Skip to main content

Pengalaman Membuat Kota di Sim City 5

Terlepas dari berbagai macam kritik atas game besutan EA ini, sebetulnya Sim City 5 yang dirilis sepuluh tahun sejak versi sebelumnya (Sim City 4) memiliki berbagai keunggulan yang patut diacungi jempol. Walau penulis merasa sedikit rugi karena berharap pada versi Deluxe-nya (yang lebih mahal sekitar $20 dari versi standard), tapi secara keseluruhan game ini patut dimainkan.

screenshot sim city 5

Tak seperti Sim City 4 yang memiliki versi DVD-nya, Sim City 5 mengharuskan Anda memiliki account Origin (semacam marketplace untuk game-game EA), membelinya secara online (dengan PayPal atau kartu kredit), mendownloadnya lalu memainkannya secara online pula.

Mungkin EA ingin meminimalisir pembajakan, memaksimalkan profit. Berikut beberapa catatan ringan untuk permulaan bermain.

Aturan Standar Pembangunan

Aturan-aturan umum pada versi-versi Sim City tetap berlaku di Sim City 5. Contohnya adalah penempatan wilayah industri, commercials, dan residentials yang merata, dan berpatokan pada arah angin dan sumber air. Pelajari map kota terlebih dahulu untuk mendapatkan kombinasi yang tepat.

Aturan-aturan umum seperti, wilayah industri harus ditempatkan di pojok dan di ujung arah angin, waste disposal tidak boleh dekat dengan pengelolaan air, di dekat sekolah dan universitas harus ada halte bus, semua aturan dasar tersebut masih berlaku di Sim City 5.

Department of Finance

Saat City Hall sudah bisa diupgrade, buru-buru buat departemen ini. Karena dengan dibuatnya Department of Finance, kita jadi bisa mengajukan bond alias hutang! Hutang ini mempercepat pembangunan, dengan resiko bunga yang besar.
Hutang ini mempercepat pembangunan, dengan resiko bunga yang besar
Jangan khawatir, karena pendapatan dari pajak dan specialities kota (misalnya Anda punya minyak dengan kapasitas besar di bawah tanah kota Anda) pasti lebih dari cukup untuk bayar cicilan. Pada saat awal permainan, praktis penghasilan tidak terlalu besar karena populasi masih sedikit. Tenang saja, ini hal yang wajar.

Sim City 5 : Department of Finance

Avenue vs Street

Street memiliki 4 lanes, sedangkan Avenue memiliki 6 lanes. Harganya berbeda 2 kali lipat, tapi kalau Anda tak punya dana, saya sarankan ajukan bond lalu buat Avenue sekalian. Mengapa? Karena street yang 4 lanes tidak bisa di-upgrade ke avenue!

Ini baru penulis sadari saat kota sudah semakin kompleks. Kemacetan yang parah karena penduduk yang banyak menyebabkan masalah lain yang lebih kompleks : respon polisi melambat, respon firefighters lambat, ambulance lambat, dan bus waiting time nya jadi lama (ingat bahwa mahasiswa tidak menggunakan school bus melainkan bus umum).

Fokus pada bangunan yang menghasilkan profit

Salah satu tidak enaknya Sim City 5 adalah kita dibatasi dengan luas wilayah kota yang tak seberapa. Jadi, populasi harus dimaksimalkan dengan cara membuat bangunan yang density-nya tinggi. Density tinggi didapat dari membuat jalan yang sifatnya bisa menampung kepadatan tinggi. Jalan dengan density yang tinggi adalah minimal highway.

Bangunan-bangunan yang sifatnya mendatangkan keuntungan misalnya karena city specialization di tourism, biasanya berukuran besar. Ini memakan tempat dan harus ditaruh di tempat-tempat yang dekat dengan commercials karena akan membuat hotel tempat menginap turis.

Mendapatkan recehan

Kita bisa mendapatkan uang dari permintaan-permintaan atau task dari the Sims (penduduk). Misalnya, jika populasi mencapai angka tertentu, ada reward. Kadang-kadang jumlahnya lumayan pula. Tampak dari screen shot, bahwa income saya negatif 11ribu simoleans per jam. Namun karena monthly profit dari transaksi lain (berjualan plastik dan alloy) surplus, maka dalam sebulan masih ada sisa lebih. Permainan berakhir apabila kita sebagai mayor mengalami kebangkrutan.
Sim City 5 : City Budget

City Specialization

Saya sarankan jangan bergantung hanya pada satu jenis city specialization. Misalnya kota memiliki jumlah oil yang banyak, jangan bergantung hanya pada minyak, karena sewaktu-waktu sumber daya tersebut bisa habis. City specialization yang sifatnya bisa berlanjut terus misalnya tourism, gambling (tapi haram), atau trading.

Selain aturan-aturan standar di atas untuk awal-awal permainan, ada pula hal-hal yang masih belum penulis mengerti. Misalnya mengapa populasi bisa anjlok dari 220ribu orang menjadi hanya 90-100 ribu orang saja. Mungkin terpengaruh dengan region yang tidak aktif (sebagai gambaran, populasi kedua tertinggi di region tempat saya membangun kota hanya 35ribu orang).

Ini karena mayor lain seperti malas memainkan kotanya. Saran saya, bergabunglah di region yang memang dihuni oleh para pemain aktif. Region yang aktif akan lebih memudahkan kita melakukan transaksi dan saling bantu.

Comments

Tulisan Terpopuler

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

Sebetulnya cara menggadaikan barang di pegadaian boleh dibilang lebih mudah daripada yang selama ini kita duga. Berikut saya ceritakan pengalaman saya menggadaikan emas (barang yang paling umum digadaikan di pegadaian) di Pegadaian Negeri Slipi Petamburan, Jakarta.
Mengapa memilih Pegadaian? Pegadaian adalah salah satu BUMN yang pernah mau masuk ke bursa saham. Pegadaian memang memiliki aset yang banyak, sehingga dulu Dahlan Iskan berencana membuat PT Pegadaian IPO. Ada banyak sekali barang "sekolahan" yang nggak ditebus sama pemiliknya. Karena nilai pinjaman selalu lebih rendah (atau minimal sama dengan) nilai taksiran barang, otomatis pegadaian jarang merugi.

Menurut saya, setidaknya ada 2 alasan utama mengapa orang lebih senang ke Pegadaian. Pertama, bunga yang ditawarkan Pegadaian lebih rendah daripada rentenir. Pegadaian juga lebih terpercaya karena merupakan perusahaan plat merah. Kedua, prosesnya relatif cepat untuk sekadar mengejar likuiditas. Hampir apa saja bisa di…

Apa Itu Opportunity Cost?

Secara sederhana, opportunity cost atau biaya peluang adalah biaya yang timbul karena memilih sebuah kegiatan bisnis tertentu dibanding kegiatan bisnis yang lain. Katakanlah Anda memiliki modal bisnis tambahan sebesar Rp 100juta. Dengan uang Rp 100juta tersebut, Anda memilih untuk menambah jumlah mesin, daripada menyewa ruko baru untuk ekspansi regional.

Kegiatan bisnis A : menambah jumlah mesin, menghabiskan dana yang sama dengan kegiatan bisnis B (menyewa ruko baru). Padahal, bila dihitung dan dilakukan riset sedikit, Anda bisa mengetahui bahwa menambah jumlah mesin baru tidak menghasilkan keuntungan yang sebanding bila Anda memilih untuk menyewa ruko baru untuk penetrasi pasar. Keputusan Anda untuk memilih kegiatan bisnis A, berakibat adanya opportunity cost (biaya peluang) Anda tidak bisa menghasilkan keuntungan sebesar ketika Anda memilih kegiatan bisnis B.
Opportunity cost bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat Anda menunggu bis. Ada yang menghabiskan waktu de…

Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Beli Asuransi

Asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi investasi, dan berbagai macam model asuransi lainnya, semakin berkembang sejak tahun 1998 di negeri ini. Mengapa? Karena sejak peristiwa kerusuhan Mei, orang mulai sedikit cemas. Bagaimana mengamankan aset yang sudah diraih, atau memastikan apa yang akan dicapai dalam waktu sekian tahun mendatang? Pendidikan anak saya siapa yang jamin? Kalau mobil saya kenapa-kenapa, duit siapa buat bayar bengkel? Kalau saya satu-satunya tulang punggung keluarga dan mati kena serangan jantung/stroke, siapa yang ngasih makan istri dan anak?



Semua pertanyaan-pertanyaan yang solusinya tidak pasti, seolah-olah bisa dijawab dengan asuransi. Bukannya saya nggak seneng sama asuransi, tapi kalau pertanyaannya adalah "Apakah kita membutuhkan asuransi?" mungkin jawaban sebenarnya adalah "belum tentu". Contoh saja, kalau umur Anda 25 tahun, masih segar bugar, tidak punya tanggungan siapa-siapa (hidup sendiri alias masih single), agak mengherankan ap…

Syarat KPR BTN Syariah (Seri 1)

Syarat KPR BTN Syariah mirip dengan pengajuan KPR di Bank Syariah lainnya. Prosesnya pun relatif panjang, mulai dari kelengkapan berkas, proses wawancara hingga survey lokasi rumah. Mari kita bahas satu per satu.
Tentang KPR BTN Platinum iB Produk KPR di BTN Syariah pembiayaannya ada berbagai macam. Salah satunya adalah KPR BTN Platinum iB. KPR BTN Platinum iB adalah produk pembiayaan dalam rangka pembelian rumah, ruko, rukan, rusun, atau apartemen bagi nasabah perorangan dengan akad murabahah atau jual beli. Banyak sekali bank yang tidak lagi menalangi pembiayaan, dalam artian rumahnya belum berdiri tapi bank sudah bayar dulu ke developer. Ingat bahwa Bank bukan lembaga sosial dan harus ada untung. Jangan sampai bermunculan developer yang modal dengkul saja, membangun rumah dari uang nasabah dan uang bank.


Keuntungan KPR BTN iB Seperti bank syariah lain, cicilan dari pengembalian pinjaman akan terus tetap nilainya hingga akhir jangka waktu pembiayaan. Kalau sebulan sudah dipatok 1 ju…