Mencari Aplikasi Virtual Trading Gratis

Aplikasi virtual trading gratis bisa kita gunakan sebagai media belajar (sementara) dalam mengenali dunia efek, saham, dan derivatif/turunannya. Yang perlu kita lakukan hanyalah melakukan registrasi, dilanjutkan dengan menginstall software atau program tertentu di komputer kita.

trading chart

Sebenarnya ada banyak sekali perusahaan sekuritas atau broker saham yang menyediakan software aplikasi untuk trading, namun sangat disayangkan bahwa kebanyakannya tidak menyediakan pembuatan account virtual dan mengharuskan kita untuk membuat account asli (dan mendaftar ke rekening efek betulan, artinya menggunakan dana betulan).

Untuk trader pemula seperti penulis, kendalanya biasanya ada 2. Belum berani masuk ke pasar saham dengan dana sungguh-sungguh, dan kalau mau membuka rekening asli pun setoran awal minimalnya berkisar antara Rp 5-10 juta. Berikut adalah beberapa hasil penelusuran saya pada beberapa website perusahaan sekuritas. Perlu diingat boleh jadi informasi yang terdapat pada tulisan ini sudah tidak valid, bila ada koreksi silakan cantumkan pada kolom komentar di bagian akhir.

Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia)

IDX Virtual Trading adalah layanan dari BEI untuk para pemula yang baru belajar tentang pasar modal. Untuk mendapatkan akses Anda tinggal melakukan pendaftaran dan menginstall aplikasinya di PC Anda. Modal dana yang Anda bisa pergunakan adalah Rp 5 milyar. Namun untuk saat ini sepertinya belum berhasil dijalankan di sistem operasi selain Windows. Oya, setelah melakukan pendaftaran, maka "jatah" akses akan kadaluarsa setelah 30 hari. Untuk tetap melakukan virtual trading, Anda harus melakukan registrasi kembali.

Kresna Securities

PT Kresna Graha Sekurindo Tbk adalah salah satu perusahaan broker yang besar. Saat ini mereka menyediakan aplikasi virtual trading dengan tajuk Kresna Direct (bisa diakses di kresnadirect dot com). Namun untuk menggunakan aplikasi ini kita diharuskan melakukan payment sejumlah Rp 200ribu. Untungnya aplikasi Kresna Direct cocok digunakan di segala macam sistem operasi baik Windows, Mac, atau Linux.

Danareksa

Saat ini sepertinya Danareksaonline dot com tidak menyediakan aplikasi virtual trading secara gratis, namun setoran awal untuk membuka RDN (Rekening Dana Nasabah, rekening yang digunakan untuk bertransaksi saham) cukup murah, yakni Rp 100 ribu sahaja. Detailnya saya tidak baca lebih lanjut.

Mandiri Sekuritas (mots dot co dot id)

Mandiri Sekuritas saat ini tidak memiliki layanan virtual trading gratis, dan setoran awal minimalnya tergolong tinggi yakni Rp 5 juta untuk umum dan Rp 2 juta untuk mahasiswa. Dari websitenya kita bisa lihat bahwa MOTS juga dapat diakses melalui web langsung.

Kim Eng Securities

Kimeng dot co dot id tidak memiliki layanan virtual trading yang free. Namun dari segi jumlah nasabah dan volume transaksi, perusahaan sekuritas ini cukup oke. Registrasi dapat dilakukan secara online, namun saya kesulitan mengetahui berapa setoran awal minimal untuk menjadi nasabah di Kim Eng.

E-Trading Securities

Ini merupakan perusahaan sekuritas yang sangat populer, mungkin karena sudah berdiri sejak lama dan pakai sistem online trading sudah dari dulu. Namun sayang sekali belum tersedia aplikasi virtual trading untuk kita buat account gratis.

Bahana Securities

PT Bahana Securities merupakan anak perusahaan BUMN PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Perusahaan ini merupakan perusahaan sekuritas tempat saya membuka account pertama kali, karena untuk peserta Sekolah Pasar Modal 2013 yang lalu mendapat kesempatan membuka rekening dengan setoran RDN minimal hanya Rp 200ribu sahaja, sekaligus menjadi syarat untuk ikut dalam SPM level 2 awal Mei mendatang (pengalaman di Sekolah Pasar Modal dari Bursa Efek Indonesia insya Allah akan saya tulis dalam artikel tersendiri, setelah saya ikut dalam SPM level 2 nanti). Di sini (Direct Trading), belum ada fasilitas untuk melakukan virtual trading.

Sinarmas Sekuritas

Merupakan perusahaan broker lokal yang lumayan disegani karena kebesaran grup Sinarmas. Aplikasi tradingnya tersedia cukup lengkap untuk berbagai macam sistem operasi dan smartphone, namun saya tidak menemukan layanan virtual trading di dalamnya, sehingga kita harus membuka account dengan dana betulan.

Batavia Prosperindo (bpam dot co dot id)

Tidak menyediakan layanan virtual trading gratis.

Lautandhana online trading system (LOTS)

Sayang sekali walau free registration tapi di ujungnya kita diharuskan setor minimal Rp 5juta untuk membuka account.

Ada banyak sekali perusahaan sekuritas lain yang cukup bonafid (bila dilihat dari jumlah transaksi per hari), namun sepertinya akan banyak menghabiskan waktu bila dibahas semuanya. Yang paling saya rekomendasikan tentu IDX Virtual Trading dari Bursa Efek Indonesia (walau hingga saat ini saya belum berhasil menginstall aplikasinya di OSX). Saran dan kritik pada tulisan ini dipersilakan, untuk memperbarui data atau sekadar tambahan informasi.

A programmer living in Indonesia. More

15 komentar

bo, kenapa dirimu tertarik dengan trading?

Kalau yang dimaksud trading adalah berspekulasi di pasar modal dengan cara hanya membaca grafik (analisa teknikal), saya tidak tertarik di situ. Cuma kalau investasi di saham-saham dengan pondasi perusahaan yang bagus (analisa fundamental), sudah sejak sekitar 1,5 tahun yang lalu saya belajar, Mas. Melatih intuisi dan peka dengan ramalan tren bisnis. Sedikit banyak membantu ambil keputusan mau terjun jualan apa...

saya gak tahu user id dan pasword aplikasi kresna direct..gimana mendapatkannya?

Setahu saya untuk kresna direct mesti melakukan registrasi dan payment terlebih dahulu.

pak, saya mendaftar account untuk IDX virtual treading kok tidak bisa ya... keluar pesan error. bisa bantu solusinya? menurut bapak, reksadana apa ckup menguntungkan untuk mahasiswa ? terimakasih

Hi Fajar,

Pesan errornya apa ya? Harap maklum saja karena yg gratisan biasanya gitu... :D

Maaf saya nggak pegang reksadana, terlalu konservatif. Tapi denger2 RD saham MNC returnnya oke.

seperti ini
padahal saya pakek paket internet dari tr#

failed connect!ORA-12514: TNS:listener does not currently know of service requested in connect descriptor

saya pengen belajar, mungkin bapak bisa bantu daftarin
terimakasih

Apakah sudah melakukan registrasi manual di situs IDX? Coba kontak alamat email yang ada di halaman registrasi.. Saya belum pernah menemukan error dimaksud. Apakah kalau mengakses aplikasi tersebut harus di jam bursa aktif ya?

mungkin bapak bisa bantu daftarin saya, saya sudah mencoba mengirim email ke idx dan ezydeal belum ada balesan... untuk softnya saya sudah instal, tinggal log in

Kirim emailnya sudah berapa lama ya? Karena prosesnya manual, kita mesti sabar menunggu email balasan dulu. Menurut saya IDX lumayan oke kok supportnya... Kalau mau japri bisa kontak saya via email ke prabowo.murti at gmail dot com

Jangan patah semangat, ya..

iya pak, trimakasih.... bukan japri pak, tapi fajar :D

Saya ingin ikutan belajar trading saham di IDX.

Bisa coba daftar ke Sekolah Pasar Modalnya kok... http://muhajirin.net/saham/pengalaman-sekolah-pasar-modal-2013-bagian-1/

dulu ada yg gratis, bisa langsung pantau online (data real time), easydeal klo ga salah...tp skrg ga tau, terakhir kmaren nyoba udah ga bs :(

yg masih update itu pakai akun di web koran kontan, klo udah register bisa "seolah2" invest di saham2 LQ45 dengan data asli real time :D

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih