Cara Automatic Order Saham

Di aplikasi trading sebelah milik etrading securities, hal ini telah lama dimungkinkan. Tak mau kalah, kita akan bahas cara automatic order di DT NextG pada kesempatan kali ini. Fitur automatic order saham di Bahana Securities memang telah lama dinantikan.

Apa itu Automatic Order?

Fitur automatic order baik untuk trading ataupun analisis fundamental sama-sama berperan penting untuk taking profit ataupun cut loss (jual rugi, demi mengurangi kerugian yang lebih besar lagi jika harga saham pilihan di portfolio terus menurun). Secara singkat, automatic order adalah melakukan order secara otomatis ketika harga saham telah mencapai titik tertentu yang kita inginkan.

Langsung saja login ke DT NextG dan cari menu Automatic Order dari Menu -> Order -> Automatic Order (nomor 4014)

menu automatic order saham
Menu Automatic Order Saham
Setelah memilih menu automatic order, selanjutnya kita akan inquiry detail portfolio dengan memasukkan PIN.

detail menu automatic order saham di DT NextG
Detail Menu Automatic Order saham di DT NextG

Cara Automatic Order Saham di Portfolio

Klik dua kali pada salah satu saham yang akan dijual secara otomatis, sehingga tampilannya terlihat seperti berikut.

automatic order saham WIKA dengan DT NextG

Andaikan kita yakin WIKA akan terus naik hingga ke level 2900. Dari gambar di atas, saat ini last price adalah 2215, masih jauh dari yang kita harapkan. Pada bagian Setting Price, set ke harga = Rp 2900. Untuk Setting Type, pilih Last Price. Pada Order Price, kita set ke harga Rp 2900, namun bisa saja kita set di harga 2950 atau lebih tinggi. Untuk pilihan Lot atau "Over all available volume to sell" kita bisa set mau jual parsial atau semuanya. Jika ingin menjual parsial, pilih tab "Stop Loss".

Field "Valid Until" membatasi automatic order, maksimal hingga 1 (satu) bulan ke depan. Field "RG" berarti kita menjual saham di pasar reguler. Pilih automatic, bukan semiautomatic, agar order tetap berjalan walau komputer dimatikan. Setelah semuanya beres, kita tinggal klik tombol SAVE Setting. Lalu menunggu.

Perlu diingat bahwa saat ini DT NextG hanya mendukung fitur automatic order untuk SELL saja, bukan BUY, seperti fitur automatic order di eTrading.

Membatalkan Automatic Order

Selamat sebuah automatic order tidak tereksekusi, maka sistem Bahana akan terus melakukan order secara otomatis pada sistem JATS Bursa Efek Indonesia, setiap hari selama bursa efek buka. Jika memang ingin membatalkan automatic order, kita tinggal menuju tab Order List, dan klik "Clear" atau "Off".

Demikian cara automatic order saham dengan Bahana DT NextG. Semoga bermanfaat.

My name is Prabowo Murti. I work as a web programmer. Drop an email to prabowo.murti gmail com, and I will reply soon.

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih