Skip to main content

Jasa Pembuatan Logo Cepat dan Terjangkau

Banyaknya jasa pembuatan logo membuat saya bingung memilih. Beberapa hari lalu, takdir membawa saya berkenalan dengan Harum, seorang mahasiswa yang membuka bisnis jasa pembuatan logo. Terpikat dengan kecepatan pengerjaan dan (yang tak kalah penting) harganya yang murah, akhirnya saya order sebuah logo untuk website ini.

pensil warna

Pengalaman Harum saya bagikan dalam bentuk wawancara singkat saya dengannya, via email.

Bisa diceritakan tentang profil dan latar belakang agan?

Nama saya Harum Muftikhul Fathoni. Saya lahir dan besar di Surakarta, kota kecil namun memberikan banyak cerita dan pengalaman hidup bagi saya. Saya anak pertama dari 2 bersaudara dan hidup dengan keluarga yang membuat saya bahagia. Saya memandang masalah sebagai sebuah cara untuk meningkatkan kualitas diri, semakin banyak yang saya hadapi, maka semakin banyak pula kesalahan yang dilakukan. Lewat kesalahan itulah saya mengerti tentang hidup dan mulai belajar dan menetapakan tujuan hidup. Saya hidup dalam lingkungan yang memiliki pemahaman agama yang cukup sehingga ketika menghadapi kehidupan, saya sudah dididik untuk menjadi pribadi muslim yang baik, dan pelajaran itu yang tetap saya pertahankan sampai sekarang.

Apa kesibukan agan saat ini yang utama?

Saat ini saya masih menjadi mahasiswa dan kini masih aktif dengan rutinitas kampus. Saya juga menjadi anggota dari beberapa organisasi mahasiswa, karena organisasi tersebut memberikan manfaat yang lebih condong kepada peningkatan kemampuan softskill, dimana kemampuan itu belum saya peroleh dari aktivitas akademik. Selain aktif di kampus, saya tertarik dengan perkembangan ilmu dan teknologi, terutama dunia online. Karena ketertarikan itu saya kini membuat sebuah blog yang berisikan informasi mengenai software, film, musik, dan aplikasi serta informasi unik lainnya.

Bagaimana awal mula dan sudah berapa lama agan berbisnis jasa pembuatan logo?

Berawal dari hobi saya membuat gambar, yang akhirnya membawa saya terjun dalam dunia bisnis. Berlanjut hingga saya mengenal beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat gambar, lebih populernya dikenal dengan sebutan desain. Butuh beberapa bulan sampai saya berhasil membuat karya pertama yang hasilnya cukup memuaskan. Sebenarnya saya mendapat ide membuat logo ini dari seorang teman yang meminta di buatkan logo. Menurut teman saya, desain buatan saya bagus dan cocok jika di pasarkan. Saya kemudian mencari-cari referensi tentang logo-logo yang pernah dibuat lewat internet dan setelah merasa cukup mengerti, saya mencoba membuka jasa pembuatan logo untuk web. Saya membuat lapak sendiri pada blog yang saya kelola, dan mulai memperluasarea pemasaran ke forum-forum bisnis online termasuk Ads.id. Untuk rencana jangka panjang saya juga berencana memasarkan jasa ini ke beberapa forum online.

Apa kiat agan dalam menawarkan jasa pembuatan logo ke sebanyak mungkin orang?

Strategi pemasaran yang saya lakukan cukup sederhana, karena lebih banyak menggunakan media online sebagai sarana utama. Saya sering melakukan sharing ke situs-situs jejaring sosial dan situs jual beli jasa. Saya menjaring target pemasaran berdasarkan kategori profesi. Misal, tempat-tempat dimana banyak berkumpul orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis. Para pelaku usaha juga termasuk di dalamnya, karena biasanya mereka memiliki situs sendiri untuk melakukan aktivitas bisnisnya. Saya melihat mereka perlu memiliki logo sendiri, yang mencerminkan situs yang mereka gunakan. Logo tersebut merupakan ciri khusus yang membedakan antara situs yang satu dengan lainnya sekaligus juga sebagai tanda dimiliki oleh orang yang melakukan usaha. Dari peluang itulah kenapa saya menjadi tertarik menawarkan jasa pembuatan logo.

Apakah bisnis ini memerlukan modal yang besar? Apa saja kendala Agan?

Bisnis ini tidak memerlukan banyak modal. Bisnis yang saya lakukan ini tergolong dalam kategori jasa, jadi keterampilan untuk menghasilkan yang terbaik sangat diutamakan. Saya selalu memberi pelayanan terbaik yang bisa saya berikan. Untuk menjalankan bisnis ini yang jelas perlu beberapa fasilitas penunjang seperti laptop. Kemudian juga perlu beberapa referensi lain untuk memperkaya ide kreatif saya, yang nantinya diaplikasikan ke dalam logo yang saya hasilkan. Kendala utamanya adalah masih kurangnya tenaga untuk mengerjakan permintaan pengguna jasa. Karena baru dikelola secara pribadi, saya sering mengalami kerepotan ketika banyak orderan, yang semuanya pasti menginginkan prosesnya cepat. Untuk kedepannya, saya akan menambah lagi tenaga pembuat logo agar prosesnya bisa lebih cepat dan mampu melayani lebih banyak lagi permintaan pembuatan logo.

Bagaimana agan membedakan jasa agan dengan jasa lain yang sejenis? Bagaimana Agan menghadapi persaingan usaha?

Saya menyadari bahwa bisnis yang saja jalankan ini juga dilakukan oleh orang lain yang memiliki kemampuan membuat logo. Mereka yang terjun dalam bisnis ini adalah orang-orang professional dengan kemampuan yang bagus dalam menghasilkan logo. Persaingan itu selalu ada dan saya menanggapinya sebagai sebuah tantangan yang memicu saya untuk mengembangkan kemampuan diri agar mampu bersaing dengan banyaknya kompetitor yang sama kuat. Perbedaan jasa pembuatan logo saya dengan lainnya adalah pada karya yang dihasilkan, dimana logo buatan saya merupakan ide yang dinamis dan berkembang sesuai dengan dunia usaha yang semakin maju. Gagasan yang saya dapat langsung diaplikasikan ke dalam logo sehingga logo yang saya buat terkesan modern dan mengikuti perkembangan jaman.

Terakhir, apa pesan Agan untuk orang yang ingin menggeluti bisnis serupa?

Saya merasa masih baru dalam dunia bisnis ini dan mungkin saja banyak yang lebih dulu mencoba bisnis ini. Namun berdasarkan pengalaman yang saya dapat, saya bisa memberikan ilmu yang kiranya bisa menjadi pertimbangan bagi yang tertarik mencoba bisnis ini. Untuk bisa survive diperlukan niat yang kuat disertai dengan motivasi dan tujuan yang jelas. Sebelum memulainya, ada baiknya kita tentukan dulu untuk apa kita melakukannya dan apa yang ingin kita capai dari bisnis ini. Tujuan ini nantinya akan membuat semangat kita tetap terjaga di tengah persaingan dunia bisnis yang ketat. Tunjukkan kemampuan yang kita punya lewat karya, maka kita akan memiliki nilai dan kualitas diri.

Comments

  1. Hahaha.. Gila cuma modal 50 rb aja bisa dapet logo. Itu ngerjainnya berapa lama sih?

    ReplyDelete
  2. Hehehe.. Iya bro, modal goban doang. Jadinya sehari aja, ane transfer jam 11 sore udah dikirimin email. :)

    ReplyDelete
  3. Cepet juga, kalau nggak mau repot ya kudunya ambil gocap terus lihatin ke client, kalau nggak cocok minta lagi revisi. Dimakelarin aja gituh...

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulisan Terpopuler

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

Sebetulnya cara menggadaikan barang di pegadaian boleh dibilang lebih mudah daripada yang selama ini kita duga. Berikut saya ceritakan pengalaman saya menggadaikan emas (barang yang paling umum digadaikan di pegadaian) di Pegadaian Negeri Slipi Petamburan, Jakarta.
Mengapa memilih Pegadaian? Pegadaian adalah salah satu BUMN yang pernah mau masuk ke bursa saham. Pegadaian memang memiliki aset yang banyak, sehingga dulu Dahlan Iskan berencana membuat PT Pegadaian IPO. Ada banyak sekali barang "sekolahan" yang nggak ditebus sama pemiliknya. Karena nilai pinjaman selalu lebih rendah (atau minimal sama dengan) nilai taksiran barang, otomatis pegadaian jarang merugi.

Menurut saya, setidaknya ada 2 alasan utama mengapa orang lebih senang ke Pegadaian. Pertama, bunga yang ditawarkan Pegadaian lebih rendah daripada rentenir. Pegadaian juga lebih terpercaya karena merupakan perusahaan plat merah. Kedua, prosesnya relatif cepat untuk sekadar mengejar likuiditas. Hampir apa saja bisa di…

Apa Itu Opportunity Cost?

Secara sederhana, opportunity cost atau biaya peluang adalah biaya yang timbul karena memilih sebuah kegiatan bisnis tertentu dibanding kegiatan bisnis yang lain. Katakanlah Anda memiliki modal bisnis tambahan sebesar Rp 100juta. Dengan uang Rp 100juta tersebut, Anda memilih untuk menambah jumlah mesin, daripada menyewa ruko baru untuk ekspansi regional.

Kegiatan bisnis A : menambah jumlah mesin, menghabiskan dana yang sama dengan kegiatan bisnis B (menyewa ruko baru). Padahal, bila dihitung dan dilakukan riset sedikit, Anda bisa mengetahui bahwa menambah jumlah mesin baru tidak menghasilkan keuntungan yang sebanding bila Anda memilih untuk menyewa ruko baru untuk penetrasi pasar. Keputusan Anda untuk memilih kegiatan bisnis A, berakibat adanya opportunity cost (biaya peluang) Anda tidak bisa menghasilkan keuntungan sebesar ketika Anda memilih kegiatan bisnis B.
Opportunity cost bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat Anda menunggu bis. Ada yang menghabiskan waktu de…

Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Beli Asuransi

Asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi investasi, dan berbagai macam model asuransi lainnya, semakin berkembang sejak tahun 1998 di negeri ini. Mengapa? Karena sejak peristiwa kerusuhan Mei, orang mulai sedikit cemas. Bagaimana mengamankan aset yang sudah diraih, atau memastikan apa yang akan dicapai dalam waktu sekian tahun mendatang? Pendidikan anak saya siapa yang jamin? Kalau mobil saya kenapa-kenapa, duit siapa buat bayar bengkel? Kalau saya satu-satunya tulang punggung keluarga dan mati kena serangan jantung/stroke, siapa yang ngasih makan istri dan anak?



Semua pertanyaan-pertanyaan yang solusinya tidak pasti, seolah-olah bisa dijawab dengan asuransi. Bukannya saya nggak seneng sama asuransi, tapi kalau pertanyaannya adalah "Apakah kita membutuhkan asuransi?" mungkin jawaban sebenarnya adalah "belum tentu". Contoh saja, kalau umur Anda 25 tahun, masih segar bugar, tidak punya tanggungan siapa-siapa (hidup sendiri alias masih single), agak mengherankan ap…

Pengalaman Membuat Kartu Kredit

Kalau ada pertanyaan, apa sih yang membuat aplikasi kartu kredit kita diterima atau ditolak oleh bank? Jawaban sebenarnya adalah, tidak ada yang tahu pasti. Katanya harus bekerja minimal setahun, katanya lagi minimal penghasilan harus sekian juta sebulan, katanya lagi mesti ada saldo terendap sekian rupiah di tabungan. Semua serba katanya dan katanya. Bahkan pegawai bank sendiri tidak bisa memberi Anda alasan bila aplikasi kartu kredit Anda ternyata REJECTED.
Namun yang saya tahu, memang ada beberapa hal yang "memperkuat" kemungkinan aplikasi Anda diterima oleh Bank. Beberapa alasan tersebut adalah Bukan tipikal nasabah yang bermasalah Tahukah Anda bahwa sebetulnya data kita di Bank Indonesia memiliki rapor tersendiri. Katakan kita sudah terlanjur mencicil apartemen, dan tercatat beberapa kali menunggak atau telat bayar. Di mata Bank Indonesia, nilai kita sudah minus. Rapor tersebut dikenal dengan sebutan BI Checking, dan laporan ini bisa diakses oleh semua bank dan lembaga…

Syarat KPR BTN Syariah (Seri 1)

Syarat KPR BTN Syariah mirip dengan pengajuan KPR di Bank Syariah lainnya. Prosesnya pun relatif panjang, mulai dari kelengkapan berkas, proses wawancara hingga survey lokasi rumah. Mari kita bahas satu per satu.
Tentang KPR BTN Platinum iB Produk KPR di BTN Syariah pembiayaannya ada berbagai macam. Salah satunya adalah KPR BTN Platinum iB. KPR BTN Platinum iB adalah produk pembiayaan dalam rangka pembelian rumah, ruko, rukan, rusun, atau apartemen bagi nasabah perorangan dengan akad murabahah atau jual beli. Banyak sekali bank yang tidak lagi menalangi pembiayaan, dalam artian rumahnya belum berdiri tapi bank sudah bayar dulu ke developer. Ingat bahwa Bank bukan lembaga sosial dan harus ada untung. Jangan sampai bermunculan developer yang modal dengkul saja, membangun rumah dari uang nasabah dan uang bank.


Keuntungan KPR BTN iB Seperti bank syariah lain, cicilan dari pengembalian pinjaman akan terus tetap nilainya hingga akhir jangka waktu pembiayaan. Kalau sebulan sudah dipatok 1 ju…