaca yang berminat untuk berinvestasi di bisnis ikan arwana super red, bisa melalui kolom komentar di akhir postingan ini.

Bisnis ini bukannya tanpa resiko, tapi tentu returnnya yang menggiurkan bisa membuat adrenalin Anda terpacu.

A programmer living in Indonesia. More

14 komentar

Ada yang bisa menjual anakan super red?

Saya menjual anakan super red ukuran 7-10cm umur 1-3 bulan, stock insy Allah selalu tersedia bisa kontak saya langsung thanx

Sayang sekali Bung Ilham tidak memberikan nomor handphone atau kontak yang bisa dihubungi. Apakah Bung berkenan bila alamat email Bung Ilham saya publikasikan di sini untuk pengunjung lainnya? Terima kasih.

maAf neh sbLumx,sy pengen punya dan peliHara arwana super reD yg bgz,misalKan sy mau pezan apakah anda ada ?trimakasiH.

Salam kenal Bung Very,

Untuk saat ini kami hanya melayani pembelian langsung ke kolam, dan tidak (setidaknya belum) bisa menjual ke luar daerah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Terima kasih.

Misi pak,dari dlu smenjak sma saya kpengen terjun ke dunia bisnis ap ada solusi buat saya ya..sekarang sya msih menjali perkuliyahan D3 di poliyteknik

Salam kenal pak..
Maaf ini pak numpang coret"
Saya dari jakarta, mau tanya untuk pembelian bibit arwananya per 5 mulut bisa? Prosedurnya seperti apa dan harganya brp.. tolong di emailkan ke email saya ya pak.. terima kasih

Maaf Bung Nugroho, kami tidak melayani transaksi / pengiriman. Biasanya pembeli langsung datang ke kolam, karena terkendala masalah perizinan. Terima kasih.

sy ad arwana super red ... minat hub. 085220214008

Lokasi penangkaranx dmana..?

Itu sudah ada tulisannya Bung, "Kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat"

Ad no telp, saya minat beli anakan super red

Andre Ghonnyu Group September 16, 2017 3:55 AM

Sy jual arwana full red dan silver.. bisa langsung ketoko ikan saya di pontianak. Kalimantan barat. 081345337786

Andre Ghonnyu Group September 16, 2017 3:57 AM

Saya juga menjual ikan hias.. seperti koi. Komet. Manfish. Nila. Lemon. Nine teen. Sumatra dll

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih