Bangkit Dari Rasa Sakit Hati Karena Penipuan (Dagang)

Mungkin dalam dunia usaha, kita sering berkenalan, komunikasi, atau dikenalkan teman, dengan seorang yang cukup meyakinkan. Meyakinkan dalam arti ia memiliki skill verbal yang mantap, sehingga ketika berbicara sangat persuasif. Insan bisnis yang baru kita saja kita kenal ini, membuat kita tertarik untuk melakukan kerjasama dengannya.


bangkit dari penipuan bisnis


Waktu berlalu, namun tidak ada tanda-tanda kehidupan dari "bisnis" yang kata "rekanan" kita itu menguntungkan. Kita coba kirim SMS ke sang "rekanan". Tidak dibalas. Kita coba telpon, ternyata tidak tersambung. Hati kita mulai cemas. Uang yang kita "investasikan" untuk "bisnis" dari sang "rekanan" cukup besar dan lumayan jumlahnya. Namun kita masih optimis, kita tunggu sehari dua hari.

Masih juga tak ada kabar. Kita coba langsung menuju alamat yang pernah ia beri, yang tertunjuk di kartu nama yang kita duga hanya menghabiskan 25ribu rupiah untuk 100 lembar kartu nama. Setelah sampai di alamat dimaksud, kita menganga. Kosong. Alamat tersebut palsu. Langsung saja kita terdiam lama, dan hampir menyanyikan lagunya Ayu Ting Ting.

Kita ditipu mentah-mentah. Ludes sudah uang hasil keringat selama ini.

***

Pernahkah Anda mengalami kejadian yang kurang lebih sama? Bagaimana menyikapi penipuan? Sebelum melanjutkan, ada baiknya kita cermati dulu soal konsep rizki dari Allah SWT. Rejeki kita itu tidak selamanya berbentuk uang atau materi. Kesehatan, keluarga, dan ketenangan hidup, adalah rejeki pula. Bahkan kemampuan kita untuk menghirup segarnya udara pagi hari, sambil mendengarkan adzan shubuh atau kokok ayam, perlu kita syukuri.

Kita juga perlu mahfum bahwa rejeki kita itu sudah dijamin sama Allah. Kita tidak perlu terlalu bernafsu karena semua sudah ada jatahnya. Boleh jadi, uang yang hilang memang bukan rejeki kita. Sabar, dan banyak-banyak beristighfar. Insya Allah akan ada "kembaliannya" dalam bentuk yang jauh lebih baik. Aamiin.

Menyikapi rizki yang hilang sebagai "uang kursus"

Saya selalu merasa bahwa quote atau kata-kata mutiara dari Full Metal Alchemist berikut ada benarnya
Humankind cannot gain anything without first giving something in return. To obtain, something of equal value must be lost. That is alchemy's first law of Equivalent Exchange. In those days, we really believed that to be the world's one, and only truth
Artinya, untuk mendapatkan sesuatu, kita perlu mengorbankan sesuatu yang nilainya setara. Saat Anda kehilangan Rp 1 juta, anggap saja itu "Uang Kursus" demi mendapatkan pengalaman bisnis. Saat kehilangna Rp 10 juta, Rp 20 juta, Rp 100 juta, anggap saja itu sebagai HARGA YANG HARUS DIBAYAR untuk mendapatkan pengalaman yang nilainya sama.

Percayalah, uang tersebut tidak ada artinya bila dibandingkan dengan pertambahan rasa bijak Anda pada hidup. Uang Anda bukannya hilang, tapi hanya sekadar berubah wujud menjadi hal lain yang bukan materi. Tidak ada gunanya meratapi hal yang sudah terjadi, bahkan Anda harus jadikan itu sebagai obat untuk melanjutkan peraihan ilmu dari alam semesta ini.

Semoga Anda dapat segera bangkit dari keterpurukan, tidak banyak menangis, dan tetap semangat!

A programmer living in Indonesia. More

27 komentar

Dinta Septiana Mei 02, 2015 5:53 PM

Alhamdulillah, artikel ini membantu saya menjadi semakin tenang. memang benar, rizki bukan hanya sekedar materi. banyak-banyak istighfar membuat hati yang tadinya tidak karuan menjadi tenang. Allah Maha Besar :)

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya Ibu Dinta. Salam.

alhamdulillah habis kena tipu ....
istighfar......

Semoga diberi hikmah atas kesabaran Bapak. Terima kasih sudah berkunjung.

ifan aprilianto Juli 26, 2016 2:25 PM

Saya sudah 2x kena tipu
Apakah saya emang bodoh atau gimana

Mungkin memang sudah takdir Tuhan demikian Bung, semua cobaan yang menimpa kita saya yakini sebagai upaya Tuhan untuk Membersihkan dosa-dosa kita yang telah lalu. Semoga tetap semangat ya Bung. Salam.

Sy pernah kena tipu mentah2 400rb lalu sbulan kmudian sy dpt jam seharga 1jt. Dan sminggu yg lalu sy kena ripu blna onlen 500rb, sy tdk tau ap rencana allah sy prcya allah hnya mengosongkn tangan sy untk menerima yg lebih. Dan msih dlam tahap mencoba ikhlas

Aamiin. Semoga Allah Mengganti dengan yang lebih baik.. Terima kasih sudah berkunjung.

Saya juga kena tipu, uang sebesar 1500.000 ribu, baru terjadi, saya syok, sedih, karna blm pernah kena tipu. Bagaimana saya harus mengobatinya.

Jadikan ini sebagai pelajaran yang hikmahnya nanti ketika Anda sudah sukses. Semoga tetap termotivasi dan bersemangat. Terima kasih sudah berkomentar.

Terima kasih , sy jd lbh tenang Dan belajar untuk benar2 ikhlas setelah kehilangan seluruh hsl kerja keras sy selama setahun krn tertipu ...intinya ada pelajaran yg bs kita dapatkan..walaupun hrs d bayar mahal.

Terima kasih kembali, semoga bermanfaat.

Artikelnya sangat membantu.. Terima Kasih

@ Nanda Elang
Terima kasih kembali.

Sya bru aja kena tipu 2.500.000 sya syok, gk tau sampe kpn karena itu uang hasil dagang saya slama ini,

Semoga Tuhan akan Membalas dengan hal baik yang berlipat ganda kepada Bapak sekeluarga. Aamiin.

sy jg baru saja mengalami hal ini, mohon doa semua, setelah kejadian ini kehidupan sy menjadi jauuh lebih baik

sy jg baru saja mengalami hal ini, mohon doa semua, setelah kejadian ini kehidupan sy menjadi jauuh lebih baik

@ harmoni

Semoga mendapat balasan atas kesabaran Bapak / Ibu

Saya baru saja kena.tipu. 1 juta rupiah lewat m-banking. Saya syok sekali.uda berusaha lapor polisi tapi nihil.dr polisi tdk bersedia memproses kasus saya. Semoga Allah mengganti dengan yg jauuuhh lbh baik.amin.minta doanya kawan2.

@ Unknown

Semoga Allah Mengganti dengan kebaikan yang jauh lebih banyak.

Saya sama suami juga habis kena tipu. Sangat meyakinkan modus penipuanya. Tp sebagai istri saya harus tetap memberi semangat pada suami, tetap tenang. Dan insyaAllah kami ikhlas.

@ Elhijah
Semoga diberi balasan yang lebih baik. Terima kasih sudah sudi mampir.

Pertama kali belanja online trnyta saya di tipu, 300 rb cuma, tpi bgi sya uang segitu gede, susah nyarinya.
Astagfirullah.. Astagfirullah.. Astagfirullah

Pertama kali belanja online trnyta saya di tipu, 300 rb cuma, tpi bgi sya uang segitu gede, susah nyarinya.
Astagfirullah.. Astagfirullah.. Astagfirullah

Terimakasih, saya jadi termotivasi dan jadi lebih tenang dan ikhlas. Saya sempat syok karena hasil kerja keras saya selama kurang lebih 1 th habis. Astaghfirullah saya bingung karena cari uang segitu lamanya kok habis begitu saja

@Aisyah
Semoga diganti Allah dengan hal besar yang lebih baik. Terima kasih sudah berkunjung.

@ Unknown
Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih