Skip to main content

Memanen Arwana Super Red di Kapuas Hulu

Ikan arwana super red menjadi komoditi bisnis di daerah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Indonesia. Ada beberapa hal yang membuat bisnis ikan arwana, terutama arwana jenis super red, masih menjadi primadona. Harga indukan seekor arwana super red bisa mencapai 15 juta rupiah, tergantung dari usia dan kualitas keturunan indukan. Harga anakan pun bervariasi, tapi nilainya juga cukup menggiurkan.

Arwana Super Red
Image from Wikipedia

Kesulitan Pengembangbiakan Ikan Arwana Super Red

Ikan arwana super red masih sulit untuk dikembangbiakkan di kolam-kolam buatan dikarenakan habitat aslinya memang di pedalaman sungai Kapuas. Kualitas air ini juga menentukan seberapa bagus kilauan atau warna dari ikan arwana super red. Normalnya indukan arwana baru bisa memiliki keturunan saat usianya sekitar 3,5-4 tahun. Makanannya bisa ikan-ikan kecil atau katak. Indukan arwana super red bisa saja mati, dan tidak ada hal lain yang bisa dilakukan pemilik selain mengikhlaskan.

Berikut adalah video kegiatan panen ikan arwana super red milik salah satu teman saya, Harmoko, dari kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.






Harmoko memiliki 9 ekor indukan yang ditempatkan dalam 1 kolam besar yang sama. Saat ini rata-rata usia indukan arwana super red milik Harmoko adalah 3 tahun 6 bulan. Ada 34 ekor anakan yang dihasilkan, namun sudah mati 5 ekor. Perlu diketahui, ikan arwana super red termasuk satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia, sehingga jika arwana ingin dijual ke luar Kalimantan, maka perlu surat-surat resmi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan setempat. Ini yang membuat harganya bisa melonjak tinggi, karena memperoleh izin seperti itu tidaklah mudah.





Menjual Ikan Arwana Super Red

Cara paling mudah untuk menjual anakan arwana super red adalah langsung ada pembeli yang datang ke kolam, seringnya bahkan saat indukan masih belum beranak. Di level ini, harga anakan bisa mencapai 2 hingga 2,5 juta rupiah per ekor. Jika ada para pembaca yang berminat untuk berinvestasi di bisnis ikan arwana super red, bisa melalui kolom komentar di akhir postingan ini.

Bisnis ini bukannya tanpa resiko, tapi tentu returnnya yang menggiurkan bisa membuat adrenalin Anda terpacu.

Comments

  1. Ada yang bisa menjual anakan super red?

    ReplyDelete
  2. Saya menjual anakan super red ukuran 7-10cm umur 1-3 bulan, stock insy Allah selalu tersedia bisa kontak saya langsung thanx

    ReplyDelete
  3. Sayang sekali Bung Ilham tidak memberikan nomor handphone atau kontak yang bisa dihubungi. Apakah Bung berkenan bila alamat email Bung Ilham saya publikasikan di sini untuk pengunjung lainnya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. maAf neh sbLumx,sy pengen punya dan peliHara arwana super reD yg bgz,misalKan sy mau pezan apakah anda ada ?trimakasiH.

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Bung Very,

    Untuk saat ini kami hanya melayani pembelian langsung ke kolam, dan tidak (setidaknya belum) bisa menjual ke luar daerah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Misi pak,dari dlu smenjak sma saya kpengen terjun ke dunia bisnis ap ada solusi buat saya ya..sekarang sya msih menjali perkuliyahan D3 di poliyteknik

    ReplyDelete
  7. Salam kenal Sami'un,

    Mungkin yang paling mudah jualan pulsa? Atau sesuaikan dengan hobby dan skill, misalnya jasa design logo perusahaan? http://muhajirin.net/peluang-usaha/jasa-pembuatan-logo/

    ReplyDelete
  8. Salam kenal pak..
    Maaf ini pak numpang coret"
    Saya dari jakarta, mau tanya untuk pembelian bibit arwananya per 5 mulut bisa? Prosedurnya seperti apa dan harganya brp.. tolong di emailkan ke email saya ya pak.. terima kasih

    ReplyDelete
  9. Maaf Bung Nugroho, kami tidak melayani transaksi / pengiriman. Biasanya pembeli langsung datang ke kolam, karena terkendala masalah perizinan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. sy ad arwana super red ... minat hub. 085220214008

    ReplyDelete
  11. Lokasi penangkaranx dmana..?

    ReplyDelete
  12. Itu sudah ada tulisannya Bung, "Kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat"

    ReplyDelete
  13. Ad no telp, saya minat beli anakan super red

    ReplyDelete
  14. Andre Ghonnyu GroupSeptember 16, 2017 3:55 am

    Sy jual arwana full red dan silver.. bisa langsung ketoko ikan saya di pontianak. Kalimantan barat. 081345337786

    ReplyDelete
  15. Andre Ghonnyu GroupSeptember 16, 2017 3:57 am

    Saya juga menjual ikan hias.. seperti koi. Komet. Manfish. Nila. Lemon. Nine teen. Sumatra dll

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulisan Terpopuler

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

Sebetulnya cara menggadaikan barang di pegadaian boleh dibilang lebih mudah daripada yang selama ini kita duga. Berikut saya ceritakan pengalaman saya menggadaikan emas (barang yang paling umum digadaikan di pegadaian) di Pegadaian Negeri Slipi Petamburan, Jakarta.
Mengapa memilih Pegadaian? Pegadaian adalah salah satu BUMN yang pernah mau masuk ke bursa saham. Pegadaian memang memiliki aset yang banyak, sehingga dulu Dahlan Iskan berencana membuat PT Pegadaian IPO. Ada banyak sekali barang "sekolahan" yang nggak ditebus sama pemiliknya. Karena nilai pinjaman selalu lebih rendah (atau minimal sama dengan) nilai taksiran barang, otomatis pegadaian jarang merugi.

Menurut saya, setidaknya ada 2 alasan utama mengapa orang lebih senang ke Pegadaian. Pertama, bunga yang ditawarkan Pegadaian lebih rendah daripada rentenir. Pegadaian juga lebih terpercaya karena merupakan perusahaan plat merah. Kedua, prosesnya relatif cepat untuk sekadar mengejar likuiditas. Hampir apa saja bisa di…

Apa Itu Opportunity Cost?

Secara sederhana, opportunity cost atau biaya peluang adalah biaya yang timbul karena memilih sebuah kegiatan bisnis tertentu dibanding kegiatan bisnis yang lain. Katakanlah Anda memiliki modal bisnis tambahan sebesar Rp 100juta. Dengan uang Rp 100juta tersebut, Anda memilih untuk menambah jumlah mesin, daripada menyewa ruko baru untuk ekspansi regional.

Kegiatan bisnis A : menambah jumlah mesin, menghabiskan dana yang sama dengan kegiatan bisnis B (menyewa ruko baru). Padahal, bila dihitung dan dilakukan riset sedikit, Anda bisa mengetahui bahwa menambah jumlah mesin baru tidak menghasilkan keuntungan yang sebanding bila Anda memilih untuk menyewa ruko baru untuk penetrasi pasar. Keputusan Anda untuk memilih kegiatan bisnis A, berakibat adanya opportunity cost (biaya peluang) Anda tidak bisa menghasilkan keuntungan sebesar ketika Anda memilih kegiatan bisnis B.
Opportunity cost bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat Anda menunggu bis. Ada yang menghabiskan waktu de…

Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Beli Asuransi

Asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi investasi, dan berbagai macam model asuransi lainnya, semakin berkembang sejak tahun 1998 di negeri ini. Mengapa? Karena sejak peristiwa kerusuhan Mei, orang mulai sedikit cemas. Bagaimana mengamankan aset yang sudah diraih, atau memastikan apa yang akan dicapai dalam waktu sekian tahun mendatang? Pendidikan anak saya siapa yang jamin? Kalau mobil saya kenapa-kenapa, duit siapa buat bayar bengkel? Kalau saya satu-satunya tulang punggung keluarga dan mati kena serangan jantung/stroke, siapa yang ngasih makan istri dan anak?



Semua pertanyaan-pertanyaan yang solusinya tidak pasti, seolah-olah bisa dijawab dengan asuransi. Bukannya saya nggak seneng sama asuransi, tapi kalau pertanyaannya adalah "Apakah kita membutuhkan asuransi?" mungkin jawaban sebenarnya adalah "belum tentu". Contoh saja, kalau umur Anda 25 tahun, masih segar bugar, tidak punya tanggungan siapa-siapa (hidup sendiri alias masih single), agak mengherankan ap…

Syarat KPR BTN Syariah (Seri 1)

Syarat KPR BTN Syariah mirip dengan pengajuan KPR di Bank Syariah lainnya. Prosesnya pun relatif panjang, mulai dari kelengkapan berkas, proses wawancara hingga survey lokasi rumah. Mari kita bahas satu per satu.
Tentang KPR BTN Platinum iB Produk KPR di BTN Syariah pembiayaannya ada berbagai macam. Salah satunya adalah KPR BTN Platinum iB. KPR BTN Platinum iB adalah produk pembiayaan dalam rangka pembelian rumah, ruko, rukan, rusun, atau apartemen bagi nasabah perorangan dengan akad murabahah atau jual beli. Banyak sekali bank yang tidak lagi menalangi pembiayaan, dalam artian rumahnya belum berdiri tapi bank sudah bayar dulu ke developer. Ingat bahwa Bank bukan lembaga sosial dan harus ada untung. Jangan sampai bermunculan developer yang modal dengkul saja, membangun rumah dari uang nasabah dan uang bank.


Keuntungan KPR BTN iB Seperti bank syariah lain, cicilan dari pengembalian pinjaman akan terus tetap nilainya hingga akhir jangka waktu pembiayaan. Kalau sebulan sudah dipatok 1 ju…