Melirik Bisnis Nike Fuel Band di Indonesia

Mungkin pembaca sudah banyak yang mengetahui tentang Nike Fuel Band, bracelet multifungsi dari Nike yang dirilis di awal tahun 2012 silam. Produk ini segera mendapat perhatian pecinta olahraga dan aktivitas ekstrim karena beragam fungsi yang mantap. Pada dasarnya "gelang" ini hanyalah jam, accelerometers (3 buah), dan sebuah inovasi keren. Dengan algoritma tertentu, Nike Fuel Band dapat mendeteksi gerakan pemakainya (melompat, berlari, berenang (yup, waterproof), dsb). Harganya saat ini di Nike Store adalah USD 149.

Distributor Resmi Nike di Indonesia

Untuk Indonesia, distributor resmi untuk ritel Nike salah satunya dipegang oleh PT Berca Sportindo yang berada di bawah naungan grup BRG (PT Central Cipta Murdaya). Sayangnya, perusahaan ini tidak menjual produk Nike Fuel Band di Indonesia. Untuk di Singapore, produk ini dijual 4 bulan sejak Nike Fuel Band diluncurkan pertama kali di US. Sebenarnya selain PT Berca Sportindo, ada lagi distributor resmi Nike untuk Indonesia, yaitu PT Mitra Adi Perkasa (MAP), namun perusahaan ini kalah jauh (untuk produk Nike) dari segi keragaman produk dan kuantitas sales.

Tentang Grup Murdaya

Grup Murdaya ini memang memiliki imperium yang dahsyat, namun apa daya kita tidak bisa menikmati Nike Fuel Band di Indonesia. Solusi sementara adalah membeli dari US atau Singapore (yang lebih dekat). Hartati Murdaya, pemilik dari PT Berca Sportindo (penulis rancu tentang nama perusahaannya, nama lain yang sering muncul adalah PT Berca Indosports) memang piawai dalam berbisnis. Ia mendirikan Berca sejak 1988, dan langsung menggandeng Nike. Bisnisnya melebar mulai dari alat listrik, sampai kelapa sawit.

Namun naas, bisnis kelapa sawit membuat ia harus berurusan dengan meja hijau. Ia menjadi terdakwa dalam dugaan suap Bupati Buol di Sulawesi Tengah, senilai Rp 3 milyar untuk izin usaha perkebunan (padahal kita tahu di negeri ini susah sekali mengurus izin bila tak ada pelicin). Semoga saja kasusnya segera selesai, dan PT Berca Sportindo kembali menjadi garda terdepan dalam mendatangkan produk-produk Nike yang berkualitas dan cepat diserap pasar.

My name is Prabowo Murti. I work as a web programmer. Drop an email to prabowo.murti gmail com, and I will reply soon.

6 comments

saya tidak pakai nike, terlalu eksklusif :D

Sebenarnya PT Berca Sportindo juga memiliki sebuah brand sepatu lokal, yang namanya "League"

fuel band tidak ada di Singapore,saya sudah cari dalam perjalanan saya ke Singapore bulan januari 2013 lalu,hanya ada di US / nike.com

Oh, saya baru tahu. Terima kasih informasinya Pak

Selamat malam,
Mohon informasi untuk pembilian gelang nike fuel brand
terima kasih

Salam Bung Iskandar,

Bung tidak bisa membeli nike fuel band di Indonesia, karena memang Nike Indonesia tidak menjual produk tersebut. Alternatifnya, Bung Iskandar bisa search Nike Fuel Band di Kaskus, yang jualan banyak, mereka beli dari luar negeri terus dibawa ke Indonesia. Namun harganya jadi cukup mahal sih.. :D

Silakan berkomentar, insya Allah akan kami jawab. Terima kasih