Skip to main content

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

Sebetulnya cara menggadaikan barang di pegadaian boleh dibilang lebih mudah daripada yang selama ini kita duga. Berikut saya ceritakan pengalaman saya menggadaikan emas (barang yang paling umum digadaikan di pegadaian) di Pegadaian Negeri Slipi Petamburan, Jakarta.

Mengapa memilih Pegadaian?

Pegadaian adalah salah satu BUMN yang pernah mau masuk ke bursa saham. Pegadaian memang memiliki aset yang banyak, sehingga dulu Dahlan Iskan berencana membuat PT Pegadaian IPO. Ada banyak sekali barang "sekolahan" yang nggak ditebus sama pemiliknya. Karena nilai pinjaman selalu lebih rendah (atau minimal sama dengan) nilai taksiran barang, otomatis pegadaian jarang merugi.

Menurut saya, setidaknya ada 2 alasan utama mengapa orang lebih senang ke Pegadaian. Pertama, bunga yang ditawarkan Pegadaian lebih rendah daripada rentenir. Pegadaian juga lebih terpercaya karena merupakan perusahaan plat merah. Kedua, prosesnya relatif cepat untuk sekadar mengejar likuiditas. Hampir apa saja bisa digadaikan, termasuk pakaian dan blender. Uang sudah di tangan tak sampai hitungan jam. Bandingkan dengan pasang iklan di OLX atau KasKus.

Syarat-syarat menggadaikan barang

Anda hanya membutuhkan fotokopi KTP atau SIM, dan membawa langsung barang yang ingin digadaikan. Selebihnya tinggal isi formulir seperti gambar berikut ini.

formulir permintaan pinjaman pegadaian

Nilai taksiran dan Nilai Pinjaman di Pegadaian

Setelah antri, kita akan diberitahu nilai taksiran dan nilai pinjaman maksimal yang diperkenankan. Nilai taksiran adalah perkiraan harga barang yang digadai, sedangkan nilai pinjaman adalah jumlah kredit maksimal yang bisa dipinjamkan oleh Pegadaian. Normalnya, nilai pinjaman selalu lebih rendah dariada nilai taksiran. Saya mau pinjam full, alias sesuai maksimal nilai pinjaman, yaitu Rp 4,2 juta. Ada biaya administrasi sebesar Rp 25ribu yang harus kita bayar, jadi dipotong saja dari nilai pinjamannya.

Berikut surat bukti kredit dari pegadaian.

surat bukti kredit pegadaian


Cara menebus barang di pegadaian

Bunga (disebut sebagai tarif sewa modal kalau di pegadaian) adalah sebesar 1.15% per 15 hari, sebulan berarti 2.3%. Dengan jangka waktu maksimal pengembalian selama 120 hari. Jangka waktu ini bisa diperpanjang, jadi kalau masih belum ada duit santai saja. Total saya mesti mengembalikan Rp 4,2 juta plus Rp 386.400 supaya barang yang digadai bisa "lulus dari sekolahan".

Saat mengembalikan pinjaman, cukup bawa KTP, surat bukti kredit, dan nota transaksi penerimaan uang, seperti gambar berikut ini.


nota transaksi penerimaan uang - pegadaian

Comments

Zulfadli Nur said…
Mas... saya mau menggadaikan barang di pegadaian negeri kota padang, mohon tips tupsnya supaya nilai taksirannya tinggi?? Thx
benson said…
mas, mau tanya. mobil bisa digadaikan? lagi butuh uang untuk tambahan modal usaha. trims
Prabowo Murti said…
Halo Bung Benson,

Mobil, seperti motor, bahkan sepeda, bisa digadaikan Bung. Dicoba saja langsung membawa barang yang akan digadaikan ke pegadaian terdekat diserta surat-surat pentingnya. Salam.
usamah said…
Mas mau tanya kalau gadain motor nanti motornya disita apa engga? Kalau cuma bpkb yg jadi jaminan bisa engga? Makasih.
Prabowo Murti said…
Halo Usamah,

Sepertinya ada produk pegadaian khusus, namanya KREASI (linknya bisa ke sini KREASI PEGADAIAN). Kreasi menggunakan sistem Fidusia, jadi kendaraan masih bisa digunakan (yang "disekolahkan" hanya BPKBnya sahaja). Tapi apakah produk ini cocok atau tidak dengan kebutuhan Anda, saya kurang tahu.

Mungkin pembaca lain ada saran?
Ridwan said…
Mas mau tanya kalu camera bisa di gadaikan?... untuk bunganya perbulan bebrapa?...
Prabowo Murti said…
Halo Ridwan,

Kemungkinan besar bisa. Mungkin tergantung tipe dan merek kali ya? Temen saya pernah gadai Canon 60D, tapi waktu itu cuma ditaksir 4 juta-an. Untuk pinjaman 500ribu hingga 20 juta setahu saya bunganya 1,15% per 15 hari, jadi 2,3% sebulan.

Oh ya, kita tidak bisa menggadaikan handphone merek Blackberry ke Pegadaian. :D
[…] membayar uang kuliahnya (Top harus masuk perguruan tinggi swasta yang biayanya mahal), Top harus menggadaikan jimat Ayahnya. Tentu saja secara diam-diam. Pada akhirnya Top tahu, ia juga kena tipu pedagang […]
catur nova said…
Mas,saya mau gadai handphone bisa ga ? handphone saya bukan blackberry tp smartfren
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Catur,

Handphone Android harusnya sih bisa, cuma saya tak tahu nilai taksirannya. Di pegadaian, kebanyakan perkakas elektronik dihargai lebih rendah dari harga bekasnya.
Icha said…
mas, kalo saya mau menggadaikan emas tapi cuma setengah gram tp surat suratnya ga ada bsa ga ? trs saya bisa ga mendapatkan pinjaman diatas dr harga emas itu ? mksh
Anonymous said…
mas saya mau gadaikan silver, bukan emas putih tapi perak biasa, asli sih. kira2 bisa digadaikan gak ya? apa harus bawa surat2nya juga? tks
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bu Icha,

Kalau cuma setengah gram kurang tahu saya, apakah itu dalam bentuk perhiasan? Surat nggak ada nggak masalah, yang penting nanti dari juru taksirnya biasanya akan memberi nilai pinjaman maksimal. Jika nilai taksiran misalnya 200ribu, nilai pinjaman maksimal biasanya di bawah 200ribu, misalnya 180ribu. Jadi kita tidak bisa mendapat pinjaman lebih besar dari harga emas.
maya kristiana said…
mas saya mau tanya..kalo untuk menggadaikan jam tangan bisa ga mas... merk Alexandre christie...
Nindya said…
Terima kasih mas atas tulisannya, saya semula ragu mau ke pegadaian... Btw, mas prabowo ini kuliah di UGM ya? Lulusnya tahun kapan?
setya said…
mas mau tanya, saya mau gadai surat tanah
dengan nominal lmayan lah..
untuk beli kendaraan buat usaha, disitus saya baca max 120hari peminjaman
pertanyaannya apakah kita bisa menambah/memperpanjang waktu pengembalian? dan berapa maksimal waktu tersebut?

terimakasih
Nessia barlin said…
Mas kalau saya tinggal di jakarta dan KTP saya masih alamat di luar kota bisa atau tidak menggadainya di pegadaian jakarta?
wiwik said…
Kalo gadai samsung galaxy gtand 2nkira3 dpt brp ? Kalo gadai surat rumah ayutannyabgimana yah ?
rizka putri maulida said…
Bisa ga gadai laptop?
Deshy said…
Mas Saya Mau Nanya Kalo jam tangan merek Elle bisa digadaikan ga mas ?
Prabowo Murti said…
Salam Ibu Nessia,

Bisa. KTP tidak harus berdomisili yang sama dengan Pegadaiannya. Nanti di formulirnya ada alamat saat ini dan alamat sesuai KTP.
Prabowo Murti said…
Maaf Bu Wiwik, saya kurang mengerti. Tapi yang jelas pasti menurut pegadaian handphone tersebut akan jauh harganya di bawah harga pasar.
Prabowo Murti said…
Bisa saja Bu. Tidak ada batasan laptop seperti apa yang bisa digadaikan di pegadaian, tetapi jangan berharap bisa mendapatkan pinjaman setara harga laptop di pasaran.
Prabowo Murti said…
Mungkin pembaca lain ada yang bisa bantu? Saya kurang paham cara juru taksir untuk menilai apakah jam tangan tertentu bisa digadaikan atau tidak.
tegas azis said…
Mas saya mau gade kursi roda bisa ngga yah. Lagi butuh banget duit
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Azis,

Jika rantang, piring, dan sarung saja termasuk barang-barang yang bisa digadaikan di pegadaian, mungkin kursi roda juga termasuk bisa digadaikan, Bung. Dicoba tanyakan langsung saja ke pegadaian terdekat. Salam.
daff said…
ass ..
mas saya mau menggadaikan barang jika tidak di tebus bagaimana ?
zee said…
pak saya mau menggadaikan jam tangan merk Aigner , kira" bisa dapat pinjaman brp ya ? dan jika masih pelajar belum ada ktp bisa pakek syarat lain ?
Arsya said…
Mas saya mau tanya, saya mau gadein bpkb motr apakah bisa? Trus motr msh bisa dipake kn mas? Klo seandainy qt mnt pinjam diatas hrga motr kira2 bisa g ya mas? Trus jngka pngmblian diperpnjang bs g? Tolg djwb y mas. Saya lg btuh.. trimakasih sblmny mas
Put said…
Pak, kalau pen tablet bisa digadaikan tidak ya? kira-kira taksirannya berapa?
dodi said…
Mas..aku mau tanya untuk barang gadaian berupa akta kelahiran atau ijazah bisa gak ya? Saya màu gadai dalam jangka sebulan aja,.kira2 taksiran dan bunganya brapa ya? Makasih mas
Dwiex Cahyanti said…
Mas saya mau gadain ipon classic saya..merek iphone apa bisa?
Dwiex Cahyanti said…
Mas saya mau gadain ipod iphone classic saya..apa bisa?tapi kwitansi sm garansi sudh hilang
dian said…
Mas,,saya mau tanya klo kita gadai emas, sebelum jatuh tempo kita bisa tebus kan..bunganya gemana cara bayar nya
Prabowo Murti said…
Hi Daff,

Sebelumnya kita akan dikirimi surat, semacam peringatan untuk segera melunasi atau menebus barang. Namun jika hingga masa waktu yang ditentukan tidak ditebus juga, barang yang digadaikan akan dilelang.
Prabowo Murti said…
Hi Zee,

Saya kurang tahu apakah jam tangan merek tertentu bisa digadaikan atau tidak. Kalau belum ada KTP bisa pinjam KTP anggota keluarga yang lain yang bisa kasih kepercayaan.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Arsya,

Setahu saya sih kalau kendaraan bermotor, cuma BPKB saja. Saya belum pernah pengalaman Pak, mungkin komentator lain ada yang bisa membantu. Untuk jangka waktu pengembalian maksimal 120 hari atau 4 bulan. Kalau tidak ada dana, bisa mengembalikan sewa modal atau mencicil dan diperpanjang jangka waktunya. Tidak mungkin mendapat pinjaman di atas harga motor Pak, itu namanya Pegadaian nombok :)
Prabowo Murti said…
Rata-rata barang elektronik bisa digadaikan, dicoba saja Ibu Put.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Dodi,
Jika saya menjadi orang pegadaian, saya rasa saya tidak akan menerima barang seperti ijazah atau akta kelahiran. Gunanya buat saya apa?
Prabowo Murti said…
Terima kasih sudah berkunjung Ibu Cahyanti,

Menurut saya agak sulit karena keluaran tahun jadul. Mungkin Ibu bisa bertanya langsung ke Pegadaian. Trims.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Ibu Dian,

Perhitungan bunga per 15 hari adalah 1,15% dari sewa. Maksimal jangka waktu 4 bulan tapi kalau 10 hari sudah ditebus berarti hanya bayar pinjaman plus bunga 1,15% saja Bu. Demikian.
didik hernawan said…
mas kalo gadaikan motor sama bpkbnya bisa gak y mas,,,,
Mas, saya pingin gadai samsung gal tab 2 saya, tapi dus dan kartu garansinya udh ga ada, kira kira bisa ga mas?
Alfialbidari said…
Mas kalo mau menggadai handphone tapi tidak lengkap charger atau earphone nya bisa gak kira2?
Eva Sari said…
Mas mau tanya saya mau mengadaikan vacuum cleaner bisa gak yah mas? Mkasih
dwii said…
Mas sya mau tnya nih klo gadai mobil"an pke remot harga nya1,5 mobil nya bsa di naiki ank"kra2 pinjman nya brpa yah
Matthew said…
Mas numpang tanya nih.. Kalau mau gadai headphone merk beats asli bisa gak ya?
jebnni said…
pak,,kalo laptop bisa gak,???...dan jumlah yg bisa di pinjam biasa nya brapa pak,,???
yuda prasesa said…
Mas saya mau nanyak,gadai bpkb motor bajaj pulsar 180 cc thn 2010
Bisa ngk y mas?saya mau tambah modal usaha
ipank said…
mas. pinjaman saya nilainya 2.250.000 bunga 1,2 berapa mas yang saya bayar klo ditebus
tamara said…
Mas, kalo saya ngegadai gitar kira² bisa tidak ya?
vina said…
Mas apa ada surat yg di kirim ke alamat rmh? Untuk penagihan atau sejenisnya. Trmksh
ENZI FEBRIANTI said…
Sore pak...

saya mau bertanya, apa BPKB motor saya bisa digadai di pegadaian dengan no. pol BK dari kota medan, karena saya dlu pernah tinggal dimedan tp skrng saya tinggal di Jawa Barat SUkabumi. apakah Motor saya bisa digadai di pegadaian Sukabumi. Terimakasih
Aulia Shoffy said…
Maaf mas saya mau tanya, kalau misal sampai waktu yang ditentukan cicilan kita untuk barang yang di gadaikan belum lunas, apa bunganya juga akan terus bertambah ?
lydia fransisca said…
Mas mau tanya saya mau gadaikan motor tp pajak ny sudah mati 5tahun.
Bs ga d.gadaikan?
Erti said…
Mas mau tanya saya mau mengadaikan sertifikat rumah bisa gak ya?
Trimakasih
Prabowo Murti said…
Bisa Pak. Langsung ke pegadaian terdekat.
Prabowo Murti said…
Bisa Pak, langsung saja ke Pegadaian. Dus dan kartu garansi saya rasa tidak berpengaruh. Yang penting tahun terbit handphone masih tergolong baru.
Prabowo Murti said…
Tidak masalah, asal handphone terbit di tahun yang tidak terlalu lama.
Prabowo Murti said…
Kurang tahu saya Bu. Mungkin pembaca lain ada saran?
Prabowo Murti said…
Nggak mungkin bisa keterima :D
Prabowo Murti said…
Dicoba aja Pak, tahun keluarannya yang penting. Tapi kalau susah dijual ke pasar, biasanya pegadaian nggak mau terima.
Prabowo Murti said…
Bisa, tergantung laptop keluaran tahun berapa, kalau terlalu lama biasanya direject. Kalaupun diapprove nggak bakal dihargai tinggi.
Prabowo Murti said…
Kalau 2010 agak lama juga sih, tapi coba saja langsung ke Pegadaian terdekat, Bung..
Prabowo Murti said…
Kalau nebusnya dalam waktu 15 hari ya tinggal dikalikan saja Bung.

1,012 * 2250000 = Rp 2.277.000. Jika nebusnya makin lama berarti makin gede tergantung seberapa lama masa pinjamnya.
Prabowo Murti said…
Gitarnya gitar listrik? Kalau gitar akustik mungkin masih bisa tapi jangan harap diberi harga tinggi.
Prabowo Murti said…
Kalau sudah lewat tanggal jatuh tempo, iya kita akan dikirimi surat, kalau tidak ada respon juga dalam selang waktu sekian hari (saya lupa berapa hari), harta kita akan dilelang.
Prabowo Murti said…
Saya kurang tahu ya Bu..
nuri said…
Mas . Apa d pegadaian bisa pake sengketa tanah .saya mau ngajuin klo bisa ..apa d pegadaian pke survey ga ..
Klo bisa pke sengketa apa saja syart nya ..
Lamri said…
Pk bisa gk gadein hp samsung androit low bisa saya lngsng soalnya bth duit
jerni said…
Pak, kalau mau gadai motor tanpa bpkb bisa atau tdk yaa??
Stnk ada.
Suryo said…
Maaf mas saya mau tanya, tp kalau kurang berkenan mohon dimaafkan..
semisal saya sudah ada barang yang digadai di pegadaian, belum lunas tp saya ingin memasukan barang untuk digadai lagi. itu apakah bisa atau harus dilunasi dulu barang sebelumnya? terima kasih.
Prabowo Murti said…
Setahu saya tidak bisa menggunakan sertifikat yang sedang bermasalah. Tapi dengan bantuan oknum mungkin bisa.
Prabowo Murti said…
Kalau handphone sudah keluaran tahun jebot udah susah Bu.
Prabowo Murti said…
Tidak masalah, kita dapat membuat nota kredit baru.
Ratna said…
malam mas, maaf sya mau tanya. kira-kira kalo kios digadaikan bisa nggak ya mas ? sya ada sewa kios masih sekitar 12 thn lagi, tp malah tidak jadi sya pakai. kalau sya gadaikan kira-kira bisa tdk ya mas ? niatnya mau sya pakai utk modal usaha yg lain. terimakasih.
Adry Wandira said…
harga tafsiran laptop biasanya berapa persen dari harga barang?
mia said…
Mas,saya mau gadai bpkb motor byson.tp bpkbnya saja,atas nama suami saya.bisa ga ??persyaratannya apa saja ?kalo suami saya ga ikut ke pegadaian bisa ga ?
ali ramadhan said…
mas saya mau gadai yamaha mio tahun rakitan 2009 bisa ga?
Juna said…
mas mau tanya ya. saya mau gadain camera. trus jangan waktu tebusnya sampe berapa minggu ya? trus kalo ga di tebus apa ada dendanya? makasih mas
indra said…
Mz...aku orang baru dlm hal gade.cuman nih mendesak,(butuh duit). Mau gade leptop acer aspire|v5 touch.mzh baru...dpt hadiah dari undian.kalo haraga baru 5.800.000 (kata google)kira kira dapetnya /jatuhnya berapa % yah,,dan klo mau di gadai,di bawa semua se isi dus(cas,buku"panduan,sarung laptop),apa cuman laptopnya saja. Pling lama brapa bulan mz,untuk gade leptop.trimaksiiih.
indra said…
Mz...aku orang baru dlm hal gade.cuman nih mendesak,(butuh duit). Mau gade leptop acer aspire|v5 touch.mzh baru...dpt hadiah dMoh ah males pan go aa lgk cd roome ari undian.kalo haraga baru 5.800.000 (kata google)kira kira dapetnya /jatuhnya berapa % yah,,dan klo mau di gadai,di bawa semua se isi dus(cas,buku"panduan,sarung laptop),apa cuman laptopnya saja. Pling lama brapa bulan mz,untuk gade leptop.trimaksiiih.
Zoen Aldiyansah said…
Mav mas sya mau tnya jika sya gadai hp samsung galaxy tab 3 bsa tdak ya mas..saya kira2 mau pinjam skitar 2jt 500rb...kira2 bsa tdak ya pak&brpa bunga nya pak...terima kasih
lia said…
Mas,sy mau tanya.kalau saya mau nebus kalung,tapi pembayaran sy pakai kartu kredit panin bisa ga mas?
mia said…
Mas maaf mau tnya klo gadai h0 samsung galaxy grand 2 bisa ga yah,trs kira2 klo untuk penyimpanan barang elektronik di pegadaian aman ga yah,mksudnya tkut ketindihan oleh brg lain ????.mksih
widodo said…
Mlm mas...saya mau nanya...kalau mau gadai surat tanah tapi masih AJB ( akte jual beli )... kira" bisa g y mas...surat ajb atas nama almrhm bapak saya..tp sudah di urus surat ahli waris dan surat kuasa atas nama ibu saya...terima kasih
jeneti said…
Mas klo mau gadai kamera canon 16.0 mega pixels bisa?
nissa said…
mas saya mau bertanya, apakah pelajar bisa menggadaikan emas ke pegadaian? trims
ovie vieovie said…
Maaf mas saya mau tanya....kalo saya mau gadaikan nano spray dan magic stik original bs terima gk mas di pegadaian ?mohon info nya..terima kasih...
Prabowo Murti said…
Harusnya sih tidak bisa ya Bu.. Kecuali kios tersebut memang milik Ibu. Sudah coba oper kontrak?
Prabowo Murti said…
Saya tidak tahu Bung, tapi alat elektronik akan dihargai lebih rendah (secara persentase) dibanding barang lain yang lebih likuid (gampang dijual) seperti emas.
Prabowo Murti said…
Karena sudah lewat 5 tahun seharusnya tidak bisa. Tapi dicoba saja ditanyakan ke pegadaian terdekat Bung. Terima kasih.
Prabowo Murti said…
Jangka waktu bervariasi tapi biasanya kelipatan 15 hari, maksimal mungkin 3 bulan. Nanti jika memang belum ada dana, jangka waktu bisa diperpanjang selama kita membayar cicilan bunganya. Itu yang saya ketahui, mungkin kurang lengkap dan bisa ditambahkan oleh komentator yang lain. Terima kasih.
Prabowo Murti said…
Untuk laptop saya rasa agak sulit mendapat pinjaman yang menyamai harga belinya di pasar. Kelengkapan laptop hingga ke buku panduan dan sarungnya tidak banyak berpengaruh terhadap jumlah uang yang bisa dipinjamkan pegadaian. Jangka waktu 3 bulan dan bisa diperpanjang.
Prabowo Murti said…
Salam kenal Bung Zoen,

Kalau gadget dirilis sudah sejak 2013 (untuk samsung galaxy tab 3), saya kurang tahu Bung, kemungkinan agak sulit. Perhitungan bunga sudah dijelaskan di artikel di atas. Terima kasih.
Prabowo Murti said…
Apa bedanya dengan Ibu menarik tunai dari kartu kredit Panin? Kalau nggak perlu duit, kalungnya direlakan saja Bu, daripada kena jerat kartu kredit. Itu menurut saya ya...
Prabowo Murti said…
Karena rilisnya di tahun 2014, kemungkinan masih bisa. Jika barang rusak, pihak pegadaian akan menggantinya.
Prabowo Murti said…
Setahu saya bisa, selama sertifikat asli masih Bung pegang. Dicoba saja Bung, tapi hati-hati banyak oknum.
Prabowo Murti said…
Tidak semua kamera bisa digadaikan. Tapi dicoba saja Bu, semoga berhasil.
Prabowo Murti said…
Selama ada kartu identitas seperti KTP atau SIM, bisa. Kenapa tidak diwakilkan ke anggota keluarga yang lebih tua?
Prabowo Murti said…
Barang apaan tuh Bung?
dian said…
Mas,kalau gadai ipad mini bisa nggak? Taksiran harganya berapa yah pak kalau di daerah jawa tengah? Kemudian,bisa nggak menggadai lebih dari satu barang dalam satu hari,tapi satu nama atau satu ktp? Terima kasih
nur.muhammad.abduh said…
Mas.saya mau.nanya kalau saya gadai bpkb motor plat F di daerah jakarta selatan bisa tidak....terima kasih
hidalgo yoga said…
mas, saya mau tanya,, saya mau gadaikan pc komputer amd bulldozer+monitor+soundspeaker,,kira2 taksiran harga cpunya per part(dinilai spesifikasinya) atau komplit aja ya? sama syaratnya kalo cuma fotocopy ktp bisa gak ya?,,trimakasih sebelumnya..
hidalgo yoga said…
saya udah googling, apa benar komputer pc gak bisa di gadaikan?
kik8 said…
kalau pinjam 200 ribu dalam waktu 2 hari di bayar bisa gadai apa yah
arum said…
Mas,kl mau gadai samsung tab7" bs g ya..
Prabowo Murti said…
Tablet rata-rata bisa tapi dihargai murah. Persisnya berapa saya kurang tahu. Bisa menggadaikan barang di pegadaian lebih dari 1 macam di hari yang sama, dengan nama yang sama, tapi saya nggak tahu surat gadainya dijadikan satu apa dipisah.
Prabowo Murti said…
Plat F itu daerah mana ya? Saya kurang tahu
Prabowo Murti said…
Komplit atau sepotong-sepotong dihargai tidak jauh berbeda. Saran saya dijual saja semuany (kalau memang butuh uang), jangan digadai. KTP harus asli, karena nanti dicek sama petugasnya. Tapi yang diberikan hanya fotokopi.
Prabowo Murti said…
Minimal jangka waktu sepertinya per 15 hari. Kenapa mesti ke pegadaian kalau hanya butuh Rp 200 ribu? Tidak ada keluarga?
Prabowo Murti said…
Bisa tapi dihargai murah.
krisna said…
selamat siang saya mau nanya ni.. saya mau gadia barang di jkarta tp saya ga punya ktp jakarta.apa bisa pak
krisna said…
selamat siang saya mau nanya ni.. saya mau gadia barang di jkarta tp saya ga punya ktp jakarta.apa bisa pak
Prabowo Murti said…
Bisa Bung, KTP atau kartu identitas tidak mesti berada di domisili yang sama dengan Pegadaian. KTP saya juga dari Kalimantan, namun bisa dipakai di Pegadaian Slipi Petamburan, Jakarta. Alamat tinggal saat ini juga sebaiknya dicantumkan seperti form di atas, untuk pengiriman surat.
oktav said…
saya mau nanya ni Mas..
kalau sya mau gadaikan sepeda motor akan tetapi sepeda motornya msh dalam keadaan kredit, masih bisa sya gadaikan gk Mas..?

tolong d bantu..

terimakasih.
Prabowo Murti said…
BPKB atas nama siapa? Sesuai KTP atau tidak?
oktav said…
BPKB dan STNK atas nama saya sendiri akan tetapi BPKBnya msh d showroom krn
motornya masih kredit Mas..

kira-kira saya bisa tidak mengajukan pinjaman di pegadaian Mas..?


terimakasih..
Prabowo Murti said…
BPKBnya tidak bisa diambil dari showroom kan? Berarti tidak bisa Bung..
Dhuw Dhwie said…
Mas saya gadai emas 2.050000
Trs klo mw perpanjang masa pinjamnya kn harus bayar brp ya??
Dhuw Dhwie said…
Mas saya mau tanya
Saya kan gadain emas 2.050.000
Terus klo mw perpanjang masa sewanya saya harus bayar brp ya?
angga said…
Mas, saya mau tanya, kalau saya mau gadai motor saja bisa gak? Tanoa bpkb .
Karna bpkb saya masih disekolahin,
Tapi saya masih ada fotocopi bpkbnya,,
alika said…
Mas mau tanya klo gadaikan cincin emas berat 3gr kira2 bisa gak yahhh?
reza said…
pagii...pak saya mau gadai hp samsung chat..kira kira dapat pinjaman berapa?
Ridha said…
Kalo saya mau Gadaikan Xperia Z2, gmn?
Saya butuh uang sekitar 3 juta buat biaya kuliah mas.
Prabowo Murti said…
Kurang tahu saya Bung. Handphone keluaran tahun berapa ya?
Prabowo Murti said…
Agak sulit kalau tahun pembuatan / rilis handphone sudah lawas Bung. Tapi dicoba saja. Semoga berhasil.
Prabowo Murti said…
Bisa saja Bu, untuk nilai taksiran persisnya bisa ditanyakan ke pegadaian terdekat.
rocker said…
saya kan sudah menggadai emas di pegadaian harga taksiranya 4.5 tapi saya pinjemnya cuma 2 jta,ni saya lgi butuh uang kalo misal mau nambah pinjaman lagi 2 jta bisa gak?
rocker said…
dari pinjaman maksimal 4.5 di awal saya cma pinjam 2 jta..kalo mau nambah pinjaman lagi bisa gak
Aulia cantika said…
Slmt mlm. Mas sy mau tanya, kira" bisa ga sy mau gadai iphone 5s sy?
ovie vieovie said…
Perawatan wajah berbasis oksigen mas,dan skrg ini lg booming.. saya beli nano spray & magic stiknya 2.4000.000 ...ini trmsuk barang elektronik ..kira2 bs gk untuk digadaikan ?. mohon info nya mas... mksh..
Arvi said…
pak kalo laptop bisa di gadaikan gak ?
anggi said…
Kalau gadai motor plus bpkb nya saratnya apa aja gan
ninda said…
Mas kalau mau gadai laptop itu barangnya terjamin ga apa nanti di pakai-pakai? Terus kalau rusak ada ganti rugi tidak dari pihak penggadaian nya.. terimaksih mas...
wiwin said…
Pak saya mau minjam d pegadaian tpii saya tdak memiliki ktp atau pun sim,,, tp saya mau mngadaikn buku hitam motor,, tpi motorny masih dipakai yg d gadein cma buku hitam apa bsa pak.
blass pak tolong saya butuh bngt
risman said…
Bg Mau nanya nih izajah SMA bisa Di gade nggak y?
nandang said…
siank mas...
sy mau tanya...bisa gak...kartu jamsosek di gadai kan????



maksih
zainal muttaqien said…
Mas mau tanya, saya mau gadai hp sony xperia m keluaran july 2013, tapi saya beli februari 2014, kisaran harga barunya skrg 1,8jt secondnya 1,4jt, kira2 kalo di gadai maksimal berapa yaahh??,
Mohon balasannya mas,
Terimakasih
murzanie said…
mas, kenapa mesin genset portaible 1000 watt, kok tdk bs diterima di pegadaian. kenapa ya?
rizki said…
mas mau tanya
saya mau gadai barang elektronik di pegadaian karawang
tp kulkas dan mesin cuci
apa bs
Ferry said…
Pak, saya mau gadaikan laptop merk acer, kira2 bisa gak ya pak.. Terima kasih
arifin said…
Assallmualaikum,Saya mw gadai laptop hp mini karna saya mw bayar uang kuliah yaitu 5,5jt bsa gak ea pak.....?
arifin said…
Assalammualaikum.saya arifin di batam mw bertanya bisa tidak pinjam uang 5,5jt di pegadaian untuk bayar kuliah barang yang di gadaikan laptop hp mini.....?
putri said…
mas, mau nanya..
kira2 iphone 5s yg 16 gb bisa d gadai gaa?
patrick said…
Mas klo mw gadain motor bsa ga tp ga ad bpkb nya...
lani said…
Mas dipegadaian itu gak bisa nyicil yah ??
rizky agung said…
Mas saya mau tanya jika saya ingin menggadaikan jam tangan merk Luarent Dior ( katanya jam nya berlapis emas ) kira" bisa tidak ya. terima kasih
Hidayat said…
numpang tanya mas....kalau gadai surat tanah yg blum sertifikat bisa tidak ya ?
suratnya sppt/skt gitu mas....trimakasih.
zahra aqillah said…
Malam mas.. sya mau tanya. Misal nya barang yg kita gadai tidak kita tebus2 sampai jatuh tempo. Itu bagai mana mas?
Apa barang kita langsung di lelang/ ada pemberitahuan terlebih dahulu..
terima kasih . .. salam.
Sgha said…
Mas maaf mau tanya,apa barang yg d gadaikan d jamin aman,apakah pihak pegadaian barangnya berhak pake barang tsb? Ato mungkin ada kerusakan ada asuransinya? Tolong minta penjelasan.
ayy said…
bisa kok.
Prabowo Murti said…
Bisa Pak, dicoba saja.
Prabowo Murti said…
Menurut saya tidak bisa.
Prabowo Murti said…
Bisa, dengan kondisi tertentu (spesifikasi laptop, tahun pembuatan, dll).
Prabowo Murti said…
Membawa barang secara fisik dan surat-surat resmi (sesuai dengan KTP pengaju kredit)
Prabowo Murti said…
Setahu saya tidak mungkin sampai terjadi seperti yang Ibu Ninda khawatirkan, kecuali ada oknum-oknum tertentu. Semua barang yang digadaikan akan diasuransikan, misalnya karena pencurian, atau kejadian luar biasa seperti kebakaran atau bencana alam.
Prabowo Murti said…
Bagaimana caranya menggadaikan motor tanpa surat resmi? Bung bisa dicurigai mendapatkan motor dari cara yang tidak benar.
Prabowo Murti said…
Tidak ada valuasi yang pantas untuk sebuah ijazah SMA. Menurut saya tidak akan diterima.
Prabowo Murti said…
Nilai taksiran pasti jauh di bawah 1,4 juta, apalagi sudah lewat 2 tahun.
Prabowo Murti said…
Tidak bisa diterima di Pegadaian karena menurut juru taksir, barang tersebut tidak memiliki valuasi untuk bisa dijadikan barang gadai. Dengan kata lain, jika nasabah pegadaian tidak dapat melunasi hutangnya, maka barang tersebut tidak bisa dijual ke market.
Prabowo Murti said…
Saya kurang tahu Bung kalau mesin cuci dan kulkas apa bisa digadaikan atau tidak. Tetapi tidak semua barang elektronik bisa digadaikan.
Prabowo Murti said…
Bisa tidaknya laptop digadaikan tergantung banyak hal seperti spesifikasi laptop, tahun pembuatan, dll.
Prabowo Murti said…
Wa'alaikumsalaam. Mungkin bisa digadaikan tetapi tidak mungkin juru taksir akan menaksir laptop hp mini senilai Rp 5,5 juta.
Prabowo Murti said…
BPKB-nya ke mana? Ini motor curian?
Prabowo Murti said…
Saya tidak paham yang Ibu maksud dengan cicilan. Tapi jika memang tidak perlu meminjam banyak, jangan ambil full.
Prabowo Murti said…
Saya tidak tahu Bung. Katanya siapa jam tersebut berlapis emas?
Prabowo Murti said…
Setahu saya tidak bisa, kecuali ada oknum-oknum tertentu yang bisa memalsukan dokumen.
Prabowo Murti said…
Ibu Zahra akan dikirimi surat resmi dari Pegadaian sesuai alamat surat / KTP. Jika dalam tempo (kalau tidak salah) 3 hari tidak ada respon, barang akan dilelang.
Prabowo Murti said…
Ada asuransinya. Pegadaian biasanya juga melakukan seleksi ketat terhadap barang apa saja yang bisa digadaikan, karena terkait gudang atau ruang penyimpanan barang. Biasanya, barang-barang yang mudah berkarat/rusak biasanya tidak bisa digadaikan.
Amaliah Lia said…
mas mw tanya ap jamsostek bisa saya gadaikan??
Viivii said…
Om mau tanya . Kalo perak bisa di gadai . Taksiran nilanya gimana ? Terimakasih ^^
Dedek said…
Ada jwabnnya yg kmren gk pk?
Prabowo Murti said…
Apa yang Bu Lia maksud kartu jamsostek? Saya tidak yakin Pegadaian mau terima hal semacam itu.
Prabowo Murti said…
Bisa langsung ke Pegadaian Bu.
Dedek suri said…
Ooo gitu y pak! Sebenar barang yg inggin saya gadai itu bisa diterima tidak? Apakah pegadaian tiap cabang nya berbeda ketentuan asumsi nya?
Prabowo Murti said…
Menurut saya tidak ada yang salah dengan menggadaikan tablet, apalagi ipad air yang notabene tahun pembuatannya masih relatif baru Bung. Mungkin Bung kurang beruntung, dengan berhadapan pada pegawai Pegadaian yang kurang paham. Jika ditest di pegadaian lain kasusnya masih sama, berarti memang tidak bisa.
Dedek suri said…
Jawaban tentang saya gadai ipad air dibanda aceh pah
Dedek suri said…
Ok, trimksih jwbnya sipp
Yana Fitri said…
Mas apakah semua barang elektronik yg d gadaikan harus lengkap di sertai kotak dus nya ya mas? Trmksh.
Dini said…
Semua kantor pegadaian bisa menerima gadai laptop kah pak?
Fuji said…
Kalau gadai anting sekitar 2 gram, apa bisa pinjam 4,5 jt?
ade said…
Pak mw tnya, klo gadaikn spd motr, wajb dg bpkb nya atw tdk? Klo bpkb nya sdg utk jaminan ditmpat lain gmna pak? Mkash
evi said…
mas kalo gadai notebook samsung tahun 2011 saya belinya , bisa ga ya kira kira terus jatoh ga ya harganya
ica said…
Hai mau nanya. Kalo saya mau gadein hp samsung galaxy Y, udah butut bgt sih, kira2 100rb aja ada gak ya? Aku butuh 100rb doang-_- mau gak kira2 pegadaian ngasih 100rb aja? misalnya dia nawarin 200rb ditaksirnya, tapi saya mau ambil 100rb aja, bisa kah?
dhinda said…
Mau nanya,,saya mau gadaikan bbkb motor buatan thn 2013, pajak mati 1 tahun,, tapi bbkb nya atas nama tangan pertama,,kira2 bisa g pak,,,
joni said…
Maaf apakah barang seperti xbox atau ps3 bisa di gadai ?
Prabowo Murti said…
Halo Ibu Yana, menurut saya tidak perlu. Tapi kalau Ibu menjual iMac, atau Macbook Pro/Air, kardusnya bernilai Rp 300ribu di KasKus. :D
Prabowo Murti said…
Tidak semua laptop bisa digadaikan.
Prabowo Murti said…
Tidak bisa. Kecuali anting-anting Ibu mengandung Uranium, atau dulunya milik Marilyn Monroe.
Prabowo Murti said…
Bisa search produk Pegadaian yang namanya KREASI. Sepertinya sudah ada yang bertanya sebelumnya. Terima kasih.
Prabowo Murti said…
Pasti jauh sekali harganya dengan harga beli di tahun 2011. Saran saya barangnya dijual saja.
1 – 200 of 1073 Newer Newest

Tulisan Terpopuler

Pengalaman Membuat Kartu Kredit

Kalau ada pertanyaan, apa sih yang membuat aplikasi kartu kredit kita diterima atau ditolak oleh bank? Jawaban sebenarnya adalah, tidak ada yang tahu pasti. Katanya harus bekerja minimal setahun, katanya lagi minimal penghasilan harus sekian juta sebulan, katanya lagi mesti ada saldo terendap sekian rupiah di tabungan. Semua serba katanya dan katanya. Bahkan pegawai bank sendiri tidak bisa memberi Anda alasan bila aplikasi kartu kredit Anda ternyata REJECTED.
Namun yang saya tahu, memang ada beberapa hal yang "memperkuat" kemungkinan aplikasi Anda diterima oleh Bank. Beberapa alasan tersebut adalah Bukan tipikal nasabah yang bermasalah Tahukah Anda bahwa sebetulnya data kita di Bank Indonesia memiliki rapor tersendiri. Katakan kita sudah terlanjur mencicil apartemen, dan tercatat beberapa kali menunggak atau telat bayar. Di mata Bank Indonesia, nilai kita sudah minus. Rapor tersebut dikenal dengan sebutan BI Checking, dan laporan ini bisa diakses oleh semua bank dan lembaga…

Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Beli Asuransi

Asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi investasi, dan berbagai macam model asuransi lainnya, semakin berkembang sejak tahun 1998 di negeri ini. Mengapa? Karena sejak peristiwa kerusuhan Mei, orang mulai sedikit cemas. Bagaimana mengamankan aset yang sudah diraih, atau memastikan apa yang akan dicapai dalam waktu sekian tahun mendatang? Pendidikan anak saya siapa yang jamin? Kalau mobil saya kenapa-kenapa, duit siapa buat bayar bengkel? Kalau saya satu-satunya tulang punggung keluarga dan mati kena serangan jantung/stroke, siapa yang ngasih makan istri dan anak?



Semua pertanyaan-pertanyaan yang solusinya tidak pasti, seolah-olah bisa dijawab dengan asuransi. Bukannya saya nggak seneng sama asuransi, tapi kalau pertanyaannya adalah "Apakah kita membutuhkan asuransi?" mungkin jawaban sebenarnya adalah "belum tentu". Contoh saja, kalau umur Anda 25 tahun, masih segar bugar, tidak punya tanggungan siapa-siapa (hidup sendiri alias masih single), agak mengherankan ap…

Syarat KPR BTN Syariah (Seri 1)

Syarat KPR BTN Syariah mirip dengan pengajuan KPR di Bank Syariah lainnya. Prosesnya pun relatif panjang, mulai dari kelengkapan berkas, proses wawancara hingga survey lokasi rumah. Mari kita bahas satu per satu.
Tentang KPR BTN Platinum iB Produk KPR di BTN Syariah pembiayaannya ada berbagai macam. Salah satunya adalah KPR BTN Platinum iB. KPR BTN Platinum iB adalah produk pembiayaan dalam rangka pembelian rumah, ruko, rukan, rusun, atau apartemen bagi nasabah perorangan dengan akad murabahah atau jual beli. Banyak sekali bank yang tidak lagi menalangi pembiayaan, dalam artian rumahnya belum berdiri tapi bank sudah bayar dulu ke developer. Ingat bahwa Bank bukan lembaga sosial dan harus ada untung. Jangan sampai bermunculan developer yang modal dengkul saja, membangun rumah dari uang nasabah dan uang bank.


Keuntungan KPR BTN iB Seperti bank syariah lain, cicilan dari pengembalian pinjaman akan terus tetap nilainya hingga akhir jangka waktu pembiayaan. Kalau sebulan sudah dipatok 1 ju…

Menaikkan Limit Kartu Kredit

Untuk menaikkan limit kartu kredit Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut meliputi syarat pengajuan kenaikan limit kartu kredit, dan trik hingga pengajuan kenaikan limit kartu kredit disetujui. Karena saya hanya pernah mengajukan kenaikan limit kartu kredit di 4 bank, yakni BNI, Mandiri, CIMB Niaga, dan UOB, maka saya tidak yakin apakah cara berikut ini juga berpengaruh diterapkan di bank lainnya. Apalagi bank-bank ternama yang bisa dengan mudah jual mahal, contohnya BCA. Jadi, artikel ini lebih ke pengalaman pribadi sahaja.


Menaikkan Limit kartu kredit Mandiri Kartu kredit Mandiri adalah kartu kredit pertama saya yang limitnya paling kecil. Kartu kredit ini saya khususkan untuk pembayaran online via Paypal, jadi total transaksi per bulan tidak terlalu besar, berkisar Rp 100 ribu - Rp 1 juta saja per bulan. Untuk mengajukan kenaikan credit card limit Mandiri, Anda tinggal mengisi formulir secara online di mandirikartukredit.com/pengkiniandata, atau email lang…